Pengertian, fungsi Dan Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Posted on

Pengertian, fungsi Dan Unsur Seni Musik Secara Lengkap – Siapa yang tidak menyukai musik ??? semua pasti menyukai salah satu seni yang satu ini, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa pun menyukai seni musik. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang seni musik secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

musik

Pengertian Seni Musik

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yakni mousikos, yang diambil dari salah satu nama dewa Yunani. Mousikos dilambangkan sebagai suatu dewa keindahan dan menguasai suatu bidang seni dan keilmuan.

Pengertian seni musik merupakan suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan suatu ekspresi pembuatnya. Sedangkan musik ialah sebuah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa yang sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama pada suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.

Fungsi Seni Musik

1. Musik Sebagai Sarana Ekspresi Diri
Musik bisa dijadikan sebagai sarana ekspresi diri karna seniman musik akan lebih mudah berekspresi atau mengungkapkan sebuah perasaannya lewat musik.

2. Musik Sebagai Sarana Hiburan
Musik juga dapat sebagai sarana hiburan, karna musik sangat menghibur jika dimainkan.

3. Musik Sebagai Sarana Upacara
Musik di Indonesia, pasti akan selalu berkaitan erat dengan sebuah upacara-upacara tertentu seperti perkawinan, kelahiran, kematian, serta upacara keagamaan dan kenegaraan.

4. Musik Sebagai Sarana Tari
Musik juga berfungsi sebagai pengiring seni tari, karna selalu cocok bila dihubungkan dengan tarian. Keduanya saling berkaitan satu sama lain dengan adanya suatu kesamaan pola dan ritme satu sama lainnya, suatu tarian tanpa diiringi irama musik akan terasa hampa (kosong) dan menyulitkan bagi sang penari.

5. Musik Sebagai Sarana Pendidikan
Musik juga bisa sebagai media pendidikan, musik digunakan dalam suatu proses pembelajaran di sekolah. Musik digunakan untuk menciptakan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswanya melalui lagu-lagu perjuangan.

Baca juga refrensi artikel terkait yang lainya :

Unsur-Unsur Seni Musik

1. Melodi
Melodi merupakan suatu tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam seni musik. Dalam sebuah musik melodi terdengar seperti nada yang seolah bergerak untuk menuju puncak dan lalu kembali ke kondisi sebelumnya.

2. Ritme
Ritme (irama) ialah suatu rangkaian gerak yang beraturan dan menjadi unsur dasar dari musik. Ritme ini terbentuk dari sekelompok bunyi dan diam panjang pendeknya dalam waktu yang bermaca-macam, dan akan membentuk pola irama dan bergerak menurut pulsa dalam setiap ayunan birama (Jamalus,1998:7).

3. Harmoni
Harmoni ialah suatu cabang ilmu pengetahuan musik yang membahas dan membicarakan tentang keindahan komposisi musik (Banoe, 2003:180). Harmoni juga merupakan bagian yang melibatkan nada atau kunci (kord) yang berlangsung secara terus-menerus.

4. Dinamik
Dinamik ialah suatu tingkatan keras dan lembutnya cara memainkan musik, keras dan lembut ini diperlukan agar musik tidak terdengar monoton atau datar.

5. Tangga nada
Tangga nada ialah suatu urutan dari suatu nada yang disusun seperti tangga. Tangga nada ini dibagi menjadi dua, yakni tangga nada diatonik dan pentatonik. Tangga nada diatonik ialah sebuah tangga nada yang terdiri dari 7 nada yang berdasarkan interval-interval yang telah ditentukan. Sedangkan pengertian tangga nada pentatonis yakni suatu tangga nada yang hanya terdiri dari 5 nada pokok.

Itulah ulasan tentang Pengertian, fungsi Dan Unsur Seni Musik Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.