Pengertian Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap

Aris Kurniawan

Pengertian Sistem Pernapasan

Pengertian Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap– Dalam sistem pernapasan adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada hewan berkaki empat, sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yang digunakan untuk membawa udara ke paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk dan juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup. Bahkan pohon juga memiliki sistem pernapasan.

Saluran Pernapasan Atas

Saluran pernapasan atas mengacu pada bagian dari saluran pernapasan:

  1. Hidung
  2. Tenggorokan: faring dan laring

Ada tenggorokan di tenggorokan, di tenggorokan bahwa ada katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup saluran pernapasan.Batang tenggorokan kemudian dibagi menjadi dua, yang disebut bronkus, bronkiolus saluran udara berfungsi sebagai paru-paru.

Di paru-paru, bronkus berkembang menjadi lebih, atau juga disebut bronchioles. Bronkiolus berakhir alveolar paru atau gelembung. Alveolar atau gelembung di bursa paru-paru oksigen dan karbon dioksida terjadi. Alveolar sangat mudah robek karena terdiri dari pembuluh darah.

  • Hidung

Dalam anatomi, hidung adalah penonjolan pada vertebrata yang mengandung lubang hidung, yang menyaring udara untuk bernapas. Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.

  • Faring

Faring adalah tenggorokan atau kerongkongan, yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan sistem pernapasan. Istilah ini terutama digunakan dalam ilmu kedokteran. Faring adalah tabung fibromuskular yang berisi hanya di depan tulang leher terhubung ke rongga hidung, rongga telinga tengah, dan laring.

Gurupendidikan.com

Sistem Pernafasan Manusia

Sistem Pernafasan Manusia

Secara umum, faring dibagi menjadi tiga bagian: faring hidung berhubungan dengan rongga hidung, rongga mulut, faring berhubungan dengan paru-paru dan laring faring dan laring terkait dengan posting epiglotis kerongkongan.

Fungsi utama dari saluran pencernaan dari faring adalah alat yang membawa makanan dari mulut ke kerongkongan. Hubungan dengan faring hidung dan laring membuat faring menjadi sangat penting dalam produksi suara, serta memungkinkan orang untuk bernapas menggunakan mulut mereka dan jika perlu secara medis masuk makanan melalui hidung.

  • Laring

Laring, atau kotak suara (voicebox), adalah organ mamalia di leher yang melindungi trakea dan terlibat dalam produksi suara. Laring adalah saluran udara yang membawa udara ke dalam trakea ke laring fungsi utamanya adalah untuk melindungi saluran pernapasan bagian bawah dengan menutup dengan cepat pada stimulasi mekanik, sehingga mencegah masuknya benda asing ke dalam jalan napas. Laring mengandung pita suara (vocal cord).

Infeksi saluran napas

Infeksi saluran pernapasan akut di Indonesia, juga dikenal sebagai ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) atau URI (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada sistem pernapasan bagian atas.

Infeksi saluran pernapasan atas adalah salah satu infeksi yang paling umum terjadi pada dunia. Hidung adalah di mana ia memulai proses pernapasan. Ada yang halus pada rambut hidung dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk hidung sehingga udara bersih dan tidak kotor.

Tanda dan gejala

Yang termasuk gejala dari ISPA adalah nyeri kaku tubuh (myalgia), beringus (rhinorrhea), batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan.

Penyebab ISPA adalah virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan adalah virus. Diagnosis yang termasuk dalam keadaan ini adalah, rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan radang tenggorokan.

Terapi

Pengobatan yang diberikan untuk penyakit ini biasanya antibiotik meskipun sebagian besar ISPA disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memberikan terapi obat, antibiotik dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini dibandingkan hanya pemberian obat-obatan simptomatik, selain pengobatan antibiotik untuk mencegah re- infeksi bakteri, administrasi, pengobatan antibiotik penyakit harus dipertimbangkan untuk menghindari resistensi kuman / baterial kemudian.

Namun, penyakit pernapasan, diikuti oleh gejala dahak dan lendir yang telah menjadi hijau, pemberian antibiotik diperlukan karena gejala yang ada membuktikan bahwa bakteri yang terlibat.

Pernapasan dada

Dada pernapasan melibatkan otot-otot pernapasan antartulang rusuk. Mekanisme ini dapat dibedakan sebagai berikut.

  1. Fase inspirasi. Fase ini dimulai dengan berkontraksinya otot antartulang mengangkat tulang rusuk sehingga rongga dada atau diperbesar, sebagai akibat dari tekanan di rongga dada menjadi lebih kecil dari tekanan luar sehingga udara kaya oksigen di luar pintu masuk.
  2. Fase ekspirasi. Fase ini adalah fase relaksasi atau menarik otot antara tulang rusuk ke belakang diikuti dengan penurunan rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Akibatnya, tekanan di rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan luar, sehingga udara di rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.

Pernapasan perut

Pernapasan perut melibatkan otot-otot pernapasan diafragma. Mekanisme ini dapat dibedakan sebagai berikut.

Fase inspirasi. Fase ini dalam bentuk berelaksasinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, sebagai akibat dari tekanan di rongga dada menjadi lebih kecil dari tekanan luar sehingga udara kaya oksigen di luar pintu masuk.

Fase ekspirasi. Fase ini adalah fase kontraksi otot atau diaframa kembali ke posisi semula, diikuti oleh penurunan rusuk sehingga rongga dada menjadi kecil. Akibatnya, tekanan di rongga dada menjadi lebih besar dari tekanan luar, sehingga udara di rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar.

Dikutip dari: https://id.wikipedia.org

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Sistem Pernapasan Pada Manusia Lengkap
Shares