Pengertian kas
Pengertian kas

Pengertian Kas Berserta Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Kas Minimal

Posted on

Pengertian Kas

Pengertian Kas Berserta Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Kas Minimal– Kas adalah aktiva yang paling likuid, berarti bahwa semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh suatu perusahaan, akan semakin tinggi pula tingkat likuditasnya.

Namun, sebuah perusahaan yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi karena adanya kas dalam jumlah yang besar, berarti tingkat perputaran kas tersebut rendah dan mencerminkan adanay over investment di dalam suatu kas, itu berarti bahwa perusahaan kurang efektif dalam menelola kas.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Kas Minimal

Seperti halnya sebuah barang dagangan dan piutang, maka kas juga diperlukan dalam persediaan mnimal (safety cash balance) atau persediaan besi kas. Persediaan besi kas adalah jumlah minimal dari kas yang harus terus dipertahankan oleh perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan suatu perusahaan dalam kewajiban finansialnya. Persediaan kas nimimal ini berbeda-beda antara suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Hal itu bergantung terhadap beberapa faktor diwah ini:

  • Pertimbangan Antara Aliran Kas Masuk Dan Aliran Kas Keluar

Petimbangan yang baik mengenai waktu dan jumlah antara kas masuk dan kas yang keluar mengakibatkan perusahaa tidak perlu memiliki ketersediaan kas yang lumayan besar, sebab setiap pengeluaran kas akan bisa dipenuhi dari penerimaan kas.

Pengertian kas
Proyeksi arus kas
  • Penyimpangan Tehadap Aliran Kas yang Diperkirakan

Untuk menjaga likuiditas, perusahaan perlu juga untuk menjaga atau membuat perkiraan perkiraan kas. Jika aliran kas berjalan sesuai dengan perkiraannya, maka perusahaan tidak perlu mengalami kesulitan likuiditas sehingga perusahaa tidak perlu lagi untuk menediakan kas yang besar. Lebih baik, bila sering terjadi penyimpangan dari perkiraan, maka perusahaan tersebut perlu menyediakan persediaan kas yang luayan besar. Penyimpangan yang dapat merugikan aliran kas, Misal, jika ada pemogokan tenaga berja,kredit macet, banjir, dll.

  • Adanya Hubungan yang Baik Dengan Bank

Perusahaan yang sudah berhasil dalam membina hubungan baik dengan bank maka akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mendapatkan kredit untuk menghadapi kesukaran finansial. Bagi perusahaan ini tidak perlu mempunyai persediaan kas yang besar.

Budget Kas

Budget kas adalah perkiraan posisikas pada suatu periode tertentu yang akan datang. Dengan melakukan penyusunan budget kas, maka akan dapat dilihat kapan perusahaan akan mengalami keadaan defisit kas atau surplus kas sehingga perusahaan dapat merencanakan penentuan sumber dana yang akan diperlukan untuk dapat menutupi defisit tersebut sehingga perusahaan dapat mencegah terjadinya kerugian.

loading...

Dan sebaliknya, jika sebelumnya sudah diketahui oleh perusahaan jika akan terjadi surplus kas yang besar, maka jauh sebelumnya dapat direncanakan oleh perusahaan dalam penggunaan kelebihan dana tersebut secara efisien.

Pada dasarnay budget dibedakan menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Perkiraan penerimaan kas
  2. Perkiraan pengeluaran kas

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kas Berserta Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Kas Minimal Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀