Pengertian, Fungsi, Dan Ciri Pranata Pendidikan Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian, Fungsi, Dan Ciri Pranata Pendidikan Beserta Contohnya Lengkap – Selamat datang di gurupendidikan.com pada kesempatan sebelumnya sudah membahas tentang pranata ekonomi, pranata keluargapranata ekonomi dan pranata politik. Pada kesempatan kali ini disini akan membahas tentang pengertian pranata pendidikan, Ciri pranata pendidikan, fungsi pranata pendidikan, dan contoh pranata pendidikan secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

pranata-pendidikan

Pengertian Pranata Pendidikan

Kata pendidikan (education) berasal dari bahasa latin educare yang berarti keluar. Pendidikan merupakan suatu proses membimbing manusia dari kegelapan menuju kecerdasan pengetahuan atau dari tidak tahu menjadi tahu.

Pendidikan yaitu suatu proses yang terjadi karena suatu interaksi berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri dan penyadaran lingkungan, sehingga menampilkan rasa percaya akan lingkungan.

Pranata pendidikan adalah suatu organisasi sosial dalam rangka prosedur sosialisasi dan enkulturasi untuk mengantar orang ke dalam kehidupan bermasyarakat dan berbudaya, juga mengenai kelangsungan eksistensi dan safeguard masyarakat dan kebudayaannya.

Melalui sebuah organisasi pendidikan sosialisasi dan enkulturasi diselenggarakan oleh masyarakat umum, dan karena itu hidup dari orang-orang dan budaya mereka mampu bertahan hidup walaupun anggota individu sudah berganti dan berubah karena kelahiran, kematian, dan perpindahan.

Pranata pendidikan memumpunyai pedoman dan disiplin alam ditargetkan untuk mempersiapkan siswa mereka melalui pendidikan pengajaran dan teknologi untuk bisa berkompetensi dalam hidup, dalam posisi untuk percaya ilmiah dan logis tentang segala sesuatu untuk bisa  memilah hal-hal yang buruk dan baik. Pranata pendidikan yang terkandung dalam institusi dasar.

loading...

Dengan pranata pendidikan, konsekuensi yang diharapkan dari sosialisasi akan membentuk sebuah sikap mental yang benar hidup di jaman sekarang dan yang akan datang.

Fungsi Pranata Pendidikan

Fungsi pranata pendidikan yaitu sebagai berikut :

  • Berfungsi untuk memperkuat penyesuaian diri dan mengembangkan diri dan pengembangan hubungan sosial.
  • Berfungsi untuk memberikan persiapan bagi peranan-peranan pekerjaan.
  • Berfungsi untuk pranata pemindahan warisan kebudayaan.
  • Berfungsi untuk mempersiapkan peranan sosial yang dikehendaki oleh individu.

Ciri-Ciri Pranata Pendidikan

1. Pendidikan formal
Contoh: Tk, Sd, SMP, SMA, SMK, dan kuliah

2. Pendidikan non- formal
Contoh: Kursus

3. Pendidikan informal
Contoh: Pendidikan yang berlangsung dalam keluarga, ditempat bermain, di jalanan, atau melalui media massa

Itulah ulasan tentang Pengertian, Fungsi, Dan Ciri Pranata Pendidikan Beserta Contohnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :