Lingkungan Hidup
Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli – Makhluk hidup dan lingkungannya merupakan dua hal yang tidak terpisahkan serta saling membutuhkan. Hamparan samudera, sungai, danau, bukit, pegunungan, semuanya adalah bagian dari lingkungan alam. Lingkungan alam adalah salah satu bagian dari lingkungan hidup itu sendiri. Lingkungan hidup mencakup seluruh lingkungan alam ialah seperti lingkungan fisik, biologi, serta juga sosial. Itulah mengapa pengertian lingkungan hidup tersebut lebih luas daripada lingkungan alam.

Lingkungan Hidup
Lingkungan Hidup

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian lingkungan hidup yang dikemukakan oleh beberapa ahli.

  • JONNY PURBA
    Lingkungan hidup merupakan suatu wilayah yang merupakan tempat dari berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial diantara berbagai kelompok beserta juga pranatanya dengan simbol serta nilai.
  • SRI HAYATI
    Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan ruang dengan semua benda dan juga keadaan makhluk hidup. yang Termasuk di dalamnya adalah manusia serta juga perilakunya yang melangsungkan perikehidupan serta kesejahteraan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.
  • MUNAJAT DANUSAPUTRA
    Lingkungan hidup merupakan semua benda dan juga kondisi yang termasuk di dalamnya manusia dan juga aktifitasnya, yang terdapat didalam ruang yangmana manusia itu berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia serta jasad hidup lainnya.
  • EMIL SALIM
    Lingkungan hidup merupakan segala benda, kondisi, keadaan, serta juga pengaruh yang terdapat dalam suatu ruangan yang kita tempati serta juga mempengaruhi hal yang hidup termasuk didalam kehidupan manusia.

Lingkungan Hidup Menurut UU No. 32 Tahun 2009

Menurut Undang-Undang Lingkungan Hidup Nomor. 23 Thn 1997 Pasal 1 yang kemudian disempurnakan oleh Undang-Undang No. 32 Thn 2009, keduanya itu mendefinisikan mengenai pengertian lingkungan hidup ialah sebagai berikut:

“Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, serta juga makhluk hidup termasuk manusia dan juga perilakunya, yang mempengaruhi perikehidupan serta juga kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lain.”

Selanjutnya didalam UU No. 32 Tahun 2009, pengertian lingkungan hidup tersebut diperjelas lagi dengan pasal mengenai pengendalian lingkungan hidup ialah sebagai berikut:

“Pengedalian pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup tersebut dilaksanakan didalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup. Pengedalian pecemaran atau kerusakan lingkungan hidup tersebutterdiri dari 3 hal yakni :

pencegahan,penanggulangan serta juga pemulihan lingkungan hidup dengan menerapkan ialah berbagai instrument-instrument yaitu :

  1. Kajian lingkungan hidup straegis (KLHS)
  2. Tata ruang
  3. Baku mutu lingkungan hidup
  4. Kreteria baku mutu kerusakan lingkungan hidup
  5. Amdal
  6. UKL-UPL
  7. perizinan
  8. instrument ekonomi lingkungan hidup
  9. peraturan perundang-undangan berbasis lingkungan hidup
  10. anggaran berbasis lingkungan hidup
  11. Analisis resiko lingkungan hidup
  12. audit lingkungan hidup

instrument lain sesuai dengan kebutuhan atau juga perkembangan ilmu pengetahuan

Lingkungan hidup ialah sebagaimana yang disebutkan oleh undang-undang di atas adalah suatu sistem yang melingkupi lingkungan alam hayati ataupun non hayati yang kesemua komponen-komponen yang di dalamnya tersebut mempunyai pengaruh bagi kehidupan serta juga kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Manusia ialah sebagai bagian dari lingkungan hidup tersebut haruslah mempunyai  kesadaran untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan hidup tersebut bukan hanya malah merusaknya dikarenakan bagaimanapun juga kehidupan manusia tersebut sangat bergantung dengan alam. apabila manusia merusak alam, maka manusia sendirilah yang akan menerima akibatnya dari perbuatan tersebut.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂