Pengertian Semantik
Pengertian Semantik

Pengertian Semantik Dan Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Semantik

Pengertian semantik dan contohnya lengkap– Semantik adalah cabang linguistik yang mempelajari makna / arti yang terkandung dalam bahasa, kode, atau jenis lain dari representasi. Dengan kata lain, semantik adalah studi tentang makna. Semantik biasanya berhubungan dengan dua aspek lain: sintaks, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, dan pragmatis, penggunaan praktis simbol oleh rakyat dalam konteks tertentu.

Linguistik Semantik adalah studi tentang makna yang digunakan untuk memahami ekspresi manusia melalui bahasa. Bentuk lain dari semantik termasuk semantik bahasa pemrograman, logika formal, dan semiotika.

Kata semantik sendiri menunjukkan berbagai ide – yang populer sangat teknis. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menunjukkan pemahaman tentang isu-isu yang datang dengan pilihan kata atau konotasi. Pemahaman tentang masalah telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, dalam jangka panjang, khususnya di bidang semantik formal.

Dalam linguistik, itu adalah studi tentang interpretasi tanda-tanda atau simbol-simbol yang digunakan dalam lembaga atau masyarakat dalam keadaan dan konteks tertentu. Dalam pandangan ini, suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan proxemics memiliki semantik konten (makna), dan masing-masing terdiri dari beberapa cabang studi. Dalam bahasa tertulis, hal-hal seperti struktur paragraf dan tanda baca menanggung konten semantik, bentuk lain dari bahasa menanggung konten semantik lainnya.

Studi formal semantik tumpang tindih dengan banyak daerah lain penyelidikan, termasuk leksikologi, sintaks, pragmatik, etimologi dan lain-lain, meskipun semantik didefinisikan dengan baik bidang dalam dirinya sendiri, sering dengan alam sintetis. Dalam filsafat bahasa, semantik dan referensi yang terkait erat. Bidang terkait termasuk filologi, komunikasi, dan semiotika. Studi formal semantik karena menjadi kompleks.

Semantis yang berbeda dari sintaks, studi tentang unit bahasa kombinatorika (tanpa mengacu pada makna), dan pragmatik, studi tentang hubungan antara simbol bahasa, makna, dan bahasa.

Dalam kosakata ilmiah internasional, semantik juga disebut semasiologi.

loading...
Pengertian Semantik
Pengertian Semantik

Dalam Linguistik

Dalam linguistik, semantik adalah sub-bidang dikhususkan untuk mempelajari makna, seperti yang melekat di tingkat kata, frasa, kalimat, dan unit yang lebih besar dari wacana (teks disebut). Daerah basis penelitian adalah makna dari tanda-tanda, dan studi tentang hubungan antara unit linguistik yang berbeda dan senyawa: homonimi, sinonim, antonim, hypernymy, hyponymy, meronymy, metonimia, holonymy, paronyms.

Perhatian utama adalah bagaimana makna yang melekat pada potongan-potongan yang lebih besar dari teks, mungkin sebagai akibat dari komposisi unit yang lebih kecil dari makna. Secara tradisional, semantik sudah termasuk studi tentang makna dan referensi denotatif, kondisi kebenaran, struktur argumen, peran tematik, analisis wacana, dan hubungan semua ini untuk sintaks.

Problem pada Penamaan dan Pelabelan dalam Semantik Linguistik.

Menurut Robert Palmer (2010), penamaan dan interpretasi dari sebuah objek lebih mudah dilakukan di kelas kata benda (noun), tapi akan sulit di kelas kata sifat (adjective) dan bekerja (kata kerja), kata benda tidak nyata, abstrak kata benda, dan kata benda memiliki arti yang berhubungan dengan satu sama lain.

1. Kesulitan pada kata Kerja dan Ajektiva.

Contoh:
Kata Ajektiva:  cantik, terkenal, baik, jahat.
Kata Verba: Berlari, bekerja, melihat, dsb.

Kata-kata ini dianggap sulit untuk menemukan karakteristik secara rinci. Misalnya kata menjalankan, yang pertama harus membayangkan apa artinya untuk menjalankan? Jadi apa atribut yang terlibat dalam menjalankan? Apakah itu menggerakkan kaki atau tangan saja?

2. Kata benda yang tidak eksis di dunia nyata, kata benda imajiner.

Contoh:  kuda tanduk, tuyul, peri dan lainnya.

Kata benda adalah contoh bahwa kata tidak selalu memiliki hubungan dengan makna dari segala sesuatu yang kita alami di dunia nyata. Dalam hal ini, reciters pertama harus memisahkan dua jenis dunia yang terkandung dalam pikiran, antara dunia nyata dan dunia imajiner untuk mendapatkan makna yang diinginkan.

3. Kata-kata yang tidak termasuk kata benda imajiner maupun fisik.

Contoh: Cinta, benci, indah, dan lainnya.

Semua ini adalah kata benda, meskipun abstrak. Dan biasanya nomina berdampingan dengan kata benda lainnya.

Ilmu komputer

Dalam ilmu komputer, semantik mengacu pada makna bahasa, sebagai lawan bentuk mereka (sintaks). Menurut Euzenat, semantik “menyediakan aturan untuk menafsirkan sintaks yang tidak memberi makna langsung tetapi membatasi kemungkinan penafsiran apa yang diungkapkan.” Dengan kata lain, semantik adalah tentang interpretasi dari sebuah ekspresi. Selain itu, istilah ini diterapkan untuk beberapa jenis struktur data yang dirancang khusus dan digunakan untuk mewakili isi informasi.

Bahasa Pemrograman

Semantik bahasa pemrograman dan bahasa lainnya merupakan masalah penting dan bidang studi dalam ilmu komputer. Seperti sintaks bahasa, semantik dapat didefinisikan dengan tepat.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Semantik Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀