Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Teller Bank Beserta Syarat Menjadi Teller Bank Secara Lengkap

bitar

Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Teller Bank Beserta Syarat Menjadi Teller Bank Secara Lengkap – Pernah kah anda menabung uang anda di bank ?? Rata-rata pasti pernah merasakan menabung uang nya di bank. Pada saat anda ke bank untuk menabung uang anda pertama anda pasti disambut oleh satpam dan akan dibawa ke bagian teller jika anda ingin menabung. Itu yang disebut dengan Teller bank. Nah pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian teller bank, fungsi teller bank, dan tugas teller secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

teller-bank

Pengertian Teller Bank

Teller merupakan petugas Bank yang pekerjaan sehari-harinya yang berhubungan langsung dengan nasabah dan masyarakat umum. Bank harus menyeleksi petugas yang akan ditunjuk sebagai Teller karena cara kerja, sikap dan sifat serta cara pelayanannya kepada nasabah dan masyarakat umum, secara tidak langsung akan mencerminkan keadaan dan reputasi Bank. Sikap dan sifat serta pelayanan Teller dimaksud, harus diawasi secara rutin oleh manaje¬men terutama Head Teller dan/atau Cash Officer. Tugas Teller secara umumyakni untuk menangani, membantu, dan memberikan solusi bagi semua nasabah yang ingin melakukan sebuah transaksi perbankan termasuk di dalamnya nanti memberikan jasa layanan uang tunai ataupun non tunai.

Fungsi Teller Bank

Sesuai dengan pengertian teller diatas bahwa fungsi seorang teller yaitu untuk memberikan layanan perbankan bagi nasabah dan atau calon nasabah di sebuah Bank. Fungsi teller menjadi sangat krusial karena setiap hari petugas teller lah yang langsung berhadapan dengan nasabah, hal ini tentunya harus di tunjang dengan penampilan yang sempurna setiap saat bagi semua Teller Bank.

Tugas Teller Bank

  • Seorang Teller yang baik harus datang tepat waktu sesuai dengan jam masuk, harus memastikan semua perlengkapan berfungsi baik(alat penghitung uang, alat pngecek uang palsu bulpen, dan lain sebagainya).
  • Bila ada nasabah maka harus bersikap ramah, memberi greeting (selamat pagi/siang/sore, mengucapkan terima kasih bila sudah selesai), selalu memberi senyum di awal dan akhir pertemuan.
  • Harus menjaga penampilan berbusana sesuai standar bank (meja kerja, baju rapi, rambut rapi, mengenakan ID card, dan lain sebagainya.)
  • Bila ada nasabah ingin setor/tarik tunai maka teller wajib untuk menghitung uang, mengkonfirmasikan jumlah uang kepada nasabah, melakukan sebuah perhitungan uang di depan nasabah
  • Untuk melakukan pembayaran non tunai/tunai kepada nasabah yang bertransaksi non tunai/tunai di counter bank, dan melakukan update data transaksi di sebuah sistem komputer bank.
  • Sesudah selesai proses setor/tarik tunai teller wajib untuk memberikan slip kwitansi kepada nasabah yang sudah menandatanganinya sebagai tanda tangan pengesahan
  • Bertanggungjawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di sebuah sistem dengan kas di terminalnya.

Syarat Menjadi Teller Bank

1. RAMAH DAN SOPAN
Ini paketan yak, soalnya merupakan hal dasar yang harus di terapkan kepada semua teller bank, tapi lebih baik bila semua pegawai itu ramah kepada semuanya, karena dengan ramah pembawaan orang yang berinteraksi dengan kita akan merasa di hargai dan akan memicu orang tersebut untuk ramah juga kepada kita.

2. SABAR DAN TELITI
Sabar, ialah sabar ketika dalam suatu tekanan pekerjaan yang diluar emosinya karena harus kita ketahui mood dalam bekerja dapat berubah drastis bila ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.

Teliti, yang satu ini tidak perlu kita bahas detil karena teliti merupakan point penting bagi seorang officer terlebih seorang teller yang setiap harinya bekerja dengan angka dan uang,bila anda melakukan kesalahan sedikit saja berarti anda akan menggantinya 😀

3. GOOD LOOKING
Susah di jelaskan karena good looking itu relatif, yang jelas anda harus terlihat menarik di mata orang lain dan anda akan di tuntut tampil sempurna baik dari sisi fisik, pakaian, dan kelakuan anda. Berpenampilan menarik tak harus cantik atau ganteng tapi sesuaikan penampilan anda dengan apa yang ada di sekitar anda, utamakan berdandan rapi.

Ingat, jangan terlalu untuk memaksakan diri tampil sempurna tapi cobalah berdandan semaksimal mungkin dan bila fisik anda kurang mendukung harus di akali dengan soft skill yang anda punya.

4. KOMUNIKASI
Sebagai orang yang nantinya akan bertemu dengan banyak nasabah anda di haruskan menyapa dan tersenyum dalam kondisi apapun supaya nasabah anda tidak kabur dan tentunya merasa nyaman

Bagi anda yang merasa masih kesulitan dalam berbicara dengan orang lain belajarlah public speaking sendiri dengan cara melatih berbicara dengan cermin setiap pagi sesudah bangun tidur, pagi hari sangat tepat untuk melatih speaking anda.

Itulah Ulasan tentang Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Teller Bank Beserta Syarat Menjadi Teller Bank Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

 

Most popular articles related to Pengertian, Fungsi, Dan Tugas Teller Bank Beserta Syarat Menjadi Teller Bank Secara Lengkap
Shares