Pengertian Lembaga Eksekutif Secara Umum Dan Contohnya

Aris Kurniawan

Eksekutif

Pengertian Lembaga Eksekutif Secara Umum Dan Contohnya– Eksekutif merupakan cabang pemerintahan yang mempunyai suatu kekuasaan dan tanggungjawab dalam nenerapkan hukum. Misalnya biasanya dalam suatu cabang eksekutif disebut ketua pemerintahan. Eksekutif bisa mengarah kepada adminitrasi, pada sistem presiden, atau sebagai perintah, didalam sistem parlementer.

Eksekutif (dari bahasa latin), execure yang mempunyai arti melaksanakan atau melaukan. Kekuasaan eksekutif umumnya dipegang oleh badan eksekutif. Di negara demookratis, badan eksekutif umunya dari kepala negara seperti raja atau presiden. Badan eksekutif dalam arti yang luas juga mencakup dari pergawai negri sipil serta militer.

eksekutif

Pada sistem presidensial mentri-mentri adalah pembatu presiden serta dipilih oleh presiden pula, sedangkan pada sistem parlemen para mentri dipimpin oleh seseorang perdana mentri.

Tipe Lembaga eksekutif terbagi menjadi dua, yakni:

  • Hareditary Monarch yaitu pemerintahan yang kepalanegaranya dipilih dengan berdasarkan keturunan. Sebagai contoh yakni
  • Inggris dengan cara pemilihannya kepala negara dari keluarga kerajaan.
  • Elected Monarch merupakan kepala negara umumnya predident yang dipilih oleh badan legislatif ataupun lembaga pemilihan.

Sistem Lembaga Eksekutif terbagi menjadi dua:

  • Sistem Pemeritahan Parlemen. Kepala negara serta kepala pemerintahan terpisah. Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana mentri, dan kepala negara dipimpin oleh presiden. Namun kepala negara disini hanya memiliki fungsi sebagai simbol dalam negara yang berdalulat.
  • Sistem pemeritahan presidensial. Kepala pemerintahan serta kepala negara, keduanya di pegang oleh presiden.

Contoh Badan Eksekutif

  • Sistem Parlementer dengan Parliamentary Executive

Sistem parlementer merupakan suatu sistem pemerintahan yang parlemennya mempunyai peranan penting dalam pererintahan.

Contoh: Inggris

Kekuasaan seorang Raja bersifat simbolis. Kekuasaan yang sebenarnya ada pada tangan perdana mentri yang memimpin para mentri.

Masa hidup sebuah kabinet bergantung terhadap dukungan dalam badan legislatif.

Dua partai politik yang sangat dominan, yakni partai buruh dan partai konservatif, sehingga partai yang menang pada seuatu pemilihan bisa mengharapkan dukungan mayoritas dalam parlemen, sedangkan pada partai opoissi hanya ada satu yang lebih menonjol

  • Sistem Presidensial dengan Fixed Executive atau Non-Parliamentary Executive

Contoh: Amerika Serikat

Badan eksekutif terdiri dari presiden dan mentri-mentrinya yang merupakan pembantu presiden. Presiden dinamakan Chief Executive
Masa jabatan yakni 4 tahun, dapat diperpanjang delapan tahuan jika dipilih kembali.

Sistem pemerintahan

  • Sistem presidensial
  • Sistem parlementer
  • Sistem semipresidensial

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Lembaga Eksekutif Secara Umum Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Lembaga Eksekutif Secara Umum Dan Contohnya
Shares