Pengertian, Fungsi, Ciri, Dan Macam-Macam Nilai Sosial Beserta Contohnya Lengkap

bitar

Pengertian, Fungsi, Ciri, Dan Macam-Macam Nilai Sosial Beserta Contohnya Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan nilai sosial ?? Jika anda belum mengetahuinya anda tepat sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena disini akan mengulas lengkap tentang pengertian nilai sosial, macam-macam nilai sosial, ciri-ciri sosial, dan fungsi nilai sosial secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

nilai-sosial

Pengertian Nilai Sosial

Nilai sosial adalah suatu kualitas perilaku, pikiran, dan karakter yang dianggap masyarakat baik dan benar, hasil yang diinginkan, dan layak ditiru oleh setiap orang. Nilai sosial adalah sikap dan perasaan yang diterima secara luas oleh masyarakat dan merupakan dasar untuk merumuskan apa yang benar dan apa yang penting.

Pengertian Nilai Secara umum – Nilai (value) ialah suatu prinsip, standar, atau kualitas yang dianggap berharga atau diinginkan oleh orang yang memegangnya. Yang artinya, nilai itu tidak hanya diharapkan, tetapi juga dapat diusahakan sebagai suatu yang pantas dan benar bagi diri sendiri dan orang lain. Nilai adalah suatu kumpulan sikap dan juga perasaan yang bisa diwujudkan melalui perilaku sosial yang mempunyai nilai sosial tersebut.

Ciri-Ciri Nilai Sosial

Terdapat berbagai ciri-ciri nilai sosial dalam mempermudah dalam memahami, seperti apa itu nilai sosial. Ciri-ciri nilai sosial yaitu sebagai berikut :

  • Diterapkan melalui suatu proses interaksi antar manusia secara intensif dan bukan tidak dibawa sejak lahir.
  • Ditranformasikan melalui suatu proses belajar yang terdiri dari sosialisasi, enkulturasi, dan difusi. contohnya nilai menghargai persahabatan akan dipelajari anak dari pergaulan dengan teman-temannya di sekolah maupun di laur sekolah.
  • Berukuran atau peraturan sosial yang turut memenuhi suatu kebutuhan-kebutuhan nasional. Contohnya: pada nilai menghargai antrean yang menjadi ukuran ketertiban seseorang sekaligus menjadi aturan yang wajib diikuti.
  • Berbeda-beda pada tiap kelompok manusia. Contohnya : masyarkat eropa sangat menghargai waktu sehingga sulit memberikan toleransi pada keterlambatan. Sebaliknya, di Indonesia, keterlambatan dalam jangka waktu yang tertentu dan bisa ditoleransi.
  • Mempunyai suatu dampak yang berbeda-beda terhadap tindakan manusia. Contohnya : pada nilai yang mengutamakan uang di atas segalanya yang membuat orang berusaha mencari uang sebanyak-banyaknya. Tapi, nilai kebahagian juga dianggap lebih penting yang bisa membuat orang mengutamakan hubungan baik dengan sesama,
  • Bisa memengaruhi kepribadian individu sebagai anggota masyarakat. Contohnya :, nilai yang lebih mengutamakan suatu kepentingan pribadi yang melahirkan individu yang egois dan kurang peduli terhadap orang lain. Sementara itu, nilai yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi yang membuat seseorang mejadi lebih peka secara sosial.

Fungsi Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial memiliki beberapa macam fungsi antara lain yaitu sebagai berikut ;

  • Mampu menyumbangkan seperangkat alat untuk menetapkan harga sosial dalam suatu kelompok
  • Mampu mengarahkan masyarakat untuk berfikir dan bertingkah laku
  • Sebagai penentu dalam memenuhi suatu peran sosial manusia
  • Sebagai alat solidaritas yang terdapat di kalangan anggota kelompok masyarakat
  • Sebagai alat pengawasa atau bisa juga dikatakan pengontrol perilaku manusia

Macam-Macam Nilai Sosial

Secara umum, nilai sosial itu dapat dibagi menjadi dua, yakni :
1. Nilai Sosial Dominan
Nilai sosial dominan ialah nilai yang dianggap sangat penting dibandingkan oleh nilai sosial lainnya. Beberapa indikasi sebuah nilai sosial dikatakan nilai sosial dominan yaitu :

  • Nilai tersebut sudah ada dan cukup lama dianut
  • Adanya suatu kebanggaan dalam warga masyarakat jika melaksanakan nilai tersebut
  • Nilai tersebut dianut oleh hampir semua warga masyarakat
  • Adanya suatu komitmen yang kuat dalam kehidupan bermasyarakat untuk bisa melaksanakan nilai tersebut.

2. Nilai Sosial yang Mendarah Daging
Maksud dari nilai sosial yang mendarah daging yaitu nilai sosial yang sudah menjadi suatu kepribadian bagi masyarakat, dapat dikatakan sebagai suatu kebiasaan yang terus berlangsung dalam bermasyarakat.

Prof. Notonegoro berpendapat bahwa nilai sosial dalam masyarakat dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Nilai Material
Nilai materil yaitu suatu nilai yang muncul dari materi atau benda yang bersangkutan. Misalnya makanan yang mempunyai nilai bagi manusia sebgai memenuhi hasrat pemenuhan energi.

2. Nilai Vital
Nilai Vital yaitu suatu nilai yang ada kare kegunaannya. Contohnya , Pisau yang mempunyai nilai karena kegunaanya untuk memotong sesuatu,Bila suatu pisau sudah tumpul, maka nilainya akan merosot karena ia menjadi tidak berguna.

3. Nilai Spiritual

Nilai spiritual yaitu nilai yang ada di dalam kejiwaan manusia. Nilai spiritual dibagi lagi menjadi 4 nilai yaitu sebagai berikut :

  • Nilai Estetika, yaitu suatu nilai yang terkandung pada suatu benda berdasarkan keindahannya, penilaian terhadap nilai estetika ini yaitu indah/bagus atau jelek.
  • Nilai Moral, yaitu nilai yang berdasarkan kepada baik atau buruknya suatu perbuatan seseorang manusia yang berdasarkan pada nilai-nilai sosial yang sifatnya unversal. Nilai ini sifatnya umum meskipun setiap masyarakat mempunyai pedoman nilai yang berbeda. Namun dalam penerapannya dapat saja terjadi perbedaan karena ada pengaruh budaya di dalamnya.
  • Nilai Religius atau Nilai Kepercayaan, yaitu suatu nilai yang berdasarkan kepercayaan seseorang.
  • Nilai Logika (Kebenaran Ilmu Pengetahuan), yaitu suatu tentang benar atau salah. Nilai ini bersumber berdasarkan benar atau tidaknya sesuatu berdasarkan sumber bukti atau fakta-fakta ilmiah. Nilai ini bisapula menjadikan logika sebagai sumbernya.

Peran nilai Sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, nilai mempunyai peranan penting, yakni sebagai berikut :

  • Untuk petunjuk arah untuk bersikap atau bertindak dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Untuk acuan dan sumber miotivasi untuk berbuat sesuatu.
  • Sebagai Alat solidaritas untuk mendorong masyarakat berkerja sama supaya dapat mencapai tujuan yang tidak mampu dicapai sendiri.
  • Mengarahkan masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di dalam lingkungannya.
  • Pengawas, pendorong, dan penekan individu untuk berbuat baik.

Itulah ulasan tentang  Pengertian, Fungsi, Ciri, Dan Macam-Macam Nilai Sosial Beserta Contohnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkaitnya disini :

Most popular articles related to Pengertian, Fungsi, Ciri, Dan Macam-Macam Nilai Sosial Beserta Contohnya Lengkap
Shares