Contoh Pembangunan Ekonomi Di Indonesia
Contoh Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Pengertian Pembangunan Ekonomi Secara Umum Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya

Posted on

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan peroses sebuah kenaikan pendapatan total serta pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan sebuah penduduk serta dengan adanya perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dalam sebuah negara dan naiknya pendapatan untuk masyarakat dalam sebuah negara.

Sebuah pembangunan ekonomi tidak dapat dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi, hal tersebut dapat mendorong pertubuhan ekonomi, dan juga sebaliknya, pertubuhan ekonomi dapat memperlancar sebuah proses pembangunan ekonomi.

Maksud dari pertumbuhan ekonomi ialah sebuah proses kenaikan dari kapasitas suatu ekonomi yang telah diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Dalam suatu negara dapat dikatakan mengalami pertumbuhan perekonomian jika terjadi peningkatan SNP riil di suatu negara. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi sebuah keberhasilan pembangunan perekonomian suatu negara.

Perbedaan pada keduanya merupakan pertumbuhan ekonomi keberhasilannya ledih kuantitatif, artinya dengan adanya kenaikan dalam standar perndapatan adan tingkat output produksi yang telah dihasilkan, sedangkan dengan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif, tidak hanya pertambahan suatu produksi, namun adanya perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada bermacam sektor ekonomi, sebagai contoh pengetahuan, lembaga, teknik, serta sosial.

  • Pembangunan sebagai suatu proses

Sebuah pembangunan dapat diartikan sebagai sebuah proses, dengan arti pembangunan ialah tahao yang harus dijalani terhadap semua masyarakat atau bangasa. Misalnya, manusia dari lahir, tidak langsung menjadi dewasa, namun untuk menjadi orang yang dewasa harus melalui tahapan pertumbuhan. Demikian juga dengan setiap bangasa harus menjalani tahapan perkebangan untuk menjadi suatu kondisi yang sejahtera, adil, serta makmur.

  • Pembangunan sebagai suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan perkapita

Bagai suatu usaha, pembangunan adalah sebuah tindakan aktif yang harus dilaksanakan atau dilakukan oleh sebuah bangsa atau negara dalam meningkatkan pendapatan perkapita. Dengan itu, dibutuhkan peran dari seluruh masyarakat, permerintah serta semua elemen dalam suatu negara untuk selalu berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Hal tersebut dilakukan disebabkan kenaikan pendapatan perkapita mencerminkan perbaikan dalam sebuah kesejahteraan masyarakat.

  • Peningkatan pendapatan perkapita harus berlangsung dalam jangka panjang

Perekonomian dapat dikatakan berkembang jika pendapatan perkapita dalam jangka panjang lebih cendrung meningkat. hak itu tidak berarti juga bahwa pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus. Sebagai contoh, dalam sebuah negara terjadi musibah bencana alam, maka mengakibatkan perekonomian negara mengalami kemunduran. Tetapi, keadaan itu hanyalah bersifat sementara yang paling penting untuk negara itu kegiatan perekonomiannya mengalami rata-tata peningkatan dari tahun ke tahun.

Contoh Pembangunan Ekonomi Di Indonesia
Contoh Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Faktor Pembangunan Ekonomi

Beberapa hal yang mempengaruhi pembangunan serta pertumbuhan ekonomi, tetapi pada dasarnya hal tersebut bisa dikelompokan menjadi dua, seperti faktor ekonomi dan nonekonomi.

Hal-hal yang dapat mempengaruhi pembangunan serta pertumbuhan ekonomi diantaranya ialah SDM, SDA, serta kewirausahaan dan keahlian.

Sumber daya alam (SDM), yaitu kekayaan alam seperti tanah, kesuburan tanah, hasil hutan, keadaan iklim/cuaca, hasil laut, serta tambang, sangat berpengaruh pada pertumbuhan industri suatu negara, yang terutama dalam hal peyediaan bahan baku produksi.

Kewirausahaan dan keahlian diperlukan sebagai pengeolahan bahan mentah dari alam menjadi suatu yang mempunyai nilai yang tinggi ( disebut juga sebagai proses produksi).

Sumber daya manusia (SDA) juga menentukan keberhasilan pembangunan nasional lewat jumlah dan kulitas peroduk. Jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar yang sangat potnsial sebagai pemasaran hasil produksi, sementara itu kualitas penduduk menentukan seberapa besar peroduktivitas yang ada.

Faktor non ekonomi meliputi kondisi sosial kltur yang ada di dalam masyaakat, kelembagaan, keadaa politik, serta sistem yang berkembang dan berlaku di masyarakat.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi

Proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.
Tidak memperhatikan distribusi pendapatan.
Tidak memperhatikan pertumbuhan penduduk
Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi
Setiap input dapat menghasilkan lebih banyak output

Pembangunan Ekonomi

  1. Proses perubahan konstan menuju perbaikan, termasuk upaya untuk meningkatkan produk per kapita.
  2. Memperhatikan pemerataan pendapatan, termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  3. Mencatat pertumbuhan penduduk.
  4. Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  5. Pembangunan ekonomi selalu disertai dengan pertumbuhan ekonomi.
  6. Setiap masukan selain memproduksi lebih banyak output juga telah terjadi perubahan – perubahan dalam pengetahuan kelembagaan dan teknis.

Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

  1. Melalui pembangunan ekonomi, pelaksanaan kegiatan ekonomi akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  2. Pembangunan ekonomi mereka dimungkinkan penciptaan lapangan kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga mengurangi pengangguran.
  3. Penciptaan lapangan kerja karena pembangunan ekonomi langsung mereka dapat meningkatkan tingkat pendapatan nasional.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan ekonomi mereka tidak direncanakan dengan baik menyebabkan kerusakan lingkungan.
  2. Industrialisasi menghasilkan pengurangan lahan pertanian.

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pembangunan Ekonomi Secara Umum Beserta Dampak Positif Dan Negatifnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀