Pengertian Internet Dan Intranet Menurut Para Ahli [ Secara Lengkap ]

Posted on

GuruPendidikan.Com – Pastinya sebagian orang belum banyak yang mengetahui mengenai pengertian internet dan intranet itu apa !!! sebagian hanya mengetahui menggunakannya saja tapi tidak mengetahui apa yang namanya pengertian internet, mungkin apabila ditanya apa itu internet pastinya menjawab “ cara membuat media social ( facebook ). Nah disini akan mengulas pengertian internet dan intranet yang perlu diketahui.

pengertian internet dan intranet

Pengertian Internet Dan Intranet Menurut Para Ahli [ Secara Lengkap ]

Pengertian Internet

Secara umun internet ialah sebuah jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu system. Sedangakan internet secara khusus ialah suatu jaringan komputer yang terbesar didunia karena dapat menghubungkan seluruh jaringan computer yang ada di seluruh penjuru dunia ini. Dan sedangkan untuk jaringan ialah cara untuk dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga setiap komputer yang ada didalamnya dapat saling berhubungan.

Berbagai Komponen Penyusun Internet

  • www ( world wide web )
    www ialah system server internet yang mendukung aplikasi hypertext untuk mengakses beberpa protocol internet antar muka. Hamper semua protocol yang ada di internet dapat diakses melalui web termasuk seperti Email, Telnet, FTP dan Usenet News.
  • Email
    Email atau surat elektronik merupakan layanan yang dapat memudahkan atau membantu dalam pengiriman pesan atau berkas melalui email dapat diterima dalam waktu hitungan detik saja.
  • Telnet
    Merupakan suatu program untuk login ke computer lain internet sehingga bisa mengakses database online seperti katalog perpustakaan, layanan chatting dan masih banyak lagi. Untul telnet ini ke komputer lain yang perlu untuk diketahui alamat komputer tersebut, untuk alamat tersebut berupa kata seperti mail, uns, ac, id atau bisa berupa angka seperti 202.158.48.243
  • FTP ( File Transfer Protokol )
    Merupakan metode yang dapat digunakan untuk mentranfer file dari satu komputer k kekomputer yang lain di internet. Situs FTP ini berisi buku ( e-book ), artikel softwer, game, gambar dan semua file yang ada dikomputer dapat ditranfer melalui FTP.
  • Usnet News
    Merupakan system diskusi yang dimana jutaan computer saling bertukar informasi dalam banyak topic. Perbedaan utama antara usnet news dan mailing list ialah bahwa usenet messege yang disimpan di computer pusat “ server ” dan user harus terhubung ke computer tersebut untuk dapat membaca atau mendowload pesan dikirim ke mailbox tiap-tiap anggota.
  • Mailing List
    Salah satu keuntungan yang bisa diambil dari internet ialah kesempatan saling berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan email. Internet ini ialah tempat yang sangat luas bagi komunitas diskusi dengan topic tertentu didistribusikan lewat email. Suatu wadah untuk mengumpulkan email-email dalam komunitas tertentu ialah dengan cara maling list ini.
  • Teknologi Transmisi
    Jaringan broadcast : memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan.
    Jaringan point-to-point : terdiri dari beberapa hubungan pasangan individu dari mesin-mesin.

Ada Beberapa Bentuk Dan Ukuran Jaringan Komputer

  • LAN ( Lokal Area Network )
    Suatu jaringan yang mempunyai satu jaringan local yang berada dalam satu lokasi fisik yang sama yang dapat menghubungkan computer dengan computer yang lainnya dengan menggunakan kabel yang terhubung ke perangkat yang digunakan bersama. Pada jaringan ini memungkinkan pemakai dapat menggunakan printer dan alat penyimpanan secara bersamaan, menggunakan program dan saling berkirim pesan atau email kesatu atau lebih pengguna komputer dalam kantor kecil yang sama.
  • MAN ( Metropolitan Area Network )
    Ini adalah versi Lan yang berukuran lebih besar dan mencakup seperti kantor-kantor dalam perusahaan yang berdekatan atau sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.
  • WAN ( Wide Area Network )
    Pada jaringan computer yang satu ini dapat mencakup geografis yang sangat luas, seringkali mencakup sebuah Negara atau sebuah benua.

Manfaat Internet

Secara umum banyak manfaat yang dapat diperoleh bila seorang memiliki akses ke internet. Berikut ini bagian dari apa yang telah tersedia di internet antara lain :

  • Informasi untuk kehidupan pribadi
    Yang diantaranya Kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, dan social
  • Informasi untuk kehidupan professional/pekerja
    Yang diantaranya seperti sains, teknologi, perdagangan, saham, komiditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis dan berbagai forum komunikasi.

Pengertian Intranet

Intranet ialah sebuah jaringan informasi internal di suatu perusahaan atau di sebuah organisasi yang pada prinsip kerjanya sama seperti internet. Intranet ini dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi atau perusahaan. Untuk akses intranet memerlukan indentifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahan itu saja. Intranet biasanya digunakan untuk membagi sebuah kalender atau jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dab protocol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membantu membangun sebuah intranet.
Berbagai Komponen Pembentuk Internet

Baca juga :

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk intranet, seperti antara lain :

  • Aplikasi browser seperti internet exploler, opra, Mozilla firefox, netscape
  • Perangkat jaringan
  • Protocol TCP/IP
  • Komputer server
  • Komputer client
  • Bahasa pemrograman seperti html, php, mysql, dan lain-lain
  • Perangkat bantu pengembang
    Yang perlu diketahu sebagai tambahan dalam intranet bila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat diakses jaringan luar ( internet ) ialah firewall dan router ( internet ini akan menjadi ekstranet ).

Manfaat Intranet

loading...
  • Dapat meningkatkan produktifitas kerja
  • Efisiensi waktu
  • Saling Komunikasi
  • System publikasi web
  • Efektifitas biaya
  • Keseragaman informasi
  • Meningkatkan kerja sama

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Internet Dan Intranet Menurut Para Ahli [ Secara Lengkap ] ini semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi anda, terima kasih. 🙂