Pengertian Fungsi Dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli

parta setiawan

PENGERTIAN NEGARA

Pengertian Fungsi Dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli – Negara berasal dari kata “state” (bahasa Inggris), “staat” (bahasa Belanda dan Jerman) dan “etat” (bahasa Perancis). Kata-kata tersebut  diambil dari bahasa latin yakni “status atau statum” berarti keadaan yang “tegak dan tepat” atau sesuatu yang mempunyai sifat-sifat yang tegak dan juga tetap.

Negara didunia

Negara didunia

Secara terminologi negara tersebut diartikan ialah dengan organisasi tertinggi diantara satu kelompok masyarakat yang memiliki cita-cita untuk dapat bersatu, hidup di dalam suatu daerah tertentu dan juga memiliki pemerintahan yang berdaulat.

Arti negara menurut beberapa Ahli:

  • Roger H. Soltau
    negara didefinisikan ialah dengan alat atau juga wewenang yang mengatur atau juga yang mengendalikan persoalan-persoalan bersama dengan atas nama masyarakat.
  • Menurut Harold J. Laksi,
    negara ialah  suatu masyarakat yang diintegrasikan dikarenakan memiliki wewenang yang bersifat memaksa dan juga yang secara sah lebih agung dari pada suatu individu atau kelompok yang ialah  bagian dari masyarakat itu sendiri.
  • Menurut Max Weber
    negara tersebut diartikan dengan asosiasi yang menyelenggarakan suatu penertiban di dalam suatu masyarakat suatu wilayah, berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan ialah oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa.

FUNGSI NEGARA

Setiap negara memiliki fungsi yang berhubungan erat dengan suatu tujuan dibentuknya negara tersebut. Dalam itu hal yang harus dilakukan negara antara lain  sebagai berikut :

  • Melaksanakan ketertiban (law and order) untuk dapat mencapai tujuan bersama dan juga untuk mencegah bentrokan-bentrokaan didalam masyarakat. Dalam hal tersebut negara bertindak ialah sebagai stabilitator.
  • Mengusahakan kesejahteraan dan juga kemakmuran bagi semua rakyatnya. Pada masa sekarang, fungsi tersebut dianggap sangat penting terutama ialah bagi negara-negara baru atau juga yang sedang berkembang.
  • Mengusahakan pertahanan untuk dapat menjaga kemungkinan serangan dari luar negara, negara  harus dilengkapi ialah dengan alat-alat pertahanan yang kuat dan juga canggih.
  • Menegakkan suatu keadilan yang dilaksanakan dengan melalui badan-badan peradilan seperti Pengadialan dll.

Fungsi negra menurut beberapa tokoh :

1. John Lokce, membagi fungsi negara menjadi tiga :

  • Fungsi legislatif, yakni membuat undang-undang
  • Fungsi eksekutif, yakni melaksanakan undang-undang
  • Fungsi federatif, yakni mengurusi urusan luar negeri, perang dan juga  perdamaian

2. Moh. Kusnardi, SH.

  • melaksanakan suatu ketertiban
  • menghendaki kesejahteraan dan juga kemakmuran bagai rakyatnya.

3. Montesquieu, menyatakan bahwa fungsi negara mencakup tiga tugas pokok :

  • fungsi legislatif, yakni membuat suatu undang-undang
  • fungsi eksekutif, yakni melaksanakan undang-undang tersebut
  • fungsi yudikatif, yakni mengawasi agar semua peraturan yang dibuat dapat ditaati (fungsi mengadili)

4. Van Vallenhoven , menyatakan fungsi negara meliputi seperti berikut :

  • Regeling, yakni membuat suatu peraturan
  • Bestur, yakni menyelenggarakan pemerintahan tersebut
  • Rechstaat, fungsi ialah untuk mengadili
  • Politic, fungsi ketertiban dan juga keamanan.

Fungsi negara dapat diartikan ialah sebagai tugas dalam organisasi negara itu sendiri. Oleh sebab itu, sesungguhnya tugas negara secara umum antara lain ialah sebagai berikut :

  • Tugas esensial
    ialah suatu tugas untuk mempertahankan negara yang sebagai organisasi politik yang berdaulat. Tugas tersebut  menjadi tugas negara (memelihara suatu perdamaian, ketertiban, dan juga ketentraman dalam negara dan juga melindungi hak milik dari tiap-tiap orang) dan juga tugas eksternal ialah (mempertahankan kemerdekaan negara). Tugas essensial tersebut sering disebut dengan tugas asli dari negara dikarenakan dipunyai  oleh tiap-tiap pemerintah dari negara manapun di seluruh dunia.
  • Tugas fakultatif
    ialah Diselenggarakan oleh tiap negara untuk dapat memperbesar kesejahteraan bagi fakir miskin, kesehatan dan juga pendidikan pada rakyat.

TUJUAN NEGARA.

Tiap-tiap negara yang berdiri itu pasti memiliki tujuan tertentu. Dan tujuan dari negara yang satu dengan yang lain itu semua berbeda-beda.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya penguasa negara yang sedang memerintah. Karena negara berdiri ialah bertujuan untuk dapat mencapai kebahagiaan secara bersama semua orang yang masuk kedalam organisasi negara tersebut.
Adapun tujuan negara ialah bermacam-macam, antara lain ialah sebagai berikut :

  • Untuk memperluas kekuasaan
    Ajaran negara kekuasaan menggemukakan ialah bahwa kekuasaan artinya  kebenaran, dan juga dengan bertambahnya kekuasaan tersebut berarti akan bertambah juga kemajuan pada lapangan lain. Negara kekuasaan tersebut menghendaki untuk negaranya menjadi besar dan juga jaya. Untuk mencapai tujuannya tersebut maka rakyat itu dijaadikan alat untuk sebagai perluasan, kepentingan orang perseorangan terdapat di bawah kepentingan bangsa dan juga negara.
  • Untuk menyelenggarakan ketertiban hukum
    Negara tersebut bertujuan ialah menyelenggarakan ketertiban suatu hukum segala kekuasaan dari alat-alat pemerintahan dengan berdasarkan dari hukum, semua orang tersebut harus tunduk kepada hukum, dikarenakan  hukumlah yang berkuasa didalam suatu negara tersebut.
  • Untuk mencapai kesejahteraan umum
    Negara tersebut bertujuan ingin dapat mewujudkan kesejahteraan umum. Negara itu dipandang ialah sebagai alat yang dibentuk manusia untuk dapat mencapai tujuan secara bersama, yaitu suatu tatanan masyarakat yang didalamnya terdapat suatu kebahagiaan, kemakmuran dan juga keadilan sosial bagi seluruh rakyat negara.

Adapun beberapat tokoh yang mengemukakan tujuan negara ialah  :

1.Roger H. Soltau
Tujuan negara ialah mengembangkan agar rakyat tersebut berkembang dan juga mengembangkan daya ciptanya dengan sebebas mungkin.
2. J. Baren,
mengklasifikasikan tujuan negara tersebut ke dalam 2(dua) hal , yaitu :

  • Tujuan sebenarnya yakni ialah memelihara keamanan, ketertiban dan juga penyelenggaraan suatu kepentingan umum.
  • Tujuan tidak sebenarnya yakni sebagai pertahanan diri yang berkuasa untuk dapat tetap berada dalam kedudukannya.

3. Aristoteles
negara tersebut bertujuan ialah menyelenggarakan hidup yang baik bagi seluruh warga negaranya.
4. Charles E. Miriam
tujuan negara ialah untuk mencapai keamanan, ketertiban, keadilan dan juga untu kesejahteraan umum.
5. Plato
tujuan negara ialah untuk memajukan kesusilaan manusia, baik itu sebagai individu ataupun sebagai makhluk sosial.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Fungsi Dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Pengertian Fungsi Dan Tujuan Negara Menurut Para Ahli
Shares