statistik
statistik

Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Statistik Terlengkap.

Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli – Statistik iyalah sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu , baik angka yang masih acak(belum tersusun) maupun angka yang sudah tersusun dalam suatu daftar ataupun grafik.
kata Statistik berasal dari bahasa latin , yaitu “status” yang berarti negara atau hal-hal yang berhubungan dengan ketatatnegaraan.

statistik
statistik

Statistik iyalah sekumpulan cara serta aturan tentang pengumpulan , penganalisaan , pengolahan serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka.

Statistik juga iyalah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat-sifat data ataupun hasil dari pengamatan.

Berikut Pengertian Statistik dari Para Ahli.

  1. Croxton dan Cowden.
    Statistik iyalah metode untuk mengumpulkan, mengelola serta menyajikan, dan menginterpretasikan data yang berwujud angka-angka.
  2. Anderson Dan Bancroft.
    Iyalah ilmu dan seni perkembangan serta metode paling efektif untuk pengumpulkan, pentabulasian serta  dan penginterpretasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan memungkin kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probailitas(peluang).
  3. Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.,
    Adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasan yang dilakukan.
  4. Steel dan Torrie.
    adalah metode yang memberikan cara cara untuk menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.
  5. J.Supranto.
    memberikan 2 arti statistik iyalah :
    Dalam arti sempit, Statistik adalah data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
    Dalam arti luas, Statistik adalah ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh
  6. Drs. Djawanto.
    Statistik iyalah kumpulan angka-angka yang berhubungan dengan atau melukiskan suatu persoalan.

Peran Statistik.

www.GuruPendidikan.Com/ Peranan antar lain terlihat dalam kehidupan sehari-hari, dalam penelitian ilmiah , sera dalam ilmu pengetahuan.

  1. Dalam Kehidupan sehari-hari.
    Statistik memiliki peranan sebagai penyedian bahan-bahan ataupun keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah serta ditafsirkan.
  2. Dalam Penelitian Ilmiah.
    Statistik memiliki peranan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang Seolah-olah tersembunyi dalam angka-angka.
  3. Dalam Ilmu Pengetahuan.
    Statistik memiliki peranan sebagai peralatan analisis dan interprasi diri data kuntitatif ilu pengetahuna. sehingga dapat disimpulkan data-data tersebut.

Cabang-Cabang Statistik.

  1. Ekonometrika.
    iyalah gabungan antara ilmu ekonomi dengan statistika.
  2. Sosiemetri.
    iyalah gabungan antara ilmu sosiologi dengan statistika.
  3. Psikometri.
    iyalah gabungan antara ilmu psikologi dengan statistika.

Fungsi-Fungsi dalam Statistika.

  1. Bank data, iyalah menyediakan data untuk diolah serta diinterpretasikan agar dapat dipakai untuk menerangkan keadaan yang perlu diketahui atau di ungkap.
  2. Alat Quality Control , iyalah sebagai alat pembantu standarisasi serta sekaligus  sebagai alat pengawasan.
  3. Alat analisa , iyalah sebagai suatu metode penganalisaan data.
  4. Pemecahan masalah serta pembuatan keputusan , yaitu sebagi dasar penetapan kebijakan serta langka lebih lanjut untuk mempertahankan , mengembangkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂