Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Asuransi Beserta 4 Tujuannya Terlengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Asuransi Beserta 4 Tujuannya Terlengkap – Sudahkah anda mempunyai asuransi ??  mungkin sebagian belum mempunyai asuransi, sebaiknya cepatlah membuat asuransi karna asuransi banyak sekali manfaatnya. Untuk lebih jelasnya lagi marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

asuransi

Pengertian Asuransi

Kata asuransi berasal dari kata insurance artinya pertanggungan. asuransi adalah suatu perjanjian antara tertanggung atau nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi. pihak penanggung bersedia untuk menanggung sejumlah kerugian yang mungkin terjadi dimasa yang akan datang sesudah tertanggung menyepakati suatu pembayaran uang yang disebut dengan premi. premi adalah uang yang dikeluarkan oleh tertanggung sebagai suatu imbalan kepada penanggung

Fungsi Asuransi

fungsi utama asuransi yaitu sebagai mekanisme dalam pengalihan/transfer resiko atau risk transfer mechanisme, yakni untuk mengalihkan resiko dari satu pihak yaitu dari tertanggung kepada pihak lain yakni penangung.

Jenis-Jenis Asuransi

Perusahaan asuransi membuat suatu kebijakan pengelompokan asuransi yang sesuai dengan fokus dan resiko untuk mereka. Ini memberikan ukuran dalam keseragaman dalam risiko yang ditutupi oleh jenis dalam kebijakan, yang pada gilirannya memungkinkan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi sebuah potensi kerugian dan menetapkan premi yang sesuai. Bentuk yang paling umum dari kebijakan jenis-jenis asuransi yaitu sebagai berikut :

1. Asuransi jiwa

Jenis suransi jiwa ini memberikan suatu keuntungan finansial kepada orang yang ditunjuk atas kematian tertanggung. Berbagai bentuk sebuah asuransi jiwa yang dikeluarkan. Beberapa menyediakan pembayaran hanya sesudah kematian tertanggung, sebagian perusahaan asuransi yang lain ada bisa memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya.

loading...

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan salah satu jenis asuransi yaitu sebuah produk asuransi yang khusus menangani suatu masalah kesehatan yang diakibatkan sebuah penyakit dan menanggung suatu proses perawatan kepada pada anggota asuransi nya. Umumnya termasuk untuk melindungi dan menanggung pada cedera, cacat, sakit, dan kematian karena kecelakaan. Asuransi kesehatan ini bisa dibeli untuk diri sendiri dan untuk orang lain.

3. Asuransi kendaraan

Dari sekian jenis asuransi, asuransi Yang sering digunakan asuransi mobil. yakni asuransi terhadap cedera kepada orang lain atau terhadap suatu kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh suatu kendaraan tertanggung. Asuransi mobil juga bisa membayar untuk kehilangan, atau kerusakan, kendaraan bermotor tertanggung.

4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Asuransi pemilik rumah  untuk melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berkaitan dengan tempat tinggal mereka, asuransi properti pribadi ini melindungi terhadap kehilangan, atau kerusakan, barang-barang tertentu milik pribadi. ini termasuk untuk melindungi dan memberikan suatu keringanan jika terjadi kecelakaan pada rumah anda seperti kebakaran dan lain sebagainya.

5. Asuransi pendidikan.

Salah satu jenis asuransi yang paling populer saat ini. asuransi pendidikan adalah suatu solusi cerdas untuk menjamin suatu kehidupan menjadi lebih baik. contohnya orang tua yang mengasuransikan sebuah pendidikan anak. biaya premi yang harus dibayar oleh peserta asuransi tergantung pada jenis pendidikan yang ingin didapatkan kelak.

Tujuan Asuransi

1. Tujuan Asuransi untuk Pengalihan Resiko
Tujuan Asuransi yang paling utama ialah untu pengalihan resiko. Dalam teori pengalihan resiko, tertanggung sudah menyadari ada ancaman bahaya terhadap harta kekayaan miliknya atau terhadap jiwanya. Jika sewaktu-waktu bahaya tersebut menimpa harta kekayaan atau jiwanya, maka dia akan menderita suatu kerugian atau korban jiwa atau cacat raga akan bisa mempengaruhi perjalanan hidup seseorang atau ahli warisnya.

2. Tujuan Asuransi untuk Pembayaran Ganti Rugi
Tujuan asuransi yang selanjutnya ialah pembayaran ganti rugi. Dalam hal ini terjadi suatu peristiwa yang menimbulkan kerugian, maka tidak ada suatu masalah terhadap resiko yang ditanggung oleh penanggung. Dalam praktiknya, bahaya yang mengancam itu tidak senantiasa sungguh-sungguh akan terjadi.

3. Tujuan Asuransi untuk Pembayaran Santunan
Selanjutnya tujuan asuransi untuk pembayaran santunan yaitu Asuransi suatu kerugian dan juga asuransi jiwa yang diadakan yang berdasarkan perjanjian bebas (sukarela) antara penanggung dan tertanggung.

4. Tujuan Asuransi untuk Kesejahteraan Anggota
Tujuan asuransi yang terakhir yakni untuk kesejahteraan anggotanya. jika beberapa orang berhimpun dalam sebuah perkumpulan, maka perkumpulan tersebut berkedudukan sebagai si penanggung, sedangkan pada anggota perkumpulanlah yang berkedudukan tertanggung.

Di Indonesia asuransi banyak sekali yang memakai asuransi, karna asuransi banyak sekali manfaatnya bagi pelanggannya.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Asuransi Beserta 4 Tujuannya TerlengkapSemoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.