Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Sistem Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli – Sistem ekonomi iyalah sekumpulan  komponen ekonomi yang saling berinterakasi dalam masyarakat. Komponen-komponen tersebut iyalah lembaga serta segala aktivitas ekonominya yang berada pada masyarakat. Sistem ekonomi mencakup seluruh proses serta kegiatan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup ataupun mencapai kemakmuran.

Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi

Definisi Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli:

  • Dumairy.
    Sistem ekonomi iyalah suatu sistem yang dapat mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, yang selanjutnya dikatakannya juga bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi Sistem ekonomi berkaitan dengan falsafah, padangan serta pola hidup masyarakat tempatnya berpijak. Sistem ekonomi pada dasarnya iyalah
    salah satu unsur saja didalam suatu supra sistem kehidupan masyarakat. Sistem ekonomi iyalah bagian dari kesatuan ideologi kehidupan masyarakat di dalam suatu negara.
  • L. James Havery
    Menurutnya sistem ekonomi iyalah prosedur logis serta rasional untuk dapat merancang suatu rangkaian komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya , dengan maksud untuk berguna sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
  • John Mc Manama
    Menurutnya sistem iyalah sebuah struktur yang konseptual yang telah tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan (relasi) yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk dapat mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif serta efesien.
  • C.W. Churchman.
    Menurutnya sistem iyalah seperangkat bagian-bagian yang dapat dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
  • J.C. Hinggins
    Menurutnya sistem iyalah seperangkat komponen-komponen yang saling berhubungan.
  • Edgar F Huse dan James L. Bowdict
    Menurutnya sistem iyalah suatu seri atau rangkaian pada bagian-bagian yang saling berhubungan serta bergantung sedemikian rupa sehingga dapat interaksi serta saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.

Tujuan Sistem Ekonomi

Tujuan sistem ekonomi pada suatu negara umumnya meliputi empat tugas pokok, yaitu:

  1.  Menentukan apa?, berapa banyak ?dan bagaimana? suatu produk-produk serta jasa-jasa yang dibutuhkan akan dihasilkan.
  2. Mengalokasikan produk nasional bruto (PNB) untuk di konsumsi rumah tangga, konsumsi masyarakat, penggantian stok modal, investasi.
  3. Mendistribusikan pendapatan nasional (PN), diantara anggota masyarakat iyalah sebagai upah atau gaji, keuntungan perusahaan, bunga serta sewa.
  4. Memelihara dan meningkatkann hubungan ekonomi dengan luar negeri.

Sistem ekonomi dapat berfungsi iyalah sebagai Sarana pendorong untuk melakukan produksi atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu untuk dapat menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang serta jasa terlaksana dengan baik

Macam- macam Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional iyalah sistem ekonomi yang diterapkan oleh masyarakat pada zaman dahulu. Dalam www.gurupendidikan.com/ sistem ekonomi ini terdapat , nilai-nilai sosial, kebudayaan, serta kebiasaan masyarakat setempat sangat berpengaruh kuat. Dalam bidang produksi, biasanya mereka hanya memproduksi untuk diri sendiri saja.

Terdapat beberapa ciri-ciri sistem ekonomi tradisional sebagai berikut:

  • aturan yang dipakai iyalah aturan tradisi, adat istiadat, serta kebiasaan.
  • kehidupan masyarakatnya iyalah sangat sederhana.
  • kehidupan gotong-royong serta kekeluargaan sangat dominan
  • teknologi produksi yang digunakan masih sangat sederhana sekali.

2. Sistem Ekonomi Sosialis atau Komando
Sistem ekonomi komando juga disebut sebagai sistem ekonomi sosialis atau terpusat. Sistem ekonomi komando ini iyalah sistem ekonomi yang menghendaki pengaturan perekonomian dilakukan oleh pemerintah secara terpusat.
Tokoh yang mempopulerkan sistem ekonomi komando iyalah Karl Marx. Ia adalah seorang ahli filsafat berkebangsaan Jerman.

Dapat disimpulkan ciri-ciri sistem perekonomian komando adalah sebagai berikut:

  • semua permasalahan ekonomi dipecahkan oleh pemerintah pusat;
  • kegiatan ekonomi yang meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi diatur oleh negara;
  • semua alat produksi dikuasai oleh negara sehingga kepemilikan oleh individu atau pihak swasta tidak diakui.

3. Sistem Ekonomi Pasar
Sistem ekonomi pasar  juga disebut sistem ekonomi liberal. Sistem ekonomi pasar iyalah sistem ekonomi yang menghendaki pengolahan serta pemanfaatan sumber daya di dalam perekonomian yang dilakukan oleh individu serta terbebas dari oleh  campur tangan pemerintah.
Tokoh yang memopulerkan sistem ekonomi pasar iyalah Adam Smith.

Terdapat beberapa ciri-ciri sistem perekonomian pasar, di antaranya iyalah sebagai berikut:

  • setiap individu-individu memiliki kebebasan untuk memiliki faktor-faktor produksi;
  • perekonomian yang diatur oleh mekanisme pasar;
  • peranan dalam modal perekonomian sangat menentukan bagi setiap individu untuk menguasai sumber-sumber ekonomi sehingga akan dapat menciptakan efisiensi.
  •  peranan pemerintah dalam perekonomian sangatlah kecil.
  •  hak milik atas alat-alat produksi serta distribusi iyalah hak milik perseorangan yang dilindungi sepenuhnya oleh negara.

4. Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran iyalah sistem ekonomi yang lahir sebagai alternatif dari sistem ekonomi komando serta sistem ekonomi pasar. Sistem ekonomi campuran ini dapat mengambil kelebihan dari sistem ekonomi komando serta sistem ekonomi pasar. Dalam sistem ekonomi campuran, persoalan organisasi ekonomi sebagian dipecahkan melalui mekanisme pasar serta sebagian lagi dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat.
Terdapat beberapa ciri-ciri sistem ekonomi campuran, di antaranya iyalah sebagai berikut.

  • hak milik individu atas faktor-faktor produksi yang diakui, tetapi ada batasan dari pemerintah.
  • kebebasan bagi individu untuk berusaha , akan tetap ada sehingga setiap individu memiliki hak untuk mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
  • kepentingan umum yang lebih diutamakan.
  • campur tangan pemerintah dalam perekonomian hanya menyangkut faktor-faktor yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂