Pengertian Keterampilan Berbicara Beserta Bentuk, Landasan, Sasaran Dan Contohnya

Aris Kurniawan

Keterampilan Berbicara

Pengertian Keterampilan Berbicara Beserta Bentuk, Landasan, Sasaran Dan Contohnya– Retorika atau keterampilan berbicara merupakan suatu seni berbicara yang dipunya seseorang. Seni bericara tersebut dipunya seseorang dengan alami atau juga dengan memakai latihan secara khusus.

Keterampilan berbicara tersebut adalah seni tentang berbicara yang merupakan sarana komunikasi dengan bahasa lisan yakni proses dalam meyampaikan pikiran, gagasan, ide dengan maksud tujuan melaporkan, meyakinkan atau menghibur orang lain.

keterampilan-berbicara

Dalam proses penyampaian gagasan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

  • pembicara
  • lambang (bahasa lisan)
  • lawan bicara (penyimak)
  • maksud, pesan, ide atau gagasan

Bentuk Keterampilan berbicara

  • Monologikas

Monologika merupakan suatu ilmu tentang seni berbicara dengan monolog, dimana hanya ada seorang yang berbicara. Bentuk dari monologika yang sangat penting adalah proses dalam menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain di depan umum, sebagai contoh berpidato

  • Dialogika

Dialogika merupakan suatu ilmu tentang seni berbicara denganc cara dialog, dimana duo orang atau lebih, mengambil atau bebicara dalam suatu proses pembicaraan. Bentuk dialogika yang sangat penting ialah diskusi, berunding, tanya jawab, debat dan percakapan.

  • Prinsip umum dalam berbicara

Pada kegiatan berbicara tentu ada hal yang mendasari di dalamnya, ada beberapa prinsip pokok, antara pembentukan paling sedikit yaitu dua orang, memakai bahasa yang dipahami bersama, menerima atau mengakui daerah referensi umum, adalah proses tukar pikiran antarpartisipan, penyampaian gagasan dengan tujuan melaporkan, meyakinkan dan menghibur seseorang.

Landasan Keterampilan Berbicara

  • Situasi

Kegiatan berbicara bisa terjadi dalam situasi, suasana, kondisi serta lingkungan tertentu. Situasi yang dimaksud ialah berbicara formal (resmi) atau informal (tidak resmi).

  • Tujuan

Tujuan dari meyampaikan suatu ide atau gagasan dalam keterampilan berbicara ialah untuk mendapatkan tanggapan atau respon dari lawan bicara. Tujuan dari penyampian ide adalam menghibur, melaporkan dan meyakinkan seseorang.

  • Metode Penyampaian

Ada empat metode atau cara penyampain yang bisa dilakukan seseorang saat waktu berbicara, yakni penyampaian berdasarkan naskah atau skrip penyampaian dengan berdasarkan catatan kecil, penyampaian gagasan dengan berdasarkan hafalan memoriter, penyampaian gagasan secara mendadak serta merta impromtu.

  • Penyimak

Pembicara yang baik pasti akan besifat komunikatif terhadap lawan bicara. Dalam penyampaian ide atau gagasan pembicara perlu memperhatikan siapa penyimak dari pembicara tersebut, agar materi yang sudah disampaikan bisa diterima dengan berimbang.

Sarana dalam berbicara

Ada dua sarana yang bisa dipakai dalam keterampilan berbicara untuk efektivitas komunikasi retoris, yakni :

  1. Mendengar merupakan sikap yang sangat penting dalam proses diskusi dan dialog. Pada setiap peserta dalam diskusi selalu berganti peranan antara berbicara dan mendengar.
  2. Cara atau taitik Retoris dalam uraian ini akan dijelaskan dengan sejumlah taktik yang bisa membantu dalam mencapai sasaran dan tujuan dengan efektif dalam proses komunikasi retoris.
  • Taktik Afirmasi

Taktik “Ya”

Dalam taktik ini, pertanyaan dirumuskan dengan sedemikian tupa agar lawan bicara hanya bisa menjawab: ‘Ya’, serta perlahan-lahan akan menuntunnya pada kesimpilan akhir yang mengejutkan atau jelas, yang harus diterima tanpa ada syarat.

  • Taktik Ofensif

Taktik Antisipasi

Sementara lawan bicara sedang menyampaikan pendapat, kita sudah melakukan antisipasi kelemahan, setelah itu kita langsung menjatuhkan pendapatnya dengan mengemukakan argumentasi kontra.

  • Taktik Negasi

Taktik “tidak”

Taktik ini menyangkal pendapat lawan bicara secara langsung, karena menuntut penjelasan yang tuntas.

Baca juga artikel lainnya>>

Demikian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Keterampilan Berbicara Beserta Bentuk, Landasan, Sasaran Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Keterampilan Berbicara Beserta Bentuk, Landasan, Sasaran Dan Contohnya
Shares