Pengertian Manajemen Investasi Beserta Portofolio Dan Contohnya

Posted on

Pengertian Manajemen Investasi

Manajemen investasi merupakan suatu manajemen profesional yang memegang berbagai sekuritas atau surat berharga seperti, saham, obligasi serta aset yang lainnya seperti properti bertujuan untuk mencapai target investasi yang dapat menguntungkan untuk investor. Investor tersebut bisa berupa institusi ( perusahaan asuransi, perusahaan, dana pensiun dll) atau bisa juga merupakan investor perorangan, dimana sarana yang dipakai umumnya berupa kontrak investasi atau yang biasanya dipakai ialah kontrak investasi kolektif (KIK) seperti redaksiana.

Likup jasa dalam pelayanan manajemen investasi merupakan yang termasuk melakukan pemilihan aset, pemilihan saham, analisis keuangan, pemantauan investasi dan implementasi perencanaan.

Di luar industri keuangan, terminologi “manajemen investasi lebih mengarah terhadap investasi lainnya selain daripada investasi dibidang keuangan seperti merek, proyek, paten dan masih banyak yang lainnya selain dari oligasi dan saham.

Manajemen investasi adalah industri global yang begitu besar dan memegang peran yang sangat penting dalam pengelolaan triliunan dolar, euro, pound dan yen

Metode pendekatan investasi

Banyak motode dalam pendekatan yang berbeda dari cara pengelolaan investasi yang bisa dilakukan terhadap suatu perusahaan manajemen investasi, seperti pertumbuah (growth), pasar netral, nilai (value fund), indeks, kapitalisasi kecil dan lainnya. Metode yang berbeda tersebut masing-masing mempunyai fitur, lingkungan finansial tertentu, penganut, sifat risiko khusus yang berbeda.

Manajemen investasi

Struktur Portolio

Bisnis fokus pada industri manajemen investasi adalah manajer bertugas untuk berinvestasi dan melakukan divestasi investasi nasabah.

penasihat investasi dari perusahaan manajemen investasi bersertifikat harus mengelola investasi dari klien sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko masing-masing pelanggan, di mana penasihat keuangan akan merekomendasikan bentuk yang tepat dari investasi untuk nasabahnya.

  1. Alokasi aset
  2. Investasi jangka panjang
  3. Diversifikasi

Dana kelolaan manajemen investasi secara global

Aset industri manajemen investasi global meningkat pesat dan pada tahun 2006 mencapai rekor 55 triliun dolar, meningkat 10% dari tahun sebelumnya dan meningkat 55% jika dihitung sejak tahun 2002.

Total aset dana pensiun mencapai 20,6 triliun dolar pada tahun 2005 di mana 16,6 triliun diinvestasikan di asuransi dan 17,8 triliun di reksadana. Merrill Lynch untuk menilai nilai setiap investasi mencapai 33,3 triliun, di mana sepertiga ditempatkan dalam bentuk lain dari manajemen investasi konvensional.

Pada tahun 2005, 48% dari total dana investasi global dari Amerika Serikat dan Jepang posisi berikutnya adalah jumlah 11% dan Inggris dengan 7%. Kawasan Asia Pasifik menunjukkan pertumbuhan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Negara-negara seperti China dan India menawarkan perusahaan potensial dan banyak beredar meningkatkan fokus mereka pada daerah.

Kendala operasional

Beberapa kendala dalam mengoperasikan usaha manajemen investasi ini antara lain di antaranya:

  1. Laba kotor yang diperoleh terkait langsung dengan valuasi nilai pasar sehingga kejatuhan nilai pasar dari aset akan mengakibatkan penurunan drastis laba kotor relatif terhadap biaya.
  2. Sulitnya mempertahankan kinerja pengelolaan investasi sehingga mencapai nilai di atas rata-rata dan pelanggan biasanya menunjukkan sabarannya kurangnya saat ini kinerja investasi yang buruk.
  3. Sebuah gaji manajer investasi yang sukses sangat mahal dan memiliki kemungkinan dibajak oleh pesaing.
  4. Pencapaian kinerja investasi atas rata-rata tergantung pada keunikan dari keahlian manajer investasi, tetapi pelanggan tidak pernah mengabaikannya dan hanya cukup melihat keberhasilan perusahaan yang menyebabkan filosofi dan disiplin internal yang
  5. Analis yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan laba di atas rata-rata sering telah menetapkan kondisi keuangan sehingga mereka akan menolak tawaran pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mengelola portofolio sendiri.

Industri manajemen investasi

Kegiatan usaha manajemen investasi terdiri dari beragam bidang termasuk mempekerjakan manajer profesional investasi, penelitian, berfungsi agar dan perdagangan (kesepakatan), pemukiman, pemasaran, audit internal, dan menyiapkan laporan bagi nasabahnya.

Manajemen industri manajemen investasi melibatkan begitu banyak pihak yang menunjukkan bagaimana kebutuhan kompleks industri ini. Selain karyawan yang membawa pelanggan datang ke industri pemasaran, ada juga petugas kepatuhan (untuk memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan yang berlaku oleh perusahaan), auditor internal (untuk mengaudit sistem internal dan melaksanakan fungsi kontrol internal), keuangan (untuk mencatat transaksi keuangan), ahli komputer dan karyawan pendukung lainnya (untuk mencatat setiap transaksi dan keuangan penilaian ribu pelanggan korporat)

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Manajemen Investasi Beserta Portofolio Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀