Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Posted on

Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli – Dalam sebuah konsep pemasaran, terdapat tiga unsur yang penting yang harus selalu diperhatikan. Ketiga hal tersebut yang nantinya akan menjadi bagian penting dalam konsep pemasaran serta akan turut menentukan bagaimana nantinya manajemen pemasaran tersebut dikelola.

Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran

berikut 3 unsur penting konsep pemasaran diantaranya iyalah:

  1. Orientasi pada konsumen
    Pada konsep pemasaran sebagai bagian dari manajemen pemasaran iyalah  hal yang menjadi prioritas utama saat menghasilkan sebuah produk bisnis. Pada dasarnya usaha bisnis yang dilakukan iyalah  upaya pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen iyalah orientasi utama yang harus dipertimbangkan dalam segala  hal dan macam bentuk strategi bisnis.
  2.  Penyusunan kegiatan-kegiatan pemasaran secara integral atau menyeluruh
    Manajemen pemasaran dapat melalui konsep pemasaran sebagai bagian dari falsafah bisnis yang dapat dijalankan menghendaki adanya pengaturan secara yang dinamis berbagai bentuk penyusunan kegiatan pemasaran secara yang lebih menyeluruh.
  3. Kepuasan konsumen
    Kepuasan konsumen juga iyalah salah satu unsur penting yang sangat perlu diperhatikan dalam penyusunan konsep pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik akan menghendaki adanya hasil kepuasan konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses marketing yang berjalan baik. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, namun juga di ukur dari bagaimana cara dan strategi pemasaran itu dijalankan.

www.gurupendidikan.com/

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

  1. American Marketing Association adalah sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu maupun organisasi.
  2. Philip Kotler/Armstrong (2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun  : “Manajemen pemasaran iyalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta  pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”
  3. Buchari Alma (2004:130), “ Manajemen Pemasaran iyalah merencanakan, pengarahan, serta pengawasan seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
  4. Lupiyo Adi (2006:6) : “Manajemen pemasaran iyalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan pertukaran-pertukaran yang diinginkan pada konsumen yang dituju untuk memperoleh keuntungan pribadi maupun keuntungan bersama”.
  5. Philip William J. Shultz (dalam buku Prof. Dr. H. Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”, cetakan-7, 2005, p130), Manajemen pemasaran iyalah merencanakan, pengarahan, sera pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari perusahaan.
  6. “Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen (Dharmmesta & Handoko, 1982)” iyalah  kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk  dapat mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, serta untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, serta tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan kepuasan pada konsumen jika menginginkan usahanya dapat berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan atau organisasi (Dharmmesta & Handoko, 1982).
  7. John W. Mullins, Manajemen pemasaran adalah proses menganalisis , menerapkan , mengkoordinasikan , dan mengendalikan program , yang melibatkan konsepsi , penetapan harga , promosi , dan distribusi produk , jasa dan ide-ide yang dirancang untuk menciptakan dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar untuk tujuan mencapai tujuan organisasi .
  8.  Peter R. Dickson, Manajemen pemasaran adalah banyak dan variate kegiatan organisasi yang terlibat dalam memahami apa yang konsumen inginkan dan bagaimana mereka berperilaku .
  9. Swastha (1995 : 5)  iyalah  penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan program-program yang bertujuan untuk menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
  10. Sofyan Assauri (2004)  iyalah kegiatan aktivitas menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan serta mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan serta peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi serta pendistribusian produk tersebut, menenetapkan harga serta mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya serta sekaligus dapat mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka panjang.
  11. Winardi, “manajemen pemasaran iyalah proses pengambilan suatu keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam sistem pemasaran.”
  12. William J. Stanton iyalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan suatu pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud untuk mencapai tujuan suatu organisasi.
  13. A strategic approach with a global orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998) iyalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi serta pengendalian program pemasaran yang meliputi dari kebijakan produk, harga, promosi, serta distribusi dari produk, jasa, dan ide yang dapat ditawarkan untuk menciptakan serta meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche, 1998, p.16).

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para AhliSemoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂