Pengertian Prosa Lama Dan Baru Beserta Contohnya Lengkap

Aris Kurniawan

Pengertian Prosa

Prosa merupakan jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi sebab variasi ritme yang dipunya lebih besar, dan bahasanya yang sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin yang artinya “terus terang”. Jenis tulisan ini biasanya dipakai sebagai deskripsi sebuah ide atau kata. Sebab, prosa bisa dipakai untuk surat kabar, novel, majalah, surat, ensiklopedia, serta beragam jenis media lainnya. Prosa juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru, prosa baru adalah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apapun. dan prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum dipengaruhi budaya barat.

Jenis-jenis prosa

  1. Prosa naratif
  2. Prosa deskriptif
  3. Prosa eksposisi
  4. Prosa argumentatif

Prosa Lama

Prosa lama adalah suatu karya sastra yang belum dipengaruhi oleh sastra atau kebudayaan dari barat. Karya sastra prosa lama yang awalnya timbul disampaikan secara lisan, dikarenakan belum dikenal bentuk tulisan. Setelah agama dan kebudayaan Islam masuk ke Indonesia, masyarakat menjadi akrab dengan tulisan, bentuk tulisan pun mulai banyak dikenal. Sejak hal tersebut sastra tulisan mulai dikenal serta sejak itu pula babak-babak sastra pertama dalam rentan sastra Indonesia mulai ada. Adapun bentuk-bentuk sastra prosa lama, yaitu:

  • Hikayat

Hikayat, berasal dari bahasa India dan Arab, berisi kisah hidup para dewi, peri, pangeran, putri kerajaan, dan raja-raja yang memiliki kekuatan gaib. Sihir dan kekuatan yang luar biasa dari orang-orang, yang bercerita kadang-kadang tidak masuk akal. Tapi saga mengambil banyak tokoh dalam sejarah. Contoh: Hikayat Hang Tuah, Kabayan, Pitung, Tale of the Poor, Hikayat Indra Bangsawan, Hikayat Panji Semirang, Hikayat Raja Budiman.

  • Sejarah

Sejarah (legenda), merupakan salah satu isi dari dua cerita prosa diambil dari suatu peristiwa sejarah. cerita terungkap dalam sejarah bisa dibuktikan dengan fakta. Selain mengandung peristiwa sejarah, juga berisi silsilah raja-raja. Berisi sejarah silsilah yang ditulis oleh penulis raja ini masyarakat lama. Contoh: Sejarah Melayu bekerja Bendahara Datuk Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis pada tahun 1612.

  • Kisah

kisah, adalah kisah perjalanan atau pelayaran seseorang dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: A Journey Abdullah ke Negeri Kelantan, Kisah Abdullah ke Jeddah.

APRESIASI PROSA FIKSI

APRESIASI PROSA FIKSI

  • Dongeng

Dongeng, adalah sebuah cerita fiksi. dongeng sendiri banyak ragamnya, sebagai berikut:

  1. Dongeng, adalah cerita lama melambangkan hewan sebagai simbol ajaran moral (sering disebut sebagai cerita binatang).
  2. Tungau (mitos), adalah cerita yang berkaitan dengan keyakinan di beberapa objek atau hal yang diyakini memiliki kekuatan gaib.
  3. Legenda, adalah cerita panjang yang menceritakan tentang sejarah suatu tempat atau daerah.
  4. Sage, adalah cerita panjang yang berhubungan dengan sejarah, yang menceritakan keberanian, kepahlawanan, sihir dan keajaiban manusia.
  5. Perumpamaan, adalah cerita fiksi yang menggambarkan sikap moral atau suatu agama atau menggunakan perbandingan tersebut.
  6. Lucu dongeng, adalah cerita tentang perilaku masyarakat bodoh, malas atau cerdik dan masing-masing dijelaskan dalam humor.
  • Cerita Berbingkai

Cerita bingkai, adalah cerita di mana ada banyak cerita diberitahu oleh pelaku. Contoh: Seribu Satu Malam.

Prosa Baru

Prosa baru adalah esai prosa yang timbul setelah menerima literatur atau pengaruh budaya Barat. Prosa baru adalah sebagai berikut:

  • Percintaan

Roman adalah bentuk baru dari prosa yang menceritakan kehidupan protagonis dengan semua kesedihan. Dalam novel, aktor utama yang sering diceritakan dari masa kanak-kanak sampai dewasa, atau bahkan kematian. kebiasaan Romawi mengungkapkan aspek masyarakat atau rinci dan menyeluruh, alur kerja bercabang, banyak derajat (peluncuran).

  • Novel

Novel berasal dari Italia. yaitu ‘berita’ Novel. Novel adalah prosa baru yang menggambarkan sebagian besar kehidupan aktor utama konflik yang paling penting, yang paling menarik, dan yang mengandung. konflik mental atau perjuangan mengakibatkan perubahan nasib pelaku. lika roman cenderung idealisme, realisme dalam novel. Biasanya lebih pendek dari novel roman dan lebih panjang dari sebuah cerita pendek. Contoh: Ave Maria oleh Idrus, Keluarga Gerilya oleh Pramoedya Ananta Toer, berburu oleh Pramoedya Ananta Toer, Ziarah Iwan Simatupang, Surabaya oleh Idrus.

  • Cerita pendek

Adalah prosa cerita pendek baru yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelaku yang paling penting dan menarik. Dalam sebuah cerita pendek harus menjadi konflik atau sengketa, tetapi tidak menyebabkan perubahan nasib pelakunya. Contoh: Public Radio oleh Rosihan Anwar, Bulb oleh Asrul Sani, Teman Duduk oleh Moh. Kosin, menghadapi Bembah oleh Trisno Sumarjo, Fall Surau Kami A.A. Navis.

  • Riwayat

Sejarah (biografi), adalah esai prosa yang berisi pengalaman hidup sendiri penulis (otobiografi) atau bisa juga pengalaman hidup orang lain sejak kecil hingga dewasa, atau bahkan kematian. Contoh: Soeharto Anak Desa, Prof. Dr. B.J Habibie, Ki Hajar Dewantara.

  • Kritis

Kritik adalah karya penilaian yang buruk menguraikan sebuah karya dengan memberikan alasan tentang isi dan bentuk kriteria objektif tertentu dan hakim.

  • Resensi

Resensi adalah diskusi / pertimbangan / ulasan suatu karya (buku, film, drama, dll). itu menjelaskan kepada pembaca untuk melihat karya berbagai aspek seperti tema, plot, karakterisasi, dialog, dll, sering disertai dengan penilaian saran dan apakah pekerjaan dibaca atau dinikmati.

  • Esai

Esai adalah review / kritik dari masalah pada wajah itu berdasarkan pandangan pribadi penulis. Isi dapat pelajaran hidup, komentar, renungan, atau komentar tentang budaya, seni, fenomena sosial, politik, pertunjukan dramatis, film, dll.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Prosa Lama Dan Baru Beserta Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Prosa Lama Dan Baru Beserta Contohnya Lengkap
Shares