Pengertian, Jenis Dan Bentuk Badan Usaha Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Badan Usaha

Pengertian, Jenis Dan Bentuk Badan Usaha Beserta Contohnya– Kali ini kita akan membahas tentang Badan Usaha yang mungkin ada beberapa dari kita yang belum tahu tentang badan usaha dan apa saja jenis-jenis badan usaha itu.

Badan usaha merupakan suatu kesatuan yang yuridis atau hukum, ekonomis, serta teknis dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Dan perusahaan juga sering kali disamakan dengan  badan usaha, meskipun pada dasarnya berbeda. Yang paling utama perbedaanya ialah badan usaha merupakan lembaga sementara perusahaan dengan arti tempat dimana Badan Usaha tiu mengelola faktor dari produksi.

Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia

  • Koperasi

Koperasi merupakan suatu badan usaha yang memiliki landasan dengan asas-asas keluargaan.

  • BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan suatu badan usaha yang mempiliki modal dari semua atau sebagian yang dimiliki oleh Pemerintah. Dengan setatus karyawan badan usaha itu adalah karyawan BUMN namun tidak pegawai negri. BUMN itu dendiri saat ini mempunyai 3 macam, yakni, Perum Persero, serta Perjan.

Pengertian Badan Usaha Dan Jenisnya

  • Perjan

Perjan merupakan badan usaha milik negara dengan keseluruhan modalnya dipunyai oleh pemerintah. Perjan tersebut perorientasi pelayanan terhadap masyarakat, sehingga sering merugi. Saat ini sudah tidak ada perusahaan dari BUMN yang memakai model perjan sebab besarnya biaya sebagai pemelihara perjan-perjan itu sesuai dengan UU Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN. Sebagai contoh perjan yakni PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) dan sekarang sudah diganti menjadi PT.KAI.

  • Perum

Perum merupakan perjan yang telah diubah. Dengan tujuan tidak lagi berorientasi pelayanan namun sudah profit oriented. Sama dengan Perjan, perum dijalankan oleh negara dengan status pegawainya sebagai Peagwai Negeri. Tetapi perusahaan masih merugi walaupun status Perjan telah dilakukan peruahan menjadi Perum, sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian sahamnya (Perum) kepada publik dan statusnya diganti menjadi persero.

  • Persero

Perseroan merupakan Badan Usaha yang dikelola oleh Daerah atau Negara. Badan dengan Perum atau Perjan, dengan tujuan didirikannya Persero yang pertama ialah dengan mencari keuntunfan serta memberi pelayanan terhadap masyarakat umu. Modal pendirinya berasal seluruh atau sebagian dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Persero pemimpinnya ialah direksi. Sedangkan pegawainya mempunyai status dengan pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT < nama perusahaan > (Persero).

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian, Jenis Dan Bentuk Badan Usaha Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀