Pengertian Kalimat Persuasif Serta Ciri Dan Contohnya Lengkap

samhis setiawan

GuruPendidikan.Com – Untuk kesempatan kali akan mencoba untuk mengulas mengenai “apa sih kalimat persuasif itu..?? tentunya bagi anda mungkin tidak asing lagi dengan kalimat persuasi bukan..??? ya tentu karena sebelumnya kalimat persuasif pernah kalian pelajari sewakru kalian masih duduk dikelas 3 SMP kalau dalam hal demikian ini tidak salah.

Pengertian Kalimat Persuasif Serta Ciri Dan Contohnya Lengkap

Nah apa salah apabila kita untuk mengingatkan kembali mengenai kalimat persuasif, untuk lebih jelasnya simak urian dibawah ini.

Pengertian Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif dalam hal ini bersifat membujuk, mungkin kalian bertanya-tanya apa sih pengertian dari kalimat persuasif…?? Kalimat persuasif ialah kalimat yang dalam hal ini bertujuan untuk meyakinkan serta membujuk orang lain supaya mau mengikuti atau membeli produk yang diiklankan. Mengapa kalimat persuasive bersifat membujuk…?? Karena biasanya kalimat persuasif terdapat dalam produk periklanan supaya dapat lebih membujuk orang lain untuk membeli produk yang iklankan, kalimat-kalimat yang terdapat juga harus menarik dan mengikuti perkembangan zaman.

Untuk hal ini kalimat persuasif juga hamper sama dengan slogan, namun bila slogan hanya terdiri dari 4 hingga 5 kata-kata yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Dala hal ini beda halnya dengan kalimat persuasive yang bebas terdiri dari berapa suku kata tetapi tidak menghilangkan unsur menarik mengajak dan mengikuti perkembangan zamannya.

Kalimat persuasif juga dapat berbentuk paragraf, paragraf persuasif ialah bentuk karangan atau paragraf yang memiliki tujuan untuk menyakinkan orang lain baik pendengar maupun pembacanya untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis dengan cara memberikan alas an dan prospek yang baik.

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif

Untuk hal ini suatu kalimat dapat dikatakan kalimat persuasif apabila memiliki beberapa cirri-ciri sebagai berikut yang antaranya yaitu:

  • Kalimat persuasif bersifat ajakan.
  • Karena hamper sama dengan kalimat perintah, kalimat persuasi menggunakan tanda seru.
  • Kalimat persuasi biasa digunakan dalam bahasa-bahasa iklan, slogan, himbauan dan lain-lain.
  • Kalimat persuasi sering menggunakan kata-kata persuasif, diantaranya ialah ayo, marilah, dan lain-lain.
  • Kalimat persuasif ditulis dengan sangat menarik, bahkan diberi rima yang sehingga orang-orang yang membacanya pun akan selalu mengingatnya.

Contoh Kalimat Persuasif

Ada beberapa contoh kalimat persuasif, perhatikan kalimat berikut ini:

  • Buang sampah pada tempatnya!
  • Olahragalah sampah pada tempatnya!
  • Olahraga yang teratur!
  • Ayo berolahraga dengan teratur!

Kalimat nomor 2 dan 4 merupakan kalimat persuasif karena bersifat ajakan dan bukan hanya menyuruh secara langsung seperti pada kaoimat nomor 1 dan 3, sedangkan kalimat nomor 1 dan 3 disebut juga dengan kalimat perintah.

Supaya pembaca mengikuti apa yang disampaikan di dakam kalimat tersebut, biasanya kalimat persuasif diikuti dengan kalimat-kalimat pendukung yang kuat, sehingga pembaca atau pendengar mun akan merasa yakin dan melakukannya. Dan kalimat persuasif dan kalimat-kalimat penjelas tersebut akan membentuk suatu paragraf yang disebut dengan paragraf persuasif.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Kalimat Persuasif Serta Ciri Dan Contohnya Lengkap semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Pengertian Kalimat Persuasif Serta Ciri Dan Contohnya Lengkap
Shares