Pengertian, Klasifikasi dan 4 Fungsi Karbohidrat Beserta Sumbernya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, Klasifikasi dan 4 Fungsi Karbohidrat Beserta Sumbernya Secara Lengkap – Jenis makanan yang mengandung karbohidrat sering kali kita makan sehari-hari, yaitu antara lain nasi, yang jadi makanan pokok sehari-hari. Untuk kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang karbohidrat secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

karbohidrat

Pengertian Karbohidrat

Kata Karbohidrat atau yang sering disebut dengan hidrat arang yaitu suatu zat penghasil suatu kalori dengan angka kalori 4. Karbohidrat yaitu suatu zat makanan yang mengandung sebuah unsur C (Karbon), H (Hidrogen), dan O (Oksigen).
Karbohidrat dipecah menjadi suatu molekul gula yang sangat sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa pada sebuah sistem pencernaan. Molekul gula inilah yang diserap oleh tubuh. Kelebihan karbohidrat akan disimpan di dalam suatu organ hati atau otot dalam membentuk sebuah glikogen dan di daerah perut, sekeliling ginjal, atau di bawah kulit dalam bentuk lemak.
Makanan yang sebagai sumber energi karbohidrat yakni antara lain nasi, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, roti, dan ubi-ubian.

Klasifikasi Kaarbohidrat

1. Monosakarida atau Monosakrosa

Monosakarida berasal dari bahasa Yunani yakni mono = satu dan sakchron = gula. Monosakarida juga bisa disebut dengan gula sederhana, Monosakarida ini senyawa yang memiliki suatu gugus aldehid atau keton bebas. Monosakarida yaitu gula sederhana dan tidak bisa dihidrolisis. Rumus umumnya yaitu Cn (H2O) n atau CnH2nOn. Monosakarida dibagi menjadi yakni tirosa, tertrosa, pentosa, heksosa, heptosa dll, dan juga sebagai aldosa atau ketosa tergantung pada apakah mengandung aldehida atau gugus keton.

Contoh : monosakarida ialah Fruktosa, Erithrulosa, ribulosa.

2. Oligosakarida atau Oligosakarosa

Kata Oligosakarida ini berasal dari bahasa Yunani, yakni Oligo yang artinya sedikit. Oligosakarida yaitu gula senyawa yang menghasilkan 2 sampai dengan 10 molekul monosakarida yang sama atau berbeda pada suatu hidrolisis. Oligosakarida menghasilkan 2 molekul monosakarida pada hidrolisis yang dikenal sebagai disakarida, dan yang menghasilkan 3 atau 4 monosakarida masing-masing yang dikenal dengan trisakarida dan tetrasakarida dan sebagainya. Rumus umum disakarida yaitu Cn(H2O) n–1 dan trisakarida ialah Cn(H2O) n-2 dan seterusnya.

Contoh disakarida ialah sukrosa, laktosa, maltosa dll

3. Polisakarida atau Polisakarosa

Kata Polisakarida ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu poly yang artinya banyak.
Polisakarida yaitu suatu gula kompleks dan menghasilkan lebih dari 10 molekul monosakarida pada hidrolisis. dan dibagi tergantung pada sebuah jenis molekul yang diproduksi sebagai hasil hidrolisis. monosakarida dari jenis yang sama atau heteropolisakarida yakni, suatu monosakarida dari berbagai jenis. Rumus umum (C6H10O5) x.

Contoh homopolisakarida ialah pati, glikogen, selulosa, pektin.

Baca juga artikel terkait dari yang lainnya :

Fungsi Karbohidrat

1. Untuk sumber Energi utama tubuh
Karbohidrat ialah untuk sumber energi utama tubuh dan mempunyai Fungsi yang utama yang mempunyai peran sebagai pasokan energi tubuh, setiap gram Karbohidrat mengandung 4 kalori.

2. Cadangan Energi dalam otot dan hati
Fungsi nya yiatu untuk keberadaan karbohidrat didalam tubuh manusia, sebagian terdapat dalam darah sebagai glukosa untuk sebuah energi tubuh, karbohidrat terdapat pada Hati dan jaringan otot yang diubah menjadi sebuah Glikogen, dan sebagian kabohidrat Diubah menjadi lemak dan disimpan didalam sebuah jaringan otot yang berfungsi sebagai cadangan energi tubuh.

3. Untuk memperlancar pencernaan
Karbohidrat juga berfungsi untuk memperlancar peristaltik usus dan untuk memudahkan pembuangan feses, dan karbohidrat yang tidak bisa dicerna seperti serat bisa membuat rasa kenyang.

4. Sebagai pemanis alami
Karbohidrat berfungsi sebagai pemberi rasa manis alami pada suatu makanan khususnya Disakarida dan jenis karbohidrat Monosakarida

Sumber Karbohidrat

Sumber-sumber karbohidrat banyak sekali kita temui yaitu antara lain :

  • Pada biji-bijian, yaitu : Beras, jagung, gandum dan lain sebagainya.
  • Pada Buah-buahan: Pisang dan semua jenis buah yang rasanya manis.
  • Pada Akar/umbi-umbian yaitu antara lain : Ubi jalar, Ubi kayu, Keladi, Kentang dan lain sebagainya
  • Pada Daun-daunan : Sayur-sayuran yang berwarna Hijau.

Karbohidrat mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Klasifikasi dan 4 Fungsi Karbohidrat Beserta Sumbernya Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.