Defisnisi norma sioal
Defisnisi norma sioal

Pengertian Norma Hukum Dan Sosial Beserta Berbedaannya

Posted on

Pengertian Norma Hukum

Norma Hukum merupakan suatu aturan sosial yang dibuat sebuah lembaga tertentu, contohnya pemerintah, sehingga dengan tegas bisa melarang dan memaksa orang untuk dapat berprilaku yang sesuai dengan keinginan pembuat peraturan teresbut. Pelanggaran terhadap norma ini adalah sanksi denda sampai dengan hukuman fisik (penjara, hukuman mati).

Proses terbentuknya norma hukum

Saat bermasyarakat, mesikipun telah ada norma untuk menjaga keseimbangan, tetapi norma sebagai pedoman perilaku sering dilanggar atau tidak dipatuhi. Sebab hal itu dibuatlah norma hukum sebagai kesepakatan/peraturan tertulis yang mempunyai sanksi serta alat penegaknya.

Definsi norma hukum
Definsi norma hukum

Norma Sosial

Norma sosial merupakan kebiasaan yang sering menjadi patokan perilaku dalam kelompok masyarakat serta batasan wilayah tertentu. Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan sosial masyarakatnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial.

Norma sangat erat hubungannya dengan prilaku-prilaku yang pantas untuk dilakukan dalam menjalani interaksi sosial. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau kelompok suapay bertindak sesuai dengan aturan sosial yang sudah terbentuk. Pada dasarnya, sebuah norma disusun suapaya hubungan diantara manusia dalam masyarakat dapat berlangusng tertib sebagaimana yang diharapkan.

Norma tidak untuk dilanggar. Siapa pun yang melanggar norma atau tidak sesuai dengan ketentuan yang bercantum dalam norma tersebut, maka akan mendapatkan hukuman. Sebagai contoh, bagi siswa yang terlambat akan dihukum tidak diperbolejkan untuk masuk kelas, untuk siswa yang mencontek pada saat ujuan makan tidak diperbolehkan meneruskan ujian.

Defisnisi norma sioal
Defisnisi norma sioal

Norma adalah hasil dari buatan manusia sebagai makhluk sosial. Awalnya, aturan tersebut dibuat secara tidak sengaja. Lambat laut norma-norma itu disusun atau dibentuk secara sadar. Norma dalam masyarakat berisi tata tertib, aturan, serta petunjuk standar perilaku yang wajar atau pantas.

Tingkatan norma sosial

  • Cara (usage)

Cara merupakan bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan perseorangan atau individu dalam masyarakat namun secara terus-menerus.

loading...

Contoh: cara makan yang wajar dan baik apabila tidak mengeluarkan suara seperti hewan.

  • Kebiasaan (folkways)

Kebiasaan adalah bentuk perbuatan yang berulang dengan bentuk yang sama yang dilakukan secara sadar dan memiliki tujuan jelas serta dianggap benar dan baik.

Contoh: Memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam suatu kegiatan atau kedudukan, memakai baju yang bagus pada waktu pesta.

  • Tata kelakuan (mores)

Tata kelakukan merupakan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat dari beberapa manusia yang dilakukan secara sadar untuk melaksanakan pengawasan oleh kelompok masyarakat terhadap para anggotanya. Dalam tata kelakukan ada unsur melarang atau memaksa sebuah perbuatan.

Contoh: Melarang pembunuhan, pemerkosaan, atau menikahi saudara kandung.

  • Adat istiadat (custom)

Adat istiadat merupakan sekumpulan tata perilaku yang tertinggi kedudukannya sebab bersifat kekal serta terintegrasi sangat kuat pada masyarakat yang memilikinya.

Perbedaan antara norma hukum dan norma sosial

  • Norma hukum
  1. Aturannya pasti (tertulis) biasanya adalam bentuk UU atau pasal-pasal
  2. Mengikat semua orang
  3. Memiliki alat penegak aturan
  4. Dibuat oleh lembaga yang berwenang seperti lembaga penegak hukum
  5. Bersifat memaksa
  6. Sanksinya berat
  • Norma sosial
  1. Kadang aturannya tidak pasti dan tidak tertulis
  2. Ada atau tidaknya alat penegak tidak pasti (kadang ada, kadang tidak ada)
  3. Dibuat oleh masyarakat
  4. Bersifat tidak terlalu memaksa
  5. Sanksinya ringan

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Norma Hukum Dan Sosial Beserta Berbedaannya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€