Pengertian ringkasan
Pengertian ringkasan

Pengertian Ringkasan dan Kesimpulan Secara Lengkap Berikut Contohnya

Posted on

Pengertian ringkasan dan kesimpulan berikut contohnya– Kali ini kita akan membahas tentang pengertian ringkasan dan kesimpulan yang tidak asing di telinga para pelajar atau siswa sekolah (SMA), mungkin kamu sering mendengar apa itu ringksan dan kesimpulan dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah kamu, tetapi belum mengerti apa maksud dari tujuan membuat ringksan dan kesimpulan tersebut.

Pengertian ringkasan
Pengertian ringkasan

Dibawah ini adalah pengertian dari ringkasan dan kesimpulan yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Ringkasan

Ringkasan adalah dalah sebuah penyajian peristiwa atau kejadian yang panjang di sajikan secara singkat. atau juga, cara yang baik untuk memotong atau memangkas sajian sebuah hasil karangan yang panjang dan di sajikan dalam bentuk sajian yang singkat

Rimgkasan memiliki perbedaan dengan ikhtisar, meskipun sering ke dua istilah itu disampaikan , tapi sebenarnya kedua istilah itu bebeda. Sebab ringksan merupakan hasil dari karangan yang asli tetapi dalam penyajiannya harus tetapi mempertahankan urutan dan rumusan yang sali dari pengarangnya.

Ikhtisar adalah kebalikannya, ikhtisar tidak memerlukan susunan atau sistematika atau tidak perlu sesuai dengan karangan aslinya dan tidak perlu secara proposional atau tidak memerlukan sajian isi dari semua hasil karangan itu.

Ciri-Ciri Ringkasan

  • Harus memiliki kerangka dasar yang jelas
  • Harus memiliki inti yang tidak menghilangkan hasil karangan asli
  • Dalam memangkas gagasan harus terperinci
  • Memiliki tujuan untuk memangkas hasil gagsan.

Cara membuat ringkasan

Ada dua bentuk dalam membuat ringkasan, yaitu bentuk uraian atau paragraf (verba) dan bentuk berupa bagan atau skema (non-verba). Ringkasan dalam bentuk sekema atau bagan harus memiliki mencerminkan gagasan yang ada di dalam teks sumbernya.

Sebelum membuat sekema atau bagan, harus dicatat terlebih dahulu inti-inti dari sumber informsi sebelum membentuk unsur-nsur bagan atau skema. Dalam  membuat ringkasan ada beberapa cara yang bisa dijadikan sebuah pegangan  atau panduan yang baik dan teratur, yaitu:

loading...
  1. Membaca naskah asli
  2. Mencatat gagasan utama
  3. Mengadakan reproduksi

  • Membaca naskah asli
    Yang  harus dilakukan sebelum membuat ringkasan adalah dengan melakukan pembacaan naskah asli setidaknya satu sampai dua kali untuk mendapatkan atau mengetahui kesan umum dan sudut pandang dari pengarang aslinya.

 

  • Mencatat gagasan utama
    Setelah membaca naskah asli, msenulis atau menagkap masud, kesan umum, dan sudut pandang pengarang asli, lalu langkah selanjutnya ialah memcatat gagasan utama atau mencatat gagasan yang penting.

 

  • Mengadakan reproduksi
    Setelah melakukan catatan yang dilakukan dalam langkah ke dua dan mendapatkan kesan umum yang didapatkan pada langkah pertama, maka seorang penulis sudah siap untuk membuat sebuah ringkasan. Dan yang harus diperhatikan oleh seorang penulis ringkasan adalah seseorang penulis harus membuat sebuah kalimat yang baru, dan merangkai semua gagasan menjadi sebuah wacana yang teratur atau jelas dan yang penting harus bisa di terima oleh akal sehat

Pengertian Kesimpulan

Simpulan adalah sesuatu hal yang disimpulkan ; hasil dari menyimpulkan ; kesimpulan. Simpulan juga bisa memiliki arti kesudahan pendapat (pendapat yang terakhir dari sebuah uraian sebelumnya) ataupun kesimpulan yang didapat dari cara berfikir induktif dan deduktif.

Pola penalaran dalam mengambil simpulan

Unutk mengambil sebuah kesimpulan harus menggunakan pola penalaran induktif dan deduktif. Penalaran deduktif terdiri atas silogisme, akibat- sebab-sebab dan sebab-akibat-akibat.

Pola penalaran

Pertama dari pengungkapan hal-hal yang bersifat khusus, lalu kemidian diambil sebuah simpulan yang umum. yang merupakan  sebuah pola penalaran induktif adalah generalisasi, anologi, akibat-akibat-sebab dan sebab-sebab-akibat.

Sekian Penjelasan Tentang Pengertian Ringkasan dan Kesimpulan Secara Lengkap Berikut Contohnya Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Pembaca GuruPendidikan.Com 😀