Data Statistik
Data Statistik

Pengertian Data Statistik Lengkap

Posted on

Pengertian Data.

Pengertian Data Statistik Lengkap –  Data adalah bentuk jamak dari datum. Data itu sendiri merupakan keterangan-keterangan tentang suatu hal, dapat berupa sesuatu yang diketahui ataupun dianggap. Jadi dapat diartikan bahwa data itu adalah sebagai sesuatu yang diketahui atau yang dianggap (anggapan).

Data Statistik
Data Statistik

Pengumpulan Data.

Pengumpulan data dapat dibedakan atas beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya, yaitu :

  1. Pengamatan (Observasi).
    Pengamatan atau peneliti lapangan ini adalah cara pengumpulan data dengan terjun langsung atau melihat langsung ke lapangan(laboratorium) terhadap objek yang diteliti(populasi).
  2. Penelusuran Litelatur.
    penelusuran litelatur atau Pengamatan tidak langsung iyalah cara pengumpulan data dengan menggunakan sebagaian ataupun semua data yang ada(laporan data) dari peneliti sebelumnya.
  3. Penggunaan Kuesioner(angket).
    penggunaan Kuesioner iyalah cara pengumpulan data dengan menggunakan daftar pertanyaan(angket) ataupun daftar isian terhadap objek yang diteliti(Populasi).
  4. Wawancara(interview).
    wawancara iyalah cara pengumpulan data dengan langsung mengadakan banyak pertanyaan kepada objek yang diteliti atau pada perantara yang mengetahui dari objek yang diteliti.

Berdasarkan Banyaknya Data Yang Diambil.

Dikenal dua cara pengumpulan data yaitu :

  1. Sensus.
    Sensus iyalah cara pengumpulan data dengan mengambil anggota populasi secara keseluruh untuk diselidiki, Data yang diambil melalui pengumbulan data sensus ini adalah data sebenarnya(true value) atau parameter.
  2. Sampling.
    Sampling iyalah cara pengumpulan data dengan mengambil sebagian saja dari anggota populasi untuk diselidiki. data yang diperoleh dari pengumpulan data sampling ini disebut dengan “statistic” tanpa(s) atau “perkiraan (estimate value)”

Pengoalahan Data

www.gurupendidikan.com/ Data yang telah dikumpulkan(data mentah) yang kemudian akan diolah, penguolah dimaksud iyalah sebagai suatu proses untuk memperoleh data ringkasan  dari data mentah tersebut dengan menggunakan rumus tertentu.

Penyajian Data.

Agar data yang diolah dapat dibaca serta dimengerti oleh orang lain , maka perlu disajikan kedalam bentuk bentuk tertentu.
Penyajian data memiliki fungsi antara lain :

  • Menunjukan perkembangan suatu keadaan.
  • Mengadakan perbandingan pada suatu waktu. Penyajuan data dapat dilakukan melalui tabel ataupun Grafik.

1. Tabel Data.

loading...

Tabel Data iyalah penyajuan data dalam bentuk kumpulan angka yang disusun menurut kategori-kategori tertentu, dalam suatu daftar.

berdasarkan pengaturan data , tabel dapat dibedakan atas beberapa jenis yaitu:

  1. Tabel Frekuensi.
    Tabel Frekuensi iyalah tabel yang menunjukan atau memuat banyaknya kejadian ataupun Frekuensi dari suatu kejadian.
  2. Tabel Klasifikasi.
    Tabel Klasifikasi iyalah tabel yang menunjukan atau memuat pengelompokan data.
  3. Tabel Kontigen.
    Tabel kontigen iyalah tanel yang menunjukan atau memuat data dengan sesuai serta rinciannya.
  4. Tabel Kolerasi.
    Tabel Kolerasi iyalah tabel yang menunjukan atau memuat adanya korelasi (hubungan) antara data yang disajikan.

2. Grafik Data.

Grafik data atau disebut juga dengan diagram , iyalah penyajian data dalam bentuk gambar-gambar. Grafik biasanya berasal dari tabel. Grafik data sebenarnya iyalah penyajian data secara visual dari data bersangkutan.

Grafik data dibedakan atas beberapa jenis yaitu :

  1. Piktogram .
    Iyalah grafik data yang menggunakan gambar ataupun lambang dari data itu sendiri dengan skala tertentu.
  2. Grafik Batang atau Balok.
    iyalah grafik data berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran dengan data yang bersangkutan.
  3. Grafik Garis.
    Iyalah grafik data berupa garis, yang diperoleh dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang bilangan(sistem Salib Sumbu).
  4. Grafik Lingkaran.
    iyalah data yang berupa lingkaran yang telah dibagi menjadi juring-juring sesuai dengan data tersebut.
  5. Kartogram.
    atau peta statistik iyalah grafik data yang berupa peta yang menunjukan kepadatan penduduk, curah hujan , hasil pertanian dan lain-lain.

 Demikian Penjelasan tentang Pengertian Data Statistik Lengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂