Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli terlengkap

parta setiawan

Pengertian

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli terlengkap -. Manajemen Keuangan ( Finance Management) iyalah seluruh aktifitas ataupun kegiatan perusahaan dalam rangka penggunaan serta pengalokasian dana perusahaan secara efisien.

Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Menurut George R. Terry manajemen meliputi 4 bagian  kegiatan yang sering dikenal dengan istilah POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling)

Baca juga : Pengertian POAC  dalam manajemen terlengkap

Definisi Manajemen Keuangan

Beberapa definisi manajemen keuangan iyalah sebagai berikut:

  1. Bambang Riyanto: keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaaya yang minimal dan syarat syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin.
  2. Suad Husnan: manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan.
  3. James Van Horne: segala aktivitas yang berhubungan dengan perolehan, pendanaan serta pengelolaan aktiva dengan tujuan menyeluruh.
  4. Grestenberg: bagaimana bisnis yang diselenggarakan dapat memperoleh dana , bagaimana mereka mendapatkan dana , bagaimana penggunaan mereka serta bagaimana bisnis prof ts didistribusikan .
  5. Liefman: usaha untuk dapat menyediakan uang serta menggunakan uang untuk mendapat atau juga memperoleh aktiva.

Manajemen Keuangan merupakan suatu proses dalam kegiatan keuangan perusahaan yang berhubungan dengan upaya untuk mendapatkan dana perusahaan serta meminimalkan biaya perusahaan dan juga upaya pengelolaan keuangan suatu badan usaha atau organisasi untuk dapat mencapai tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Konsep Manajemen Keuangan

Menejemen keuangan iyalah menejemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Sedangkan fungsi keuangan merupakan kegiatan uatama yang harus dilakukan oleh mereka yang bertanggung jawab dalam bidang tertentu. Fungsi menejemen keuangan merupalam menggunakan dana dan menempatkan dana.

GuRuPeNdidiKan Manajemen keuangan (financial management) yaitu segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dana, menggunakan dana serta mengelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, iyalah sebagai berikut:

  1. Aktivitas penggunaan dana, iyalah aktivitas untuk dapat menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  2. Aktivitas perolehan dana, iyalah aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik itu dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal suatu perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan aktiva, iyalah  setelah dana diperoleh serta dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola se’efisien mungkin.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan Manajemen Keuangan iyalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Tujuan perusahaan iyalah maksimalisasi kesejahteraan pemilik perusahaan. Kesejahteraan pemegang saham ditunjukan melalui harga pasar suatu  perusahaan, yang dimaksudkan  refleksi dari keputusan investasi, pendanaan serta aktiva manajemen. kesuksesan keputusan suatu bisnis yang dinilai berdasarkan dampak yang ditimbulkan terhadap harga saham.

Dalam manajemen dalam bisnis perusahaan terdapat beberapa individu yang di kelompokkan lagi  menjadi tiga kelompok yaitu :

  1. Kelompok manajemen ( operational menegement ) atau tingkat pelaksana iyalah, meliputi para suvervisor.
  2. Kelompok manajemen menengah iyalah,  meliputi kepala department, manajer devisi, dan manager cabang.
  3. Manajemen eksekutif atau disebut juga manajemen puncak eksekutif Iyalah ,sebagai penanggung jawab dari fungsi-fungsi : pemasaran, pembelanjaan, produksi, pambiyaan, serta akutansi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan iyalah sebagai berikut :

  • Keputusan Investasi (Investment Decision)

Investasi iyalah sebagai penanaman modal suatu perusahaan pada aktiva riil maupun aktiva finansial. keputusan finansial adalah keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola oleh perusahaan. Keputusan Investasi akan berpengaruh langsung terhadap besarnya (return on investment) atau rentabilitas investasi  serta aliran kas perusahaan pada masa yang akan datang.

  • Fungsi Pendanaan (Financing Decision)

Keputusan pendanaan ini iyalah  mempelajari sumber- sumber dana yang berada di sisi pasiva. Untuk itu diperlukan perhatian sumber dana yang biayanya paling minimal serta syarat- syarat yang menguntungkan. Pemenuhan dana dapat dilakukan dengan melalui sumber intern serta sumber ekstern perusahaan.

  • Keputusan Deviden (Dividend Decision)

Keputusan ini iyalah dilakukannya untuk menentukan :

  1. Besarnya persentase laba yang dapat dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk cash dividen,
  2. Stabilitas dividen yang akan dibagikan.
  3. (stock dividend)Dividen saham .
  4. (stock split) Pemecahan saham .
  5. Penarikan kembali saham yang beredar.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli terlengkap
Shares