Definisi Ekonomi Institusional
Definisi Ekonomi Institusional

Pengertian Ekonomi Institusional Beserta Istilah Dan Sejarah Singkatnya

Posted on

Pengertian Ekonomi Institusional

Ekonomi institusional merupakan sebuah pemikiran dalam ilmu ekonomi yang bermakna pandangan bahawa sebuah prilaku ekonomi (economic behavior) suatu pihak atau seseorang yang sangat dipengaruhi tehadap institusi tertentu. Institusi dalam hal ini mempunyai arti yang luas serta secara singkat bisa diartikan sebagai “aturan main” dalam sebuah kelompok masyarakat yang ada didalam sebuah kelompok itu sendiri.

Institusi formal dapat juga berupa suatu regulasi, peraturan, hukum perdagangan dll; sementara itu, institusi bisa berupa konvensi, budaya, tren, dsb. Dengan demikian institusi di sini tidak memiliki kesamaan dengan organisasi. Mazhab Institusional awalnya ada sebagai sanggahan terhadap sebuah pandangan atau mazhab ekonomi neo-klassik yang menyatakan bahwa suatu perilaku ekonomi seseorang hanya merupakan suatu yang disarankan pada sebuah keinginan setiap orang untuk lebih memaksimalkan keuntungan.

Istilah ekonomi institusional

Istilah “ekonomi institusional” atau (institutional economic) yang pertama kali memperkenalkan ialah Walton Hamilton pada tahun 1919. Tetapi para tokoh awal yang secara konvensional dianggap sebagai pendiri mazhab institusional dalam sebuah ekonomi ialah Wesley Mitchell, Thorstein Veblen, dan John R. Commons (Rutherford, 2001).

Definisi Ekonomi Institusional
Definisi Ekonomi Institusional

Pandangan tokoh-tokoh awal mazhab institusional itu menekankan beberapa isu diantaranya ialah: perubahan teknologi (technological change), aspek psikologi serta aspek hukum merupakan aspek yang harus diikutsertakan dalam analisis ekonomi. Pada awalnya pandangan ini cukup berkembang sebab dianggap lebih merepresentasikan dunia nyata (sebab mempunyai bukti empiris).

Sejarah singkat mazhab

Tetapi dalam perjalanannya, perkembangan mazhab mengalami kendala bahkan cendrung ditinggalkan sebab tidak adanya pembahasan lebih lanjut dari pendukung mazhab dan pada akhirnya bisa membetuk serta memberikan landasan teori yang sangat kuat. Di sisi lain, perkembangan mazhab neo-klassik yang secara luas mulai mengembangakan alat ekonometrik dalam analisisnya serta perkembangan mazhab ekonomi kesejahteraan (Welfare Economics) yang diusung oleh J.M. Keynes, yang membuat mazhab institusional menjadi lebih tertinggal sebab dengan alat-alat analisis itu mazhab neo-klassik menjadi dinaggap lebih mampu untuk mendapatkan penjelasan secara empirik.

Walau demikiam, dari tahun 1970-an, mazhab ekonomi institusional mengalami kebangkitan lagi, Tetapi mazhab ekonomi institusional yang bangkit belakangan itu tidak semuanya sama dengan mazhab ekonomi institusional yang dibawa oleh Vablen dkk. Hal tersebut mengakibatkan mazhab institusional yang datang belakangan sering dinamakan mazhab institusional baru (New Institutional Economic) sementara dari pandangan Veblen dkk selanjutnya serting disebut sebagai mazhab institusional lama (old institusional economic).

Mazhab ekonomi institusional baru secara umum membahas prilaku ekonomi dengan memakai alat analisis yang telah dikembangkan dengan dukungan dari empat teori yang bisa dipakai sebagai alat analisis. Teori itu tediri dari:

loading...
  1. Teori biaya transaksi (transaction cost theory)
  2. Teory hak kepemilikan (property rights theory)
  3. Teori pilihan public (public choice theory)
  4. Teori permainan (game theory).

Ketidaksamaan yang begitu mendasar lainnya antara mazhab institusional lama dan baru ialah azhab institusional baru memakai dua dasar asumsi yaitu bahwa manusia berprilaku rasional (rational individual behavior) serta adanya fungsi preferensi individu yang jelas (individual preferences function); yang merupakan asumsi dasar yang sangat penting bagi mazhab neo-klassik.

Oleh sebab itu, mazhab institusional baru lebih sering tidak diposisikan sebagai senggahan terhadap mazhab ekonomi neo-klassik, tetapi sebagai bentuk pengembangan dari mazhab neo-klassik. Para tokoh yang mengembangkan mazhab institusional baru tersebut diantaranya ialah Ronald Coase, Oliver Williamson, Doughlas North, dan Harold Demsetz.

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Ekonomi Institusional Beserta Istilah Dan Sejarah Singkatnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca GuruPendidikan.Com šŸ˜€