Pengertian, Jenis Dan 5 Fungsi Pegadaian Beserta Tujuannya Secara Lengkap

bitar

Pengertian, Jenis Dan 5 Fungsi Pegadaian Beserta Tujuannya Secara Lengkap – Pernahkah anda menggadai barang ditempat pegadaian ?? Rata-rata kemungkinkan sudah pernah menggadai barang nya di tempat pegadaian. tapi apakah anda tahu tentang pengertin, jenis, dan fungsi pegadaian beserta tujuannya. Kalo anda belum mengetahuinya, tapi tenang disini akan mengulas lengkap tentang pegadaian. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pegadaian

Pengertian Pegadaian

Pengadaian adalah sebuah lembaga keuangan tetapi bukan bank yang memberikan kredit kepada masyarakat dengan sebuah cara khusus yaitu hukum gadai . Menurut hukum gadai, calon peminjam mempunyai kewajiban untuk menyerahkan harta yang dipunyai nya sebagai jaminan kepada pihak pegadaian. Dalam hukum tersebut juga memuat suatu pembelian hak kepada pegadaian untuk melakukan penjualan atau lelang atas jaminan tersebut jika batas waktu tempo pinjaman yang ditentukan telah habis & peminjam belum juga menebus jaminannya.

Jenis-Jenis Pegadaian

1. Pegadaian konvensional
Jenis pegadaian ini merupakan suatu lembaga pemerintah yang memberikan uang pinjaman terhadap nasabah atas dasar hukum gadai. Pegadaian konvensional ini sudah tersebar ke semua pedesaan. Namun jenis pegadaian ini masih menggunakan sebuah sistem pencatatan manual, dengan menggunakan sistem bunga dan tarif jasa simpannya yang cukup besar.

2. Pegadaian Syariah
Jenis pegadaian ini adalah sebuah lembaga keuangan / devisi dari bentuk pegadaian dengan memberikan uang pinjaman sesuai dengan sebuah prinsip-prinsip syariat Islam. Banyak sekali keuntungan pada pegadaian syariah ini, yaitu antara lain : menggunakan sebuah sistem bagi hasil yang sesuai syariat dan prinsip-prinsip islam, tarif jasa simpan uang tidak terlalu besar, dan pada biaya administrasinya sangat kecil. Tapi, pegadaian syariah ini dalam pencatatan  yang masih manual.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

Fungsi Pegadaian

  • Sebagai pengelola penyaluran dana pinjaman yang berdasarkan atas dasar hukum gadai dengan cara yang mudah, cepat dan aman.
  • Untuk mengelola semua bentuk keuangan, kepegawaian, perlengkapan, pendidikan dan, pelatihan.
  • Untuk menciptakan & mengembangkan suatu usaha-usaha yang menguntungkan bagi pegadaian itu sendiri dan masyarakat pada umumnya.
  • Untuk mengelola sebuah organisasi dan tata cara dalam pelaksanaan pegadaian.
  • Untuk pengembangan dan pengawasan dalam sebuah pengelolaan pegadaian.

Tujuan Pegadaian

  • Untuk melaksanakan dan menunjang sebuah kebijaksanaan dan program pemerintah dibidang ekonomi dan dibidang pembangunan nasional yang melalui penyaluran pinjaman atas dasar hukum gadai
  • Untuk mencegah timbulnya praktik ijon, pegadaian gelap, riba, dan pinjaman tidak wajar lain sebagainya.
  • Agar menyediakan dana dengan cara yang sederhana pada masyarakat luas, terutama bagi kalangan menengah bawah, untuk konsumsi dan produksi.

Pegadaian banyak sekali manfaat bagi masyarakat, terutama bagi kalangan masyarakat menengah bawah.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Jenis Dan 5 Fungsi Pegadaian Beserta Tujuannya Secara LengkapSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih 🙂

Most popular articles related to Pengertian, Jenis Dan 5 Fungsi Pegadaian Beserta Tujuannya Secara Lengkap
Shares