Pengetian Polusi dan Polutan
Pengetian Polusi dan Polutan

Pengertian Polusi Dan Polutan Terlengkap

Posted on

PENGERTIAN POLUSI  DAN POLUTAN

Pengertian Polusi Dan Polutan Terlengkap – Definisi dan juga Pengertian Polusi ataupun Pencemaran lingkungan ialah suatu istilah yang mengacu kepada semua aktivitas manusia yang dapat merugikan lingkungan alam sekitar.

Pengetian Polusi dan Polutan
Pengetian Polusi dan Polutan

Sesuai pada Undang-Undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982 ini mendefinisikan Polusi ataupun Pencemaran lingkungan ialah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan juga atau komponen lain ke dalam alam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan dikarenakan kegiatan manusia ataupun oleh proses alam sehingga kualitas pada lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu dan yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang baik atau juga tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.

Pencemaaran ataupun Polusi ini dapat di kategorikan ialah sebagai berikut :

  1. Pencemaran Air
  2. Pencemaran Udara
  3. Pencemaran Tanah
  4. Pencemaran Logam Berat
  5. Pencemaran Suara

Namun pencemaran ataupun polusi dapat juga tidak kelihatan, tidak berbau, dan juga tidak berasa.
Beberapa macam polusi nampaknya tidak mengotori air, udara, ataupun tanah, tetapi dapat mengurangi kualitas hidup manusia ataupun mahluk hidup di sekitarnya. Sebagai contoh, kebisingan dari lalu lintas dan juga mesin-mesin industri ialah dapat digolongkan dalam bentuk polusi Suara.

Polusi atau pencemaran lingkungan ialah salah satu permasalahan yang paling serius yang dihadapi oleh manuasia dan juga dalam bentuk kehidupan lainnya. Udara yang kotor dapat merugikan tanaman dan juga penyebab berkembangnya semua macam-macam penyakit. Polusi udara juga sudah dapat mengurangi kapasitas pada atmosfir dalam melakukan  penyaringan radiasi ultra violet yang berbahaya dari sinar matahari. Para ilmuwan memprediksikan bahwa polusi udara akan mulai merubah iklim cuaca di seluruh permukaan bumi. Polusi air dan juga tanah akan mengancam kemampuan petani untuk dapat memproduksi jumlah bahan makanan yang cukup.

Definisi dan Pengertian Polutan

Pengertian Polusi Dan Polutan Terlengkap – Pengertian Polutan ialah semua bahan yang dapat menjadi penyebab pencemar. Bahan Pencemar tersebut  ialah berasal dari rumah tangga, dari pabrik atau industri, dari hasil suatu kegiatan atau pun pekerjaan; misalnya puing-puing atau bekas galian, bekas tebangan.

Bahan maupun zat yang ada pada alam dapat disebut polutan atau pencemar jika terjadi :

loading...
  1. Jumlah bahan ataupun zat tersebut telah melampaui batas normal.
  2. Bahan ataupun zat berada pada waktu yang tidak tepat.
  3. Bahan ataupun zat tersebut terdapat di tempat yang juga tidak tepat.

Beberapa sifat polutan yang memberikan pengaruh pada lingkungan :

  • Penyebab kerusakan untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan maka tidak merusak lagi.
  • Penyebab kerusakan dalam waktu lama. Contohnya pada konsentrasi yang rendah Pb tidak menyebabkan kerusakan, Tetapi dalam jangka waktu yang relatif panjang, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai memberikan efek yang merusak.

Bahan pencemar tersebut dapat dibedakan dalam bentuk ; gas, cairan serta  padat (partikel); dan juga dapat berupa organisme, Contohnya ialah bakteri atau virus; dapat pula sebagai senyawa kimia organik ataupun anorganik. Selain itu dapat pula berupa suara (noise pollution) dan juga panas (thermal pollution). Polutan sering juga disebut dengan kontaminan (Contaminant).

Pencemaran yang terjadi pada lingkungan dapat dibedakan berdasarkan bahan, bentuk, jenis atau tempat terjadinya pencemaran.

Macam dan Jenis Pencemaran Lingkungan

Berdasarkan Lingkungan Tempat Terjadinya ialah :

  1. pencemaran udara,
  2. pencemaran air, dan
  3. pencemaran tanah.

Berdasarkan Bahan dan Tingkat Pencemaran ialah :

  1. Parameter Pencemaran Lingkungan
  2. Dampak Pencemaran Lingkungan
  3. Usaha Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Polusi Dan Polutan Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂