Pengertian Rotasi Dan Revolusi Bumi Berserta Akibatnya

Aris Kurniawan

Pengertian Rotasi Bumi

Pengertian Rotasi Dan Revolusi Bumi Berserta Akibatnya– Rotasi merupakan suatu peraturan benda pada sumbu yang tetap, sebagai contohnya perputaran bumi dan perputaran gasing pada sumbu atau porosnya. Bagi bumi, rotasi ini terjadi pada sumbu/poros/garis utara-selatan (gerak tegak dan sedikit moring ke kanan). Jadi garis utara-selatan pada bumi tidak berimpit dengan sumbu rotasi bumi.

Sama seperti yang kita lihat pada “globe bola dunia” yang digunakan pada perjalanan ilmu bumi atau juga ilmu geografi. Kecepatan putaran ini diukur oleh banyaknya putaran/banyaknya waktu. Sebagai contoh saja, bumi berputar 1 putaran per 24 jam. Untuk sebuah rotasi mesin yang memiliki putaran lebih cepat dari rotasi bumi, kita memakai rotasi per menit (rpm).

Rotasi Per Menit

Rotasi per menit atau revolusi per menit (rpm) adalah suatu unit untuk frekuensi. Pada umumnya, rpm pakai untuk mengukur kecepatan rotasi (perputaran). Contoh: mesin mobil berputar antara 600 sampai 6.000 rpm, plat piringan hitam berputar pada 78 rpm, Cakram CD Audio berputar dengan kecepatan antara 180 – 500 rpm, dll.

Hasil dari gerak rotasi ini, maka benda tersebut akan mengalami sebuah gaya yaitu gaya sentrifugal. Hal ini akan terlihat pada saat kita menaiki sebuah mobil yang melewati sebuah tikungan yang melingkar. Pada saat mobil bergerak melingkar dengan kecepatan yang agak tinggi, maka penumpang pada mobil akan merasa seperti terlempar ke samping dari dalam mobil itu ke luar dari sisi lingkaran senagai akibat gaya senitrifugal.

Rotasi Dan Revolusi Bumi

Rotasi Dan Revolusi Bumi

Gaya Sentrifugal

Gaya sentrifugal merupakan gaya yang berlawanan dengan gaya sentripetal yang merupakan efek semu yang diakibatkan saat sebuh benda lekakukan sebuah gerakan yang melingkar, sentrifugal berarti gaya yang menjahui pusat dari putaran.

  • Latar belakang munculnya gagasan mengenai gaya sentrifugal

Pada saat sebuah partikel atau benda bergerak melingkar, pada partikel atau benda tersebut bekerja gaya, sentrifugal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Banyak orang tergoda untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjauhi pusat lingkaran, dimana peran gaya ini adalah mengimbangi sebuah gaya sentrifugal.

Pengertian Revolusi Bumi

Bumi selain berputar pada porosnya, juga berputar mengelilingi matahari yang juga disebut revolusi bumi. Jika bumi berputar mengelilingi matahari diperlukan waktu untik melakukan satu kali revolusi yang disebut kala revolusi. Pengertian dari kala revolusi bumi 365 ¼ hari atau disebut dengan 1 tahun masehi. Daerah yang dilewati bumi ketika melakukan revolusi disebut bidang ekliptika. Sama dengan rotasi bumi, revolusi bumi juga tidak dapat kita rasakan namun hanya dapat dirasakan akibatnya.

Akibat Revolusi Bumi

  • Terjadinya gerak semu tahunan matahari

Posisi matahari tidak selalu telihat pada daerah khatulistiwa, namun kadangkal berada pada daerah utara khatulistiwa dan daerah selatan khatulistiwa.

  • Terjadinya perbedaan lamanya waktu siang dan malam

Saat berevolusi sumbu bumi miring 23.5⁰ atau sudut inklinasi. Terkadang bagian utara bumi lebih condong atau miring yang seolah-olah matahari pada posisi utara khatulistiwa bumi.

  • Terjadinya pergantian musim

Revolusi bumi menyebabkan terjadinya pergantian musim, selain dari akibat gerak semu tahunan matahari dan perbedaan dari lamanya saing dan malam.

  • Terlihatnya rasi bintang yang berbeda-beda

Bumi yang terus berevolusi mengakibatkan seorang pengamat bumi melihat bintang dari arah yang berbeda. Sebab rasi bintang merupakan sekumpulan bintang-bintang yang memberntuk pola-pola dilangit.

 Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Rotasi Dan Revolusi Bumi Berserta Akibatnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Rotasi Dan Revolusi Bumi Berserta Akibatnya
Shares