Contoh hewan Invertebrata
Contoh hewan Invertebrata

Pengertian Hewan Vertebrata, Invertebrata Beserta Ciri Dan Contohnya

Posted on

Hewan Vertebrata

Vertebrata merupakan subfilum dari chordata, dari semua hewan yang mempunyai tulang belakang yang tersusun dari vertebrata. Vertebrata merupakan subfilum terbesar daru chordata. Ke dalam vertebrata dapat dimasukan segala jenis ikan (kecuali belut jeung, remang, “lintah laut”), amfibia, burung, reptil, dan hewan yang menyusui. Terkecuali jenis ikan, vertebrata diketahui mempunyai dua pasang tungkai.

Vertebrata mempunyai sistem otot yaang banyak serta terdiri dari pasangan massa, serta sistem saraf pusat yang terletak didalam tulang belakang. Sistem repirasi menggunakan paru-paru atau ingsang.

Contoh hewan Vertebrata
Contoh hewan Vertebrata

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata

Agar kita dapat membedakan dengan mudah dalam mencari tentang hewan vertebrata, maka kita harus mengetahui ciri-ciri hewan tersebut. Dibawah ini merupakand ciri-ciri dari hewan vertebrata:

  1. Mempunyai system peredaran darah yang tertutup
  2. Di dalam tubuhnya terdapat tulang punggung
  3. Mempunyai tubuh yang berbentuk simetri bilateral
  4. Mempunyai system pencernaan yang lengkap

Hewan Invertebrata

Avertebrata atau Invertebrata merupakan istilah yang di ungkapkan oleh Chevalier de Lamarck untuk menunjuk hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Invertebrata mencakup hampir semua hewan kecuali hewan vertebrata (reptil, aves, pisces, amfibia, serta mamalia)

Ciri-Ciri Hewan Invertebrata

Invertebrata merupakan hewan yang tidak mempunyai tulang punggung. Ciri-ciri hewan invertebrate ialah sebagai berilkut:

  1. Tidak memiliki tulang punggung
  2. Mempunyai otak yang tidak mendapatkan perlindungan dari otak
  3. Memiliki rangka pada bagian luar
Contoh hewan Invertebrata
Contoh hewan Invertebrata

Sebagai contoh ialah cacing, hydra, cumi-cumi, serangga, dan ubur-ubur. Invertebrata mencakup hampir sekitar 97% dari seluruh anggota kingdom Animalia.

Lamarck membagi invertebrata ke dalam dua kelompok yaitu Insecta (serangga) dan Vermes (cacing). Namun sekarang, invertebrata diklasifikasikan ke dalam lebih dari 30 sub-fila mulai dari organisme yang simpel seperti porifera serta cacing pipih hingga organisme yang lebih kompleks seperti mollusca, arthropoda, serta echinodermata, dll.

loading...

Ada 8 filum dalam klafisikasi avertebrata yaitu:

  1. Annelida
  2. Arthropoda
  3. Coelenterata
  4. Echinodermata
  5. Mollusca
  6. Nemathelminthes
  7. Platyhelminthes
  8. Porifera

Penelitian lanjutan dalam bidang taksonomi menunjukan bahwa banyak hewan invertebrata yang bersaudara lebih dekat dengan vertebrata dari pada dengan sesama invertebrata.

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Hewan Vertebrata, Invertebrata Beserta Ciri Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€