Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya Terlengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya Terlengkap – Untuk para mahasiswa yang mengambil jurusan manajemen sudah tidak asing lagi mendengar kata manajemen pemasaran, dan tentu nya pasti tahu apa itu manajemen pemasaran, tapi tidak semua nya tahu dengan definisi dari manajemen pemasaran. Oleh karena itu disini akan mengulas tentang manajemen pemasaran secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

manajemen pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran ialah sebuah alat analisis, perencanaan, penerapan, dan sebuah pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran yang bermaksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yakni mendapatkan laba.

Manajemen Pemasaran ialah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan agar perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Suatu Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika ingin usahanya berjalan terus, atau konsumen memiliki pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982)

Fungsi Manajemen Pemasaran

  • Untuk mendapatkan riset pembeli atau konsumen
  • Agar dapat mengembangkan produk
  • Untuk komunikasi terhadap konsumen dan promosi ke konsumen nya mudah.
  • Manajemen pemasaran berfungsi  sebagai strategi distribusi
  • Berfungsi untuk penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada konsumen

Unsur Manajemen Pemasaran

1. Orientasi Pada Konsumen atau Pembeli
Pada umumnya produsen menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen yang mempunyai tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi utama dalam suatu strategi bisnis. Tentu proses pemasaran atau penjualan dalam bisnis tentu mengedepankan pihak konsumen dalam suatu konsep pemasaran sebagai perioritas utama.

2. Perencanaan Kegiatan-Kegiatan Pemasaran Secara Menyeluruh
Dalam suatu kegiatan pemasaran harus disusun semua dari segala keperluan agar mudah dalam proses pelaksanaan dan pengawasan.

3. Kepuasan Konsumen
Dalam hal ini menjadi perhatian utama dalam menyusun sebuah strategi pemasaran. Bagusnya manajemen pemasaran ketika menyetujui semua hasil keputusan para konsumen yang maksimal. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dan dilihat dari segi kualitas produk yang dihasilkan, tetapi bagaimana cara atau strategi pemasaran yang dijalankan.

Baca juga artikel terkait nya disini :

Tugas Manajemen Pemasaran

  • Bertujuan untuk mempelajari kebutuhan ataupun keinginan dari konsumen
  • Bertujuan untuk mengembangkan suatu konsep-konsep produk atau barang untuk sebuah kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Bertujuan untuk membuat desain produk dan untuk mengembangkan dalam pembungkusan maupun merk
  • Bertujuan untuk mengatur distribusi dan untuk memeriksa penjualan
  • Bertujuan untuk menciptakan komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien
  • Bertujuan untuk mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Fungsi Dan Unsur Manajemen Pemasaran Beserta Tugasnya TerlengkapSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.