Reklamasi Nusa Dua Bridge, Bali
Reklamasi Nusa Dua Bridge, Bali

Pengertian Reklamasi Menurut Para Ahli Beserta Manfaat Dan Dampaknya

Posted on

Pengertian Reklamasi

Reklamasi atau bisa disebut reklamasi daratan, merupakan sebuah proses pembuatan daratan baru dari dasar laut atau juga dasar sungai. Tanah yang direklamasi disebut juga tanah relamasi atau landfill.

Umumnya reklamasi daratan dilakukan dengan bertujuan sebagai perbaikan serta pemulihan sebuah kawasan berair yang rusak atau tak berguna untuk menjadi lebih baik serta bermanfaat. Kawasan tersbut dapat dijadikan sebuah lahan pemukiman, objek wisata serta kawasan niaga.

Pengertian Reklamasi Menurut Para Ahli

  • Menurut UUD

Reklamasi merupakan sebuah kegitan yang dilakukan oleh orang dalam meningkatkan manfaat sumber daya lahan yang ditinjau dari sisi lingkungan serta sosial ekonomi dengan cara pengurungan, drainase atau pengeringan lahan.

  • Save M Dagun, 1997: 952

Reklamasi merupakan sebuah pemanfaatan lahan yang tidak ekonomis sebagai kepentingan pemukiman, pertanian, industri, rekreasi dan yang lainnya, yang mencakup pengawetan tanah, pengawetan sumber air, pembebasan tanah tandus, drainase daerah rawa atau lembah dan proyek pasang surut.

Reklamasi Nusa Dua Bridge, Bali
Reklamasi Nusa Dua Bridge, Bali

Manfaat Reklamasi

  • Perluasan Lahan

Untuk negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi, reklamasi bisa dipakai sebagai cara untuk mengatasi kendala keterbatasan lahan, yang selanjutnya bisa dimanfaatkan menjadi lahan pemukiman baru. Manfaat reklamasi pantai disini merupakan tahan yang didapat tanpa melakukan penggusuran penduduk serta tidak membayar ganti rugi.

  • Memperbaiki Kondisi Lahan

Manfaat dari reklamasi yang selanjutnya ialah yang menjadi kawasan berair atau lahan tambang yang sudah rusak atau tak berguna menjadi lebih baik serta memiliki manfaat. Kawasan baru itu umumnya dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman, bisnis, pertanian, perindustrian, pertokoan serta objek wisata.

Dampak Reklamasi

Tanpa persiapan, reklamasi lahan rawa efek negatif, seperti:

loading...
  1. Sea permukaan elevasi karena daerah yang sebelumnya berfungsi sebagai kolam renang telah berubah menjadi daratan.
  2. Sebagai hasil dari permukaan laut yang tinggi dari daerah pesisir lainnya rawan tenggelam. Setidaknya, air laut yang asin ke daratan untuk membuat banyak tanaman mati, mematikan fungsi sawah untuk menanam. Hal ini lazim di daerah pedesaan di pantai.
  3. Penghancuran hewan hidup dan tanaman di mana pantai sehingga keseimbangan alam akan terganggu. Jika gangguan ini dilakukan dalam jumlah besar dapat mempengaruhi perubahan iklim dan kehancuran planet Bumi sebagai signifika

Proses dan Metode Reklamasi

  • Sistem Timbunan

Reklamasi dilakukan dengan memakai cara penimbunan perairan pantai hingga muka lahan berada di atas muka air laut tinggi (high water level). Sistem timbunan dilakukan dengan dua tahap, yaitu:

  1. Hydraulic-fill: Tanggul dibuat terlebih dahulu, kemudian baru dilakukan pengurugan,
  2. Blanket-fill: Tanah diurug terlebih dahulu, kemudian baru tanggul dibangun/dibuat dalam galian pada tepi.
  • Sistem Polder

Reklamasi dilakukan dengan menggunakan cara mengeringkan perairan yang akan direklamasi dengan alat, seperti pompa air yang berada didalam tanggul yang kedap air untuk dibuang keluar daerah lahan reklamasi. Lahan polder dibagi menjadi berpetak-petak, dengan parit-parit sebagai aliran air agar menuju parit utama yang selanjutnya dipompa kerah yang lebih tinggi dan dibuang kelaut. Dan bangunan tanggul dibuat disekeliling lahan polder untuk melindungi lahan polder itu supaya air tidak masuk ke daerah tersebut. Porses atau metode ini bisa dipakai dengan menggunakan backhoe dredger serta cutter suction dredger.

  • Sistem Kombinasi antara Polder dan Timbunan

Reklamasi ini adalah sebuah gabungan sistem polder dan sistem timbunan, yaitu setelah lahan didapat dengan metode pemompaan, kemudian lahan tersebut ditimbun sampai dengan ketinggian tertentu sehingga perbedaan elevasi antara lahan reklamasi dan muka air laut tidak besar.

  • Sistem Drainase

Reklamasi sistem ini dipakai untuk wilayah pesisir yang datar serta lebih relatif rendah dari wilayah disekitarnya namun elevasi muka tanahnya masih lebih tinggi dari elevasi muka air laut.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Reklamasi Menurut Para Ahli Beserta Manfaat Dan Dampaknya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀