Pengertian Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, Deposito On Call Beserta Perbedaannya

Aris Kurniawan

Sertifikat Deposito

Pengertian Sertifikat Deposito, Deposito, Deposito On Call Beserta Perbedaannya– Sertifikat deposito merupakan suatu produk dari bank yang hampir sama dengan deposito, tetapi ada perbedaan dalam prinsipnya. Sertifikat deposito ialah suatu instrumen utang yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan dan bank kepada investor.

Untuk pertukaran dalam peminjaman uang institusi dalam masa waktu yang telah ditentukan, investor mendapat hasil yaitu suku bunga yang tinggi.

pengertian-deposito-secara-lengkap

Deposito Berjangka

Deposito sendiri sering juga diartikan sebagai deposito berjangka, yakni produk dari bank sejenis jasa tabungan yang dapat ditawarkan kepada kusumen atau masyarakat. Dana tersebut (Deposito) dijamin oleh pemerintah lewat Lembaga Peminjaman Simpanan (LPS) dengan ketentuan dan persyaratan yang telah ditentukan.

Deposito umumnya mempunyai jangka waktu tertentu dimana uang yang ada didalamnya tidak diperbolehkan untuk ditarik nasabah. Deposito baru dapat dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, umumnya deposito memiliki jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo, maka akan terkena pinalti.

Deposito ada 3 jenis, yakni deposito Berjangka, Deposito On-Call dan Deposito On-Call

Deposito juga bisa diperpanjang secara otomatis memakai sistem ARO (autometic Roll Over). Deposito akan diperpanjang secara otomatis sesudah jatuh tempo, sampai nasabah (pemilik) mencairkan depositonya.

Bunga deposito umumnya lebih tinggi dari pada bunga babungan umumnya. Bunga bisa diambil sesudah tangga jatuh tempo atau dimasukan lagi ke pokok deposito sebgai diposito lagi pada periode berkutnya

Deposito On Call

Deposito On Call merupakan deposito yang penarikan dananya harus di sertai dengan pemberitahuan beberapa hari sebelumnya kepada bank dan juga bunganya dibayarkan dibelakang.

Dan diterbitkan atas nama dan umumnya dengan jumlah yang besar, misalnya 50 juga (tergantung dengan bank yang bersangkutan). Perincian bunga dilakukan pada saat pencairan deposito on call serta sebelum deposito on call dicairkan dahulu.

Perbedaan Sertifikat Deposito dengan Deposito

Bunga sertifikat deposito dapat diperhirungkan dimuka. Sertifikat deposito diterbitkan atas unjuk, sedangkan deposito diterbitkan atas nama Jadi pemenang sertifikat deposito siapapun dia, bisa mencairkan dana dalam sertifikar deposito tersebut.

  • Sertifikat deposito bisa diperjualbelikan serta dipindah tangankan.
  • Sertifikat deposito tidak bisa diperpanjang secara otomatis.

Keuntungan

  • Diperhitungan bunga dimuka, sehingga bunga yang anda dapat bisa diinvestasikan lagi ke tempat lain.
  • Tingkat suku bungan yang cukup menarik, umumna lebih tinggi dibandingkan dengan deposito biasa.
  • Biasa dipakai untuk jaminan kredit serta bisa diperjual belikan dengan bebas
  • Mendapat jaminan Dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai dengan ketentuan yang ada (berlaku).

Kerugian

  • Jika dana dicairkan sebelum jatuh tempo, maka akan terkena pinalti dengan jumlah tertentu
  • Jika sertifikat deposito hilang, maka penemunya dapat mencairkan dana tersebut dengan mudah

Baca Juga>>

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, Deposito On Call Beserta Perbedaannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com

Most popular articles related to Pengertian Sertifikat Deposito, Deposito Berjangka, Deposito On Call Beserta Perbedaannya
Shares