Pengertian Endemik Dan Contohnya Di Indonesia Beserta Jenisnya

Aris Kurniawan

Pengertian Endemik

Pengertian Endemik Dan Contohnya Di Indonesia Beserta Jenisnya– Endemik atau wabah merupakan istilah yang biasanya disebut dalam kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang banyak orang dan luas, ataupun untuk meyebut penyakit yang menyebar. Wabah dipelajari dalam epidemiologi.

Pad epidemiologi, epidemi merupakan suatu penyakit yang datang sebagai kasus baru pada populasi tertentu manusia, dalam periode tertentu, dengan laju yang yang sudah melampaui laju “ekspektasi”, yang didasarkan pada pegalaman yang mutakhir. Dengan arti lain, epidemi merupakan wabah yang terjadi secara tepat dibandingkan yang diduga. Jumlah kasus baru penyakit di dalam populasi dalam periode waktu tertentu disebu juga incidence rate ( laju timbulnya penyakit).

pengertian-epidemi-dan-contohnya

Contoh Epidemi

Sebagai contoh wabah yang cukup dikenal yakni wabah pes yang terjadi di Eropa pada zaman pertengahan yang dikenal dengan yhe Black Death (kematian hitam), pandemi influensa besar yang terjadi di akhir Perang Dunia I, serta epidemi AIDS dewasa ini, oleh beberapa pihak juga dianggap sebagai pendemi.

Jenis-jenis epidemi

Penentuan sebuah kejadian sebagai epidemi bisa bersifat subjektif, sebagian berketergantungan pada hal-hal apa yang ada dalam ‘ekspektasi. Yang didasarkan pada ‘ekspektasi atau yang dianggap normal, beberapa kasus datangnya penyakit yang sangat jarang seperti rabies bisa juga digolongkan dengan ‘epidemi’, sementara banyak kasus timbul penyakit yang umum (pilek) tidak di golongkan sebagai epidemi.

Epidemi digolongkan pada bermacam jenis berdasarkan pada asal mula dan pola penyebarannya. Epidemi bisa melibatkan paparan tunggal (sekali), paparan berkali-kali, ataupun paparan trus menerus terhadap penyebab penyakit. Penyakit yang terlibat bisa disebarkan oleh vektor biologis, dari orang ke orang, ataupun dari sumber yang sama seperti air yang tercemar.

Endemi

Suatu infeksi dapat dikatakan sebagai endemik pada populasi bila infeksi itu berlangsung di dalam populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar.

Suatu infeksi penyakit padat dikatakan sebagai endemik jika setiap orang yang terkena infeksi penyakit itu mengeluarkannya kepada tepat satu orang lain (dengan rata-rata). Bila infeksi itu tidak lenyap dan jumlah orang yang terkena infeksi tidak bertambah secara eksponesial, infeksi dikaakan berada dalam keadaan tunak endemik.

Suatu infeksi yang dimulai sebagai epidemi pada akhirnya akan lenyap atau mencapai keadan tunak endemik, tergantung pada sejumlah faktor, yang temasuk virulasi dan cara penularan penyakit bersangkutan.

Penyakit endemik sering diartikan sebagai penyakit yang di temukan di daerah tertentu. Contohnya, AIDS sering dikatakan ‘endemik’ di Afrika meskipun kasus AIDS di Afrika masih terus meningkat (sehingga tidak dalam kondisi tunak endemik). Lebih tepat untuk menyebut kasus AIDS di Afrika sebagai endemik.

Pandemi

Suatu pandemi atau epidemi global atau wabah global adalah terjangkitnya penyakit menular pada banyak orang dalam daerah geografi yang luas.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), suatu pandemi dapat dikatakan terjadi jika ketiga syarat ini telah terpenuhi:

  • timbulnya penyakit bersangkutan merupakan suatu hal baru pada populasi bersangkutan,
  • agen penyebab penyakit menginfeksi manusia dan menyebabkan sakit serius,
  • agen penyebab penyakit menyebar dengan mudah dan berkelanjutan pada manusia.

Penyakit atau keadaan yang tidak bisa dikatakan sebagai pandemi hanya barena menewaskan banyak orang. Sebagai contoh, kelas penyakit yang biasa dikenal sebagai kanker menimbulkan angka kematian yang cukup tinggi tetapi tidak di golongkan sebagai pandemi sebab tidak ditularkan.

Kekhawatiran akan terjadinya wabah global baru

Penyakit-penyakit yang bisa saja menjangkit secara pendemik yakni demam Lassa, virus Marburg, demam Rift Valley, Bolivian hemorrhagic fever, dan virus Ebola. Tetapi sampai tahun 2004, kemunculan penyakit-penyakit itu pada populasi manusia sanatlah virulen sampai-sampai tidak ada lagi dan hanya terjadi di daerah geografis terbatas. Dengan demikian, sekarang penyakit-penyakit itu berdampak terbatas pada manusia.

HIV-virus penyebab AIDS-bisa dianggap sebgai pendemi, tetapi sekarang paling meluas di Afrika pada bagian selatan dan jaga bagian timur. Virus itu ditemukan terbatas pada sebagian kecil populasi pada negara-negara lain, dan juga menyebar dengan lambat di negara-negara itu. Pandemi ayng di khawatirkan bisa benar-benar berbahaya adalah pandemi yang hampir sama dengan HIV, ykani penyakit yang terus-menerus berevolusi. Di tahun 2003, ada kekhawatiran bahwa SARS, suatu bentuk baru pneumonia yang sangat menular,bisa menjadi pandemi.

Baca juga artikel lainnya>>

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Endemik Dan Contohnya Di Indonesia Beserta Jenisnya Semoga Bermanfat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com 😀

Most popular articles related to Pengertian Endemik Dan Contohnya Di Indonesia Beserta Jenisnya
Shares