Pengertian Persediaan Dalam Akuntansi Beserta Alasan Dan Manfaatnya

Posted on

GuruPendidikan.Com – Persediaan ialah bagian utama dalam neraca dan seringkali merupakan perkiraan yang nilainya cukup besar yang melibatkan modal kerja yang terbilang sangat besar. Tanpa adanya persediaan barang dagangan perusahaan akan menghadapi resiko yang dimana pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan dari para pelanggannya. Tentu saja kenyataan ini dapat berakibat buruk bagi perusahaan karena secara tidak langsung perusahaan menjadi kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang seharusnya didapatkan.

persediaan

Pengertian Persediaan Menurut Ahli

Menurut ( standar akuntansi keuangan tahun 1999 ) pengertian persediaan ialah aktiva :

  • Yang tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal.
  • Dalam proses produksi atau dalam perjalanan atau
  • Dalam bentuk bagan atau perlengkapan ( supplies ) untuk digunakan dalam proses produksi atau pemberian jasa.

Pengertian persediaan dalam hal ini ialah sebagai suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode waktu tertentu atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses produksi ataupun persediaan bahan bakau yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi.

Pada Prinsipnya persediaan mempermudah atau memperlancar kegiatan operasi perusahaan yang harus dilakukan dengan secara berturut-turut untuk memproduksi barang-barang serta selanjutnya menyampaikannya kepada para pelanggan atau konsumen. Adapun alas an diperlukannya persediaan oleh suatu perusahaan menurut Freddy Rangkuti ialah

Alasan Diperlukannya Persediaan

  • Dibutuhkannya waktu untuk menyelesaikan operasi produksi dan untuk memindahkan produk dari suatu tingkat proses ke tingkat proses lainnya yang disebut persediaan dalam proses dan pemindahan.
  • Alasan organisasi untuk memungkinkan suatu unit membuat jadwal operasinya secara bebas tidak tergantung dari yang lainnya.

Manfaat Adanya Persediaan

  • Menghilangkan resiko keterlambatan datangnya barang atau bahan-bahan yang dibutuhkan perusahaan.
  • Menghilangkan resiko dari materi yang dipesan berkualitas atau tidak baik sehingga harus dikembalikan.
  • Mengantisipasi bahwa bahan-bahan yang dihasilkan secara musiman sehingga dapat digunakan bila bahan itu tidak ada dalam pasaran.
  • Mempertahankan aktivitas operasi perusahaan atau menjamin kelancaran arus produksi.
  • Mencapai penggunaan mesin yang optimal.
  • Memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya agar keinginan pelanggan pada suatu waktu dapat dipenuhi dengan memberikan jaminan tetap tersedianya barang jadi tersebut.
  • Membuat pengadaan atau produksi tidak perlu sesuai dengan penggunaannya atau penjualannya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Persediaan Dalam Akuntansi Beserta Alasan Dan Manfaatnya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂