Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi

samhis setiawan

Sebutkan Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi

GuruPendidikan.Com – Gestur merupakan suatu bentuk komunikasi nonverbal yang dimana tindakan tubuh terlihat mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu, baik di tempat pembicaraan atau bersama-sama dan secara paralel dengan kata-kata yang dicapkan, yang pada mulanya gestur dikaitkan dengan sebuah pidato.

Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi

Gestur ialah sebuah gerakan anggota badan atau tubuh, terutama yang dibuat untuk menekankan pidato. Yang selanjutnya istilah gestur digunakan dalam kehidupan sehari-hari, gestur termasuk gerakan tangan, wajah atau bagian lain dari tubuh.

Gestur berbeda dari komunikasi nonverbal fisik yang tidak mengkomunikasikan pesan tertentu, seperti menampilkan ekspresi murni, proksemik atau menampilkan perhatian bersama. Gestur memungkinkan indivisu untuk berkomunikasi berbagai perasaan dan pikiran dari penghinaan dan permusuhan sampai persetujuan dan kasih sayang, sering bersama-sama dengan bahasa tubuh selain kata-kata yang diucapkan.

Pengertian Bahasa Gestur

Bahasa gestur ialah bahasa yang bukan pola suara secara akustik, menggunakan komunikasi manual dan bahasa tubuh untuk menyampaikan makna. Hal ini dapat melibatkan secara bersamaan menggabungkan bentuk tangan, orientasi dan gerakan tangan, lengan atau tubuh dan ekspresi wajah polos menungkapkan pikiran pembicara.

Untuk kategori yang paling akrab gerakan yang disebut dengan emblem atau yang disebut dengan gerakan. Ini ialah konvensional, gerakan budaya khusus yang dapat digunakan sebagai pengganti kata-kata, seperti handwave digunakan di Amerika Serikat untuk “halo” dan “selamat tinggal”.

Kategori luas lagi gerakan meliputi orang-gerakan spontan yang digunakan ketika kita berbicara, gerakan ini dikoordinasikan dengan pidato. Bahasa gestural seperti American Sign Language, bahasa gestural, American Sign Language atau ASL ialah bahasa gestural. Ini ialah cara untuk menandatangani surat-surat A-S-L.

Gestur memainkan peran utama dalam berbagai aspek kehidupan manusia, isyrat mungkin universal tidak ada laporan dari masyarakat yang tidak gestur. Gestur ialah bagian penting dari percakapan sehari-hari seperti chatting, menjelaskan rute atau negosiasi harga pasar, mereka dimana-mana. Gestur telah didokumentasikan dalam seni seperti lukisan di vas Yunani, Miniatur India dan lukisan Eropa.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

Baca Juga:

Most popular articles related to Pengertian Gestur Dalam Ilmu Sosiologi
Shares