Pengertian, Jenis-Jenis Batuan Sedimen Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Jenis-Jenis Batuan Sedimen Beserta Contohnya Lengkap – Selamat datang untuk para pembaca setia gurupendidikan.com. Pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang batuan malihan (metamorf) dan untuk kesempatan kali ini akan membahas tentang batuan sedimen. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

batuan-sedimen

Pengertian Batuan Sedimen

Batuan sedimen merupakan sebuah batuan yang terbentuk karena adanya suatu proses pembatuan atau litifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian terbawa dan diendapkan.

Batuan sedimen ini terbentuk dari batuan beku atau zat padat yang mengalami suatu erosi di tempat tertentu kemudian mengendap dan menjadi keras. Batuan sedimen ini biasanya berlapis-lapis secara mendatar.

Jenis-Jenis Batuan Sedimen

1. Batuan Sedimen Klastis

Batuan sedimen klastikmeruapakan salah satu jenis batuan yang terbentuk di alam melalui suatu proses pengendapan dari material-material yang bervariasi, mulai dari ukuran lempung sampai dengan bongkah batuan.

Batuan sedimen klastis ini terbentuk karena suatu pelapukan atau erosi pada pecahan batuan atau mineral, sehingga batuan menjadi hancur atau pecah dan lalu mengendap di tempat tertentu dan menjadi keras. Susunan kimia dan warna batuan ini biasanya sama dengan batuan asalnya.

loading...

Contohnya : batuan sedimen klastis antara lain yaitu batu konglomerat, batu breksi, dan batu pasir.

2. Batuan Sedimen Kimiawi

Batuan sedimen kimiawi adalah batuan yang terbentuk karena adanya pengendapan melalui suatu proses kimia pada mineral-mineral tertentu. Misalnya, pada batu kapur yang larut oleh air kemudian mengendap dan membentuk sebuah stalaktit dan stalagmit di gua kapur.

Contohnya : batuan sedimen kimiawi lainnya yaitu batuan anhidrit dan batu garam.

3. Batuan Sedimen Organik

Batuan sedimen organik atau batuan sedimen biogenik merupakan batuan yang terbentuk karena adanya sisa-sisa makhluk hidup yang mengalami pengendapan di tempat tertentu.

Contohnya : pada batu karang yang terbentuk dari terumbu karang yang mati dan fosfat yang terbentuk dari kotoran kelelawar serta batu gamping.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Jenis-Jenis Batuan Sedimen Beserta Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :