Dampak Globalisasi Ekonomi
Dampak Globalisasi Ekonomi

Pengertian Globalisasi Ekonomi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi merupakan peningkatan saling ketergantungan ekonomi negara-negara di dunia hasil dari percepatan pergerakan teknologi, jasa, barang serta permodalan lintas perbatasan. Bila globalisasi bisnis terpusat pada penghapusan perputaran perdagangan internasional misalnya pajak, tarif serta beban lainya yang membuat perdagangan global, globalisasi ekonomi merupakan sebuah proses peningkatan integrasi antar negara yang berujung pada datangnya pasar global serta pasar dunia.

Suatu globalisasi dapat dipandang sebagai fenomena yang positif ataupun negatif. Globalisasi memiliki beberapa aspek, seperti globalisasi pasar, teknologi, produksi, industri, perusahaan serta persaingan. Tren globalisasi sekarang dapat dianggap sabagai hasil dari sebuah integrasi negara maju dengan negara yang masing kurang maju lewat investasi langsung asing, pengurangan bataasan perdagangan, imigrasi, serta reformasi ekonomi.

Sistem Keuangan Global

Pada abad ke-21, sebuah kerangka kerja perjanjian institusi, hukum, serta pelaku ekonomi informasal dan formal dunia bersama-sama membantu arus modal keuangan internasional sebagai keperluan pendanaan perdagangan serta investasi. Sistem keuangan global sekarang muncul pada saat adanya gelombang globalisasi ekonomi modern yang pertama ditandai dengan adanya pendirian bank sentral, perjanjian multilareral, serta organisasi pemeritahan yang memiliki tujuan sebagai perbaikan regulasi, keefektifan, serta tarnsparasi pasar internasional.

Dengan seiring terjadinya deregulasi sektor keuangan dan liberalisasi modal setiap negara ekonomi dunia semakin terintegrasi secara finiansial pada abad ke-20. Dengan terekspos arus modal yang volatin, serangkaian krisis keuangan di Asia, Eropa, serta Amerika Latin ikut berpengaruh pada negara-negara lainnya.

Pada abad ke-21, bermacam lemabaga keuangan tumbuh dengan jaringan sebuah aktivitas ekonomi yang semakin canggih. Saat Amerika Serikat mengalami sebuah kerisis keuangan pada abad tersebut, krises itu merambat dengan cepat ke negara lainya. Krisis tersebut dikenal dengan krisis kuangan global serta diakui sebagao pemicu Resesi Besar di seluruh negara didunia.

Pengetatan

Pemerintah terkadang menjalankan kebijakan pengetatan untuk ngurangi defisit anggaran saat ekonomi melemah. Kebijakan tersebut yaitu, kenaikan pajak, pemotongan belanja, serta campuran keduanya. Kebijakan pengetatan ini menunjukan likuiditas pemerintah terhadap kreditur serta badan penilai kredit dengan meyertakan pendapatan fiskal dengan belanja.

Dampak Globalisasi Ekonomi
Dampak Globalisasi Ekonomi

Pelarian modal

Pelarian suatu modal terjadi saat aset atau uang mengalir keluar dari suatu negara dengan cepat sebab negara tersebut baru menaikan tingkat pajak, upah tenaga kerja, tarif, serta kondisi keuangan lainnya yang dapat merugikan seperti kemacetan utang pemerintah yang menunggu para investor.

loading...

Pelarian modal terkadang mengakibatkan hilangnya kekayaan dengan begitu cepat serta umumnya juga diiringi turunnya nilai tukar negara yang terdampak dengan sangat tajam, lalu memicu depresiasi nilai tukar mata uang atau devaluasi paksa dengan nilai tukar tetap. Kejadian tersebut dapat merugitan bila modalnya dimiliki oleh warga negara terdampak, karena bukan hanya warganya yang dibebani karena hilangnya kepercayaa pada ekonomi dan devaluasi mata uang, namun aset mereka juga hilang banyak nilai nominalnya. Ini juga mengakibatkan penurunan tajam daya beli aset negara tersebut serta kenaikan harga barang impor.

Ukuran globalisasi

Indeks

Pengukuran globalisasi ekonomi berfokus pada berbagai variabel seperti Investasi Langsung Asing (FDI), perdagangan, pendapatan, investasi portofolio. Berbagai indeks baru justru perusaha mengukut globalisasi dengan variabel yang lebih umum seperti aspek sosial, budaya, serta aspek politik.

Salah satu indeks globalisasi merupakan KOF Index. KOF Index mengukur 3 dimensi utama globalisasi, yaitu, sosial, politik, serta ekonomi.

  • Dampak Positif Globalisasi Ekonomi
  1. Dapat meningkatkan produksi global
  2. Kemakmuran suatu negara dapat ditingkatkan
  3. Produk dalam negri dapat diperluar ke pasar bebas
  4. Modal dan teknologi dapat diperoleh lebih banyak dan lebih baik
  5. Dalam pembanungan ekonomi mendapatkan penyedia dana yang labih.
  • Dampak Negatif Globalisasi Ekonomi
  1. Dapat menghambat suatu pertumbuhan industri
  2. Dapat Memperburuk neraca pembayaran
  3. Dalam sektor keuangan akan semakin tidak stabil
  4. Dalam jangka panjang dapat memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Globalisasi Ekonomi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀