Pengertian Dan Unsur-Unsur Cuaca Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Dan Unsur-Unsur Cuaca Secara Lengkap – Apa sih yang dimaksud dengan cuaca, lalu apa saja unsur-unsur dari cuaca ?? Untuk mengetahui nya disini akan mengulas tentang pengertian cuaca, dan unsur-unsur cuaca secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

cuaca

Pengertian Cuaca

Cuaca merupakan suatu keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit (tidak luas) dan pada jangka waktu yang singkat. Atau definisi cuaca adalah suatu keadaan udara harian pada suatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit, keadaan cuaca ini bisa berubah setiap harinya.

Atau pengertian cuaca yang lainnya yakni suatu keadaan rata-rata udara sehari-hari disuatu tempat tertentu dan meliputi wilayah yang sempit dalam jangka waktu yang singkat. Keadaan dari cuaca sendiri mudah berubah – ubah, karena disebabkan oleh suatu tekanan udara, suhu, angin, kelembaban udara, dan juga curah hujan.

Misalnya : Ketika pada pukul 07.00 WIB, keadaan cuaca di kota Bandar Lampung cerah suhu udaranya berkisar antara 23.C sampai dengan 27.C, dan angin yang berhembus dari arah barat laut berkisar dengan kecepatan 25 km/jam, Akan tetapi ketika pada pukul 14.00 WIB keadaan cuacanya berubah menjadi berwarna tebal dengan suhu udara berkisaran dengan 30.C, dan angin bertiup dari arah barat dengan kecepatan 20 km/jam.

Unsur-Unsur Cuaca

Untuk memahami gejala cuaca dan iklim diperlukan pemahaman mengenai unsur-unsurnya. Berikut ini unsur-unsur cuaca dan iklim, diantaranya sebagai berikut :

1. Suhu/temperatur

Suhu udara/temperatur udara di suatu tempat akan berbeda dengan tempat lainnya, karena disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Lamanya penyinaran matahari ke bumi, ialah intensitas penyinaran matahari di belahan bumi sangat bervariasi tergantung oleh letak lintang.
  • Pada ketinggian suatu tempat, semakin datar suatu tempat atau wilayah maka panas yang diterima akan semakin besar.
  • Pada keadaan awan, Bila di atmosfer banyak terdapat awan maka panas yang diterima bumi akan lebih kecil karena terserap oleh awan.
  • Karena keadaan tumbuhan di permukaan bumi.
  • Karena sudut penyinaran matahari, ialah suatu sudut yang dibentuk oleh sinar matahari pada bidang permukaan di bumi.

Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur suhu udara yaitu thermometer.

2. Tekanan undara

Tekanan udara adalah suatu gaya yang timbul karena adanya berat dari lapisan udara, besarnya suatu tekanan udara di suatu tempat bisa berubah-rubah. Atau kerapatan massa udara dalam satuan wilayah tertentu. Sedangkan pada alat untuk mengukur tekanan udara yakni Barometer.

3. Kelembaban udara

Kelembaban udara ialah banyak sedikitnya uap air yang terkandung dalam udara pada saat waktu tertentu. Sedangkan alat yang dipakai untuk mengukur kelembaban udara disebut dengan Higrometer

4. Angin

Angin yaitu udara yang bergerak dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah tekanan minimun (rendah). Sedangkan untuk mengukur suatu kecepatan & arah angin digunakan Anemometer dengan memakai skala Beaufort.

5. Hujan/Curah hujan

Hujan/curah hujan adalah suatu intensitas atau jumlah air hujan yang turun pada suatu wilayah dalam waktu tertentu.

Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Unsur-Unsur Cuaca Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :