Pengertian Serangga Beserta Jenis, Contoh Dan Gambarnya

Aris Kurniawan

Pengertian Serangga

Pengertian Serangga Beserta Jenis, Contoh Dan Gambarnya– Serangga adalah hewan yang beruas dengan mempunyai tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Fosil-fosilnya bisa dirunut sampai pada masa Ordovicius. Fosil capung raksasa primitif dan kecoa telah ditemukan. Sejumlah anggota Diptera seperti lalat serta nyamuk yang terperangkap pada getah juga ditemukan.

Metamorfosis pada Serangga

Hewan tersebut adalah beberapa contoh klasik metamorfosis. Pada setiap serangga mengalami proses perubahan bentuk dari telur sampai ke bentuk dewasa yang siap melakukan reproduksi. Peergantian tahapan bentuk tubuh ini sangat dinamis. Pada tahapan juga terjadi proses “pergantian kulit” yang dapat disebut dengan proses pelungsungan. Tahapan tersebut ialah instar. Ordo-ordo pada serangga sering dicirikan sebagai tipe metamorfosis.

jenis-serangga-betina

Metamorfosis pada serangga ada dua macam, yakni metamorfosis tidak sempurna dan sempurna. Perbedaan yang sangat mencolok metamorfosis tidak sempurna ialah tidak ada tahapan pembentukan kepompong, dan sedangkan pada metamorfosis sempurna yakni adanya tahapan pembentukan kepompong.

Morfologi Serangga

Secara morfologi, pada tubuh serangga dewasa bisa dibedakan menajdi tiga bagian yang utama, sementara itu bentuk pradewasa bisanya menyerupai moyangnya, hewan lunak beruas hampir sama dengan cacing. Ketiga bagian tubuh serangga dewaasa ialah kepala (caput), dada (thorax), serta perut (abdomen).

Peran serangga

Banyak pada serangga yang bisa dimanfaatkan untuk manusia, yakni sebagai organisme pembusuk serta pengurai termasuk juga pengurai limbah, sebagai objek estetika serta wisata sebagai contoh kupu-kupu, kumbang yang mempunyai warna-warni, bermanfaat pada proses penyerbukan ataupun hama tanaman, pakan hewan (burung) yang mempunyai nilai tinggi, penghasil madu (genus Apis) dsb. Disamping dari perannya secara langsung, serangga juga mempunyai peran yang tidak langsung yaitu menjaga keseimbangan ekologi di alam, sebab serangga termasuk juga sebagai salah satu dari rantai makanan, dimana dari beberapa jenis burung menjadi serangga sebagai makanan utama.

Tetapi bila jumlahnya tidak terkendali yang disebabkan keseimbangan alam yang tergantung akibat berkurangnya pemangsa serangga, maka jumlahnya tidak dapat terkendali, sebab salah satu sifatnya yang bisa berkembang biak denga sangat cepat, sehingga hal tersebut akan merugikan, baik untuk pertanian, ataupun kepada manusia secara langsung.

Beberapa daerah sudah menjadikan beberapa jenis belalang sebagai makanan, contohnya belalang kayu, jenis kumbang dan larva juga di konsumsi sebagai makanan yang enak. Secara kandungan gizi belalang kaya akan kandungan protein hewani bahkan di negara lain seperti Hongkong, Thailand dan beberapa negara di Eropa dan beberapa hotel berbintang sudah menyajukan menu dari belalang.

Makanan serangga

Makanan pada serangga tergantung pada jenis atau tipe mulutnya, ada beberapa jenis tipe mulut pada serangga yang ini juga akan menentukan jenis makanannya yakni, menggigit mengunyah, menusuk menghisap, mencium. Dalam dunia serangga ada beberapa jenis makanan yang sering ditemukan, yakni jenis karnivora dan ada juga herbivora.

Baca Juga>>

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Serangga Beserta Jenis, Contoh Dan Gambarnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Serangga Beserta Jenis, Contoh Dan Gambarnya
Shares