Pengertian Manajemen Informatika

parta setiawan

Pengertian Manajemen Informatika

Pengertian Dasar Manajemen Informatika – Manajemen ialah Penggunaan Sumber Daya yang Efektif untuk dapat mencapai Sasaran.
Sedangkan Informatika dalam bahasa Inggris ialah Informatics yang merupakan suatu displin ilmu yang mempelajari mengenai transformasi fakta berlambang yakni data ataupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

Manajemen Sistem Imformatika

Manajemen Sistem Imformatika

Displin ilmu tersebut mencakup beberapa macam bidang, termasuk didalamnya ialah :

  • sistem informasi,
  • ilmu komputer,
  • ilmu informasi,
  • teknik komputer dan
  • aplikasi informasi

Secara umum informatika tersebut mempelajari struktur, sifat, dan juga interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan juga menyimpan hasil pemprosesan data, serta juga menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, namun masih banyak informasi yang tidak serta belum diproses dengan komputer.

Informatika tersebut mempunyai konsep dasar, teori, dan juga perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung serta berkaitan dengan aspek kognitif dan juga sosial, termasuk mengenai pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi didalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika , informatika medis , dan juga informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan ialah beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek :

  • Teori informasi yang mempelajari mengenai konsep matematis dari suatu informasi
  • ilmu informasi yang mempelajari mengenai cara pengumpulan, klafikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan juga penyebarluasan informasi untuk dapat keperluan social dan juga kemasyarakatan secara menyeluruh
  • ilmu komputer serta teknik komputer yang mempelajari mengenai pemrosesan, pengarsipan, dan juga penyebaran informasi dengan menggunkan teknologi informasi serta alat lain yang berbasis komputer.
  • Sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk dapat mengolah berbagai macam informasi yang ada.

didalam Manajemen Informatika juga terdapat suatu Pemograman yang artinya ialah proses menulis, menguji dan juga memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode tersebut ditulis dalam berbagai bahasa pemograman. Tujuan dari pemograman tersebut  ialah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau juga pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemogram. Untuk dapat melakukan pemograman tersebut, diperlukan keterampilsan dalam algoritma, logika, bahasa pemograman, dan juga dibanyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti misalkan matematika.

Pemograman ialah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemograman tertentu sehingga dapat menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemograman yang berbeda akan mendukung gaya pemograman yang berbeda juga. Gaya pemograman tersebut biasa dikenal dengan paradigma pemograman. Kata lain, pemograman ialah kerajinan persyaratan yang mengubah menjadi sesuatu yang dapat mengeksekusi sebuah komputer.

A.Bahasa Pemograman

Perbedaan dalam bahasa pemograman dapat menjadi penyebab perbedaan paradigma pemograman. Pilihan dalam bahasa pemograman dipengaruhi dengan banyak alasan, seperti kecocokan dengan kreteria program dan juga jenis aplikasi yang akan dibuat.
Beberapa bahasa pemograman ialah sebagai berikut :

  • Pascal
  • Basic
  • C atau C++
  • Cobol
  • Java
  • Fortran
  • Ada
  • Clipper

B.Pemograman Kompetitif

Pemograman ikalah bahan yang banyak digunakan diberbagai suatu kompetisi komputer di Indonesia ataupun dunia. Di tingkat SMA, contohnya ialah, pemograman yang diperbandigkan dalam Olimpiade Sains Nasional pada Setiap Tahunnya. 30 peraih medali pada Olimpiade Sains Nasional tersebut kemudian menjadi Tim Olimpiade Komputer Indonesia, dan juga menempuh Pelatihan Nasional yang menyeleksi empat orang wakil untuk dapat mengikuti Olimpiade Sains International bidang Informasi (International Olympiad in Informatics) yang diadakan pada setiap tahunnya.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Manajemen Informatika Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Pengertian Manajemen Informatika
Shares