Pengertian Ekologi Menurut Ahli Biologi

parta setiawan

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Ahli Biologi – Ekologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

Ekologi

Ekologi

Pada tahun 1869, seorang ahli biologi ialah  Ernest Haeckel juga menerangkan bahwa ekologi berasal dari bahasa Yunani, ialah  “oikos” serta  “logos”. Oikos ialah  Habitat dan logos ialah  ilmu. Sehingga  dapat diartikan berdasarkan kata penggabungnya, ekologi ialah  ilmu tentang kehidupan makhluk hidup dengan rumahnya.

menurut Ernest Haeckel, ekologi ialah  ilmu yang mempelajari seluk-beluk hubungan antara komponen organik serta  anorganik di sekitar lingkungannyanya.

Ekologi ialah cabang ilmu yang masih relatif baru, yang muncul pada tahun 70-an. namun , ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologi. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya. Ekologi, biologi serta ilmu kehidupan lainnya saling melengkapi dengan zoologi maupun botani yang menggambarkan hal bahwa ekologi mencoba memperkirakan, serta ekonomi energi yang menggambarkan kebanyakan rantai makanan manusia atau tingkat tropik.

Para ahli ekologi mempelajari hal berikut:

1.Perpindahan energi serta materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain dalam lingkungannya serta faktor-faktor yang menyebabkannya.
2.Perubahan populasi maupun spesies pada waktu yang berbeda didalam faktor-faktor yang menyebabkannya.
3.Terjadi hubungan antar spesies (interaksi antar spesies) makhluk hidup serta hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Kini para ekolog(orang yang mempelajari ekologi)berfokus kepada Ekowilayah bumi dan riset perubahan iklim.

Berbeda dengan ilmu lainnya, ekologi juga menitik beratkan permasalahan maupun pembahasan mengenai hubungan yang terjadi serta yang ada di sekitar kita. ialah sebagai berikut

Populasi ialah kelompok individu yang mempunyai persamaan genetic serta hidup bersama dalam satu tempat.
Komunitas ialah kumpulan populasi yang berada didalam suatu tempat yang sama.
Ekosistem ialah hubungan timbal balik yang terjadi pada semua unsur, yaitu unsur hayati atau makhluk hidup serta  juga unsur non hayati.

Unsur hayati a biasa disebut dengan biotik, sedangkan unsur non hayati disebut dengan abiotik.

Biotik meliputi seluruh makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan serta juga tumbuhan.
Sedangkan, abiotik ialah komponen tak bernyawa yang terdapat di dalam suatu lingkungan, seperti air, suhu, tanah, udara, angin, cahaya matahari maupun bebatuan.

Hubungan antara kedua jenis unsur tersebut akan dapat menciptakan interaksi, keharmonisan serta juga saling ketergantungan satu sama lain. Hal itulah yang dipelajari melalui ilmu ekologi.
Selain ketiga ruang lingkup tersebut, terdapat juga ekosistem global yang dikenal dengan biosfer.

Biosfer ini ialah lingkup yang sangat kompleks pada ilmu ekologi. Dengan mempelajari keseluruhan ilmu ekologi, maka setiap orang akan dapat mengerti betapa pentingnya hubungan yang terjalin antara sesama makhluk hidup dengan lingkungannya.

Bahkan para ahli menyebutkan bahwa ekologi  ialah ilmu yang membahas tentang transaksi serta  perputaran materi energy di alam yang dilakukan atas hubungan pada makhluk hidup dengan seluruh komponen lingkungan tersebut.

Hubungan Dalam Ekologi

Hubungan Ekologi Dengan Ekonomi

Banyak ekolog (para ahli ekologi) yang menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:

Lynn Margulis menyatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia dapat membuat kehidupan. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya dapat membuat kehidupan.
Mike Nickerson juga menyatakan bahwa “ekonomi tiga perlima dari ekologi” sejak ekosistem menciptakan sumber serta  membuang sampah, yang mana ekonomi menganggap dilakukan “untuk bebas”.

Ekonomi ekologi serta teori perkembangan manusia mencoba utnuk  memisahkan pertanyaan ekonomi dengan lainnya, namun sulit. Banyak orang berpikir ekonomi baru saja menjadi bagian dari ekologi.

Ekologi dalam politik

Ekologi juga menimbulkan banyak filsafat yang amat kuat dalam pergerakan politik – termasuk gerakan konservasi, kesehatan, lingkungan. Saat semuanya digabungkan dengan gerakan perdamaian serta dalam Enam Asas, Ekologi ini disebut gerakan hijau. Umumnya, mengambil kesehatan ekosistem yang pertama pada setiap daftar moral manusia serta prioritas politik, seperti jalan buat mencapai kesehatan manusia serta keharmonisan sosial, dan juga ekonomi yang lebih baik.

Orang yang memiliki kepercayaan-kepercayaan bahwa hal tersebut disebut ekolog politik.

Ekologi dalam antropologi

Terkadang ekologi juga dibandingkan dengan antropologi, karna keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal. Antropologi ialah ilmu tentang bagaimana tubuh serta pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Ekologi Menurut Ahli Biologi Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂

Most popular articles related to Pengertian Ekologi Menurut Ahli Biologi
Shares