Pengertian Kapitalisme
Pengertian Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme Terlengkap

Posted on

Pengertian Kapitalisme

Pengertian Kapitalisme Terlengkap – Kapitalisme ialah sebuah sistem ekonomi yang menginginkan kendali ekonomi yang berada di tangan masing-masing rumah tangga dan juga berbagai bisnis pribadi (World Book Encyclopedia).

Pengertian Kapitalisme
Pengertian Kapitalisme

Kapitalisme atau Kapital ialah sistem ekonomi di mana terdapat perdagangan, industri dan juga alat-alat produksi yang dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan untuk membuat keuntungan dalam ekonomi pasar

Pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pada pasar yang mengacu pada keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk mendapatkan kepentingan-kepentingan pribadi.

Walaupun seperti itu , kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi yang universal dan yang bisa diterima secara luas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme ialah sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku pada Eropa pada abad ke-16 sampai lke abad ke-19, yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa dimana sekelompok individu ataupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki ataupun dapat melakukan perdagangan benda milik pribadi, terutama bagi barang modal, seperti tanah dan juga manusia guna proses pada perubahan dari barang modal ke barang jadi. Untuk mendapatkan modal-modal tersebut , maka  para kapitalis harus mendapatkan bahan mentah dan juga mesin dahulu, baru kemudian buruh sebagai operator mesin serta untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan mentah tersebut.

Karl Marx sering di kaitan dalam artian modern dalam Istilah kapitalisme,. Dalam buku yang berjudul magnum opus Das Kapital, Karl Marx menulis tentang “cara produksi kapitalis” dengan menggunakan metode dab pemahaman yang sekarang disebut sebagai Marxisme.

Kapitalisme secara etimologis menuju pada kata  “capitale” atau “capital”  yang bahasa katanya berasal dari bahasa Latin caput yang berarti “kepala”.  

Kapitalisme Menurut Para Ahli

  1. Bottomore mengemukakan bahwa, kapitalisme ialah sebuah istilah yang mengacu kepada sebuah cara produksi dimana terdapat modal (kapital) dan juga bermacam bentuknya yang merupakan suatu alat utama dalam produksi.
  2. Max Weber menganggap bahwa kapitalisme ialah sebagai suatu kegiatan ekonomi yang dituju pada suatu pasar dan juga yang dipacu untuk dapat menghasilkan laba dengan adanya pada pertukaran pasar.

Ideologi Kapitalisme

Kapitalisme ialah sebagai ideologi yang dapat diartikan sebagai sistem pemikiran dan juga keyakinan yang dipakai oleh kelas dominan untuk dapat menjelaskan pada diri mereka sendiri bahwa bagaimana sistem sosial mereka beroperasi dan juga apa prinsip-prinsip yang akan diajukannya, ideologi ini melihat pada pencarian laba (kapital) sebagai fokus utama kegiatannya.

Adam Smith, yang disebut sebagai bapak kapitalisme, pertama kali menguraikan konsep kapitalisme di dalam bukunya yang berjudul The Wealth of Nations, yang diterbitkan di tahun 1776. Smith yakin bahwa perekonomian akan paling baik ialah yang diatur oleh tangan persaingan (competition) yang tak terlihat, yaitu pertempuran di antara dunia usaha untuk mendapatkan suatu pengakuan konsumen.

Smith juga berpendapat bahwa persaingan di antara perusahaan akan dapat mengarah pada pengakuan konsumen terhadap produk dan juga harga yang terbaik, sebab produsen yang kurang efisien secara bertahap akan terlempar keluar dari pusat persaingan.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Kapitalisme Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂