Pengertian Homonim, Homofon, Dan Homograf Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian Homonim, Homofon, Dan Homograf Beserta Contohnya Lengkap – Indonesia mempunyai keanekaragaman selain mempunyai kenaekaragaman budaya, Indonesia juga mempunyai keanekargaman kosa kata dalam bahasa Indonesia. Untuk kali ini disini akan mengulas tentang Homonim, homofon dan homograf beserta contohnya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

homonim-homograf-homofon

Pengertian Homonim

Homonim merupakan jenis – jenis kata yang mempunyai pelafalan dan tulisan yang sama tetapi mempunyai makna yang berbeda. Kata yang berhomonim mempunyai makna bergantung dengan konteks kalimat yang mengikutinya. Oleh sebab itu, kita masih belum bisa memutuskan apakah itu makna dari sebuah kata yang berhomonim tanpa melihatnya ke dalam sebuah bentuk kalimat utuh.

Pasti kita sering mendengar kata Tahu tentunya, di otak kita ada dua makna yang melintas di dalamnya yang sehingga kita belum bisa memutuskan apakah makna mana yang tepat dari kata tersebut. Tapi, jika kata “tahu” sudah dimasukkan ke dalam sebuah kalimat utuh seperti yang ada di bawah ini, maka kita bisa mengidentifikasi makna kata tahu tersebut.

  • Andi memberi “tahu” kepada Ani untuk dimasak.
  • Andi memberi “tahu” Ani bahwa besok ia akan berangkat ke luar negeri.

Kata tahu pada konteks kalimat pertama mempunyai makna sebuah makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Sedangkan pada kalimat kedua, konteks tahu berarti memberikan informasi.

Contoh Kalimat Berhomonim

  • Satu tetes bisa ular King Kobra dipercayai bisa mematikan satu ekor Gajah Asia.
  • Rapat keuangan kantor dilangsungkan di dalam ruangan yang tertutup rapat.
  • Pertandingan baru memasuki babak ke dua tetapi Roni sudah babak belur dihajar lawannya.
  •  Andi merintah pukul kucing dengan sapu merupakan perintah pada pukul 2 siang.

Pengertian Homofon

Homofon merupakan kata – kata yang mempunyai bunyi yang sama tetapidalam  bentuk tulisan dan maknanya berbeda. Dengan kata lain, kata – kata yang berhomofon mempunyai pelafalan yang sama walaupun mempunyai tulisan dan arti yang berbeda.

Sedikit berbeda dengan homonim, kata – kata yang berhomofon bisa kita identifikasi maknanya dengan melihat bentuk tulisannya. Tapi, jika dalam berbentuk lisan kita harus mendengarnya dalam sebuah kalimat utuh.

Jika kita mendengar kata bank, ada dua makna yang memungkinkan, yakni apakah itu suatu tempat atau panggilan untuk orang yang lebih tua. Oleh sebab itu, kita harus mendengarnya dalam sebuah bentuk kalimat yang utuh.

Perhatikan kalimat berikut ini !!

Saya bertemu Bang Ari di pasar kemarin.
Saya pergi ke Bank BCA kemarin.

Bila kita mendengar kata bang pada kalimat pertama, maka maknanya ialah panggilan untuk laki – laki yang lebih tua.Bila kita mendengar kalimat yang kedua, maka maknanya ialah tempat penyimpanan uang.

Contoh – Contoh Kalimat Berhomofon

  • Penyayi POP Indonesia menyanyikan  lagu “rock” dan penyanyi itu memakai “rok” ketika beraksi di atas panggung.
  • Sultan Abdulrahman “Syah” sudah “sah” menjadi suami Siti aisyah kemarin.
  • “Syarat” yang diajukan oleh Andi “sarat” akan dengan kecurangan.

Pengertian Homograf

Ragam bahasa yang terakhir ialah homograf. Homograf ialah kata – kata yang mempunyai tulisan yang sama tetapi pelafalan dan maknanya berbeda. Homograf adalah kebalikan dari homofon. Oleh sebab itu, kita tidak bisa mengidentifikasi makna kata – kata yang berhomograf bila kita tidak mendengar atau membacanya dalam sebuah kalimat yang utuh.

Jika kita melihat kata keset, maka ada dua hal yang terlintas di pikiran otak kita, apakah itu kata sifat ataukah kata benda.

Perhatikan kalimat berikut!

Kakak membeli keset baru di pasar kemarin.
Tanganku menjadi keset sesudah mencuci piring.

Kata keset pada sebuah kalimat pertama yang berarti alat untuk membersihkan kaki atau sepatu dari kotoran. Sedangkan pada kata keset pada sebuah kalimat yang ke dua yaitu keadaan tangan yang tidak halus.

Contoh – Contoh Kalimat Berhomograf

  • Anak yang sakit “mental” itu tersambar sepeda motor dan “mental” sejauh 3 meter.
  • komandan memerintahkan kepada prajurit nya untuk “serang” persembunyian bandar narkoba di kota “Serang”.
  • Sebelum “apel” pagi diharuskan makan buah “apel” dahulu

Itulah ulasan tentang Pengertian Homonim, Homofon, Dan Homograf Beserta Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel terkait lainnya disini :

Pengertian Sinonim, Antonim, Hipernim, Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap
Pengertian Semantik Dan Contohnya Lengkap
53 Pengertian Majas, Jenis Dan Contohnya Lengkap
Ejaan Dan Tanda Baca dalam Karya Ilmiah
Penjelasan Kalimat Utama Dan Kalimat Penjelas
Pengertian Konjungsi Beserta Macam, Fungsi Dan Contohnya

Most popular articles related to Pengertian Homonim, Homofon, Dan Homograf Beserta Contohnya Lengkap
Shares