Pengertian Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Lengkap

Aris Kurniawan

Pengertian Sistem Peredaran Darah

Pengertian Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Lengkap– Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga membantu menstabilkan suhu tubuh dan pH (bagian dari homeostasis).

Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah sistem peredaran darah terbuka dan tertutup. sistem peredaran darah, yang juga merupakan bagian dari kinerja jaringan jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

  1. Pertama, darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi).
  2. Yang kedua, yang diangkut dari pencernaan nutrisi seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam setiap jaringan untuk mengkonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan atau organ ekskresi (ginjal dan usus besar) lain-lain. Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian dari sistem pembekuan tubuh.

Sistem peredaran darah manusia

Sistem peredaran darah manusia

Peredaran darah terdiri dari:

  1. Peredaran darah terbuka
  2. Peredaran darah tertutup

Alat Peredaran Darah

Jantung

Pada saat jantung berdetak setiap kamar santai dan mengisi darah (disebut diastol). Selanjutnya, jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua melonggarkan teras dan kontrak secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.

Darah kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah buruk) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena didorong (vena kava) ke atrium kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke ventrikel kanan melalui katup trikuspid.

Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmonalis ke arteri pulmonalis menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbon dioksida dan kemudian dimasukkan kembali ke jantung.

Aliran darah yang kaya oksigen di pembuluh darah paru ke atrium kiri. Sirkulasi darah antara sisi kanan jantung, paru-paru, dan atrium kiri disebut sirkulasi paru karena aliran darah ke paru-paru.

Darah di atrium kiri akan didorong menuju ventrikel kiri melalui bikuspid / mitral, yang pada gilirannya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah yang kaya oksigen beredar ke seluruh tubuh kecuali paru-paru. dan lain-lain.

Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem peredaran darah yang mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ada tiga jenis pembuluh darah, arteri yang membawa darah dari jantung, pembuluh kapiler yang berfungsi sebagai pertukaran aktual air dan bahan kimia antara darah dan jaringan dan vena, yang membawa darah dari kapiler kembali ke jantung. Pembuluh darah aorta.

Fungsi plasma darah

Sistem limfatik

Sistem limfatik adalah suatu sirkulasi sistem berfungsi limpa sekunder atau getah bening di dalam tubuh. Getah bening (bukan limpa) berasal dari plasma darah dari sistem kardiovaskular ke jaringan sekitarnya. Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfatik melalui proses difusi ke dalam kelenjar getah bening dan kembali ke sistem peredaran darah. Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/

Fungsi sistem limfa yaitu:

  1. Mengembalikan cairan & protein dari jaringan ke sirkulasi darah
  2. Mengangkut limfosit
  3. Membawa lemak emulsi dari usus
  4. Menyaring dan menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran
  5. Menghasilkan zat antibodi

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Lengkap
Shares