Pengertian, Penyebab, Dan Dampak Global Warming (Pemanasan Global) Lengkap

Posted on

Pengertian, Penyebab, Dan Dampak Global Warming (Pemanasan Global) Lengkap – Global warming ?? Mendengar kata global warming sudah tidak asing lagi didengarnya. karena sering sekali jadi perbincangan di berita-berita belahan dunia, karena berdampak buruk bagi kehidupan di bumi. Untuk lebih jelasnya lagi tentangglobal warming. Marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

global-warming-pemanasan-global

Pengertian Global Warming (Pemanasan Global)

Pemanasan global merupakan suatu proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi sudah meningkat 0.74 ± 0.18°C (1.33 ± 0.32°F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar sebuah peningkatan temperatur ratarata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar dikarenakan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat dari kegiatan manusia melalui efek
rumah kaca.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan mengakibatkan suatu perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta suatu perubahan jumlah dan pola presipitasi (turunnya air dari atmosfer, misal hujan, salju). Akibat-akibat dari pemanasan global yang lain yaitu terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia sudah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

Protokol Kyoto merupakan suatu kesepakatan internasional Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC atau FCCC), yang ditujukan untuk melawan pemanasan global. UNFCCC ialah suatu perjanjian lingkungan hidup internasional dengan tujuan mencapai “stabilisasi konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer pada tingkat yang akan mencegah gangguan antropogenik yang berbahaya dengan sistem iklim.”

Protokol Kyoto awalnya diadopsi pada tanggal 11 Desember 1997 di Kyoto, Jepang, dan mulai berlaku pada tanggal 16 Februari 2005. Pada April 2010, 191 negara sudah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto.

Penyebab Global Warming

Global warming atau pemanasan global terjadi pasti ada sebabnya, adapun beberapa penyebabnya yaitu antara lain:

loading...

1. Model rumah kaca

Yang menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global yaitu yang dimana model rumah kaca baik di rumah-rumah, gedung-gedung atau tempat-tempat yang menggunakan konsep bangunan kaca ini bisa memantulkan cahaya ke udara dan bukannya menyerap sinar matahari. Sehingga dampak dari konsep rumah kaca ini sangat berpengaruh terhadap suatu pertambahan dan peningkatan pemanasan global di bumi.

2. Pemborosan listrik

Listrik banyak dipakai oleh setiap orang, tapi banyak orang yang belum sadar akan penghematan terhadap penggunaan listrik. Berbagai himbauan sudah banyak digerakkan atau dilakukan, tapi pada kenyataannya banyak manusia belum dapat melakukannya, sehingga pemborosan listrik ini dapat menjadi salah satu penyumbang meningkatnya pemanasan global.

3. Bahan bakar

Bahan bakar yang dipakai kendaraan selain menggangu kesehatan juga memberikan sebuah efek bertambahnya pemanasan global dari polusi udara yang dihasilkan setiap kendaraan.

4. Polusi udara dari Industri dan Pabrik

Semakin banyak sebuah industri dan pabrik yang berkembang, semakin banyak pula terjadinya pemanasan global. Disisi positifnya memang industri dan pabrik dapat memberikan peluang untuk mensejahterakan rakyat , tapi disisi lain kerugian asap yang dihasilkan dari industri dan pabrik sangat merugikan eksitensi bumi.

5. Hutan gundul

Banyak terjadi pembakaran hutan secara ilegal tanpa izin dari pemerintah. Padahal hutan mempunyai banyak fungsinya, salah satunya yaitu dapat mencegah terjadinya banjir. Selain itu, hutanpun bisa mereduksi suhu panas di bumi yang semakin meningkat. Sebuah sumber mengatakan bahwa pemanasan global meningkat 50% yang penyebabnya yaitu CO2 atau karbondioksida. Dimana emisi karbondioksida disebabkan adanya sebuah kerusakan atau pembakaran hutan. Sehingga hutan gundul menjadi salah satu penyebab meningkatnya pemanasan global bumi.

Dampak Global Warming

Banyak dampak yang sangat merugikan yang dihasilkan dan dirasakan oleh semua makhluk hidup di muka bumi karena adanya sebuah golbal warming atau pemanasan global yang semakin hari semakin meningkat. Adapun dampak-dampaknya bagi kehidupan antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Suhu dipermukaan bumi semakin lama akan semakin ekstrim.
  • Permukaan air laut diseluruh dunia akan meningkat.
  • Adanya Intensitas terjadinya angin topan akan semakin meningkat.
  • Banyak terjadinya kekeringan dan kegagalan panen di seluruh dunia.
  • Akan terjadi sebuah bencana kelaparan dan kekeringan dimuka bumi.
  • Berbagai macam penyakit bermunculan akibat dari global warming.
  • Terjadinya kepunahan beberapa species mahluk hidup.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Penyebab, Dan Dampak Global Warming (Pemanasan Global) Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juag refrensi artikel terkait lainnya disini :