Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin Menurut Ahli Kimia

parta setiawan

Pengertian Vitamin

Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin Menurut Ahli Kimia – Vitamin ialah senyawa kimia yang tidak dapat dibuat dengan sendiri oleh tubuh, namun sangat diperlukan sebagai pertumbuhan dan juga perkembangan pada tubuh. Tubuh tersebut memerlukan vitamin dengan jumlah sedikit, namun haruslah terus-menerus atau rutin. Vitamin tersebut berfungsi untuk sebagai pertumbuhan sel, mengatur, dan juga untuk memperbaiki fungsi alat pada tubuh, dan juga untuk mengatur penggunaan makanan serta energi.

Vitamin

Vitamin

Fungsi Vitamin Secara Umum

Terdapat banyak sekali jenis-jenis vitamin tersebut yang memiliki fungsi-fungsi tersendiri, Fungsi vitamin tersebut secara umum ialah  sebagai berikut ini :

  1. Mengatur zat didalam tubuh
  2. berguna menguatkan gigi serta tulang
  3. Mempercepat Pertumbuhan
  4. Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit
  5. Mempercepat proses dalam penyembuhan penyakit
  6. untuk memperlambat dalam proses penuaan
  7. dapat membangun sistem kekebalan tubuh atau sistem imun
  8. untuk menjaga tubuh tetap segar serta menghilangkan rasa capek
  9. Vitamin juga diperkirakan berguna ialah sebagai katalisator dalam reaksi biokimia tubuh
  10. Menjaga dan juga untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Fungsi, Sumber dan Jenis-Jenis Vitamin

Beberapa dari macam vitamin yang telah diketahui fungsi serta sumber-sumber dari berbagai macam maupun jenis vitamin tersebut antara lain ialah sebagai berikut ini :

  • Vitamin A (Retinol)
    Vitamin A ialah vitamin yang mempunyai berperan penting untuk sebagai menjaga dan juga merawat kecantikan kulit agar tetap licin serta juga halus. Fungsi lain yang sangat penting ialah sebagai pertumbuhan tubuh dan juga untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A tersebut banyak terdapat  pada wortel, ubi jalar, labu siam, sayuran hijau,  avokad, dan juga semangka. Sumber vitamin A dari makanan tersebut masih berupa provitamin A. Selanjutnya, pada organ hati, provitamin A tersebut diubah menjadi vitamin A. Apabila tubuh Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun senja dan juga Xeroftalma Penyakit xeroftalmia yang menyebabkan mata mengering sehingga dapat mengakitbatkan kebutaan pada mata.

  • Vitamin B1 (Tiamin)
    Vitamin B1 adalah salah satu vitamin yang penting pada tubuh. Fungsi vitamin yaitu untuk menambah nafsu makan dan juga mengatur fungsi alat-alat pencernaan serta fungsi saraf. Sumber vitamin B1 yang terbaik yakni dari biji-bijian yang masih memiliki kulit ari,gandum, ragi, kecambah, dan juga kacang-kacangan kering. Kekurangan vitamin B1 akan da[at menimbulkan gangguan pada saraf, mudah lelah, pencernaan kurang sempurna, serta juga dapat menyebabkan penyakit beri-beri.

  • Vitamin B2 (Riboflavin)
    Vitamin B2 tersebut berperan penting pada pertumbuhan tubuh, untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan kuku, serta juga dapat membantu proses metabolisme karbohidrat sehingga dapat memperoleh energi. Sumber vitamin B2 ialah dari susu, kacang-kacangan, telur, dan juga ragi.

  • Vitamin B6 (Piridoksin)
    Vitamin B6 tersebut berfungsi didalam pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan juga rambut, serta mengurangi rasa mual dan juga untuk meredakan mabuk [ada perjalanan, mengurangi kejang lengan, dan juga mencegah pelagra ataupun kulit kasar (meradang). Sumber vitamin B6 terdapat biji-bijian yang masih memiliki kulit ari, jagung, ikan, dan juga pada ragi. Kekurangan vitamin B6 tersebut dapat mengakibatkan pelagra, susah tidur, mudah tersinggung, dan juga depresi.

  • Vitamin B12 (Sianokobalamin)
    Vitamin B12 tersebut berperan didalam proses pembentukan sel-sel darah merah dan juga memperbaiki daya konsentrasi. Sumber vitamin B12 tersebut ialah hati, daging, dan juga telur. Kekurangan vitamin B12 tersebut akan menyebabkan anemia, kelelahan, dan juga gangguan pada kulit.

  • Vitamin C (Asam Askorbat)
    Vitamin C tersebut berperan dalam suatu proses penyembuhan infeksi dan juga menanggulangi alergi serta skorbut. Sumber vitamin C tersebut, antara lain ialah  jeruk, tomat, nanas dan juga sayuran segar. Kekurangan vitamin C tersebut dapat mengakibatkan gusi berdarah, proses penyembuhan pada luka dapat terhambat, nyeri pada persendian, dan juga daya tahan terhadap infeksi yang lemah .

  • Vitamin D
    Vitamin D ini sangat diperlukan didalam suatu proses pembentukan tulang dan juga memperkuat rangka. Sumber vitamin D, antara lain ialah  minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan juga ikan laut. Sumber vitamin D tersebut terdapat dari makanan yang masih berupa provitamin D. Sinar matahari juga akan membantu mengubah provitamin D tersebut menjadi vitamin D pada permukaan kulit. Kekurangan vitamin D tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat, kaki bengkok, gigi keropos, dan juga kejang otot.

  • Vitamin E (Tokoferol)
    Vitamin E tersebut berfungsi untuk mencegah keguguran, kemandulan, dan juga perdarahan. Sumber vitamin E tersebut berupa kecambah biji-bijian, minyak zaitun, dan juga minyak kelapa. Kekurangan vitamin E ini dapat menyebabkan gangguan pada otot dan juga kemandulan

  • Vitamin K (Filokuinon)
    Vitamin K ini berperan pada proses pembekuan darah pada saat terjadi luka. Vitamin K  tersebut banyak terdapat pada sayuran hijau, kedelai, dan juga pada tomat. Kekurangan vitamin K tersebut dapat menyebabkan darah sukar membeku.

 

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin Menurut Ahli Kimia Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Pengertian Fungsi dan Jenis-Jenis Vitamin Menurut Ahli Kimia
Shares