Kebudayaan
Kebudayaan

Pengertian Dan Sifat Kebudayaan Terlengkap

Posted on

Pengertian Kebudayaan

Pengertian Dan Sifat Kebudayaan Terlengkap – Pengertian Kebudayaan pada dasarnya ialah suatu hasil cipta, rasa dan juga karsa manusia didalam memenuhi suatu kebutuhan hidupnya yang lebih kompleks yang mencakup kepada pengetahuan, keyakinan, seni, susila, dan juga hukum adat dan lain-lain.

Kebudayaan
Kebudayaan

Menurut definisi Koentjaraningrat yang menggemukakan bahwa pengertian kebudayaan ialah keseluruhan manusia dari kelakuan dan juga hasil yang harus didapatkannya dengan cara belajar dan juga semua itu tersusun didalam kehidupan masyarakat. Searahdengan Koentjaraningrat, didefinisikan juga oleh Selo Soemardjan serta Soelaeman Soenardi, pada bukunya yang berjudul “Setangkai Bunga Sosiologi” , merumuskan kebudayaan ialah sebagai semua hasil karya, cipta, dan juga rasa masyarakat. Karya masyarakat tersebut menghasilkan teknologi dan juga kebudayaan kebendaan ataupun kebudayaan jasmaniah (material culture) yang juga diperlukan oleh manusia untuk dapat menguasai alam sekitarnya agar kekuatan dan juga

hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat yang lebih luas.

dalam bahasa inggris kebudayaan disebut dengan culture. kebudayaan tersebut ialah suatu istilah yang relatif baru dikarenakan istilah culture sendiri didalam bahasa inggris baru muncul pada pertengahan abad ke-19. Sebelumnya di tahun 1843 para ahli antropologi tersebut memberi arti kebudayaan ialah sebagai cara mengolah tanah, usaha bercocok tanam, sebagaimana yang tercermin didalam istilah agriculture dan juga holticulture.

Hal tersebut bisa kita mengerti dikarenakan istilah culture tersebut berasal dari bahasa Latin colere yang berarti ialah pemeliharaan, pengolahan tanah pertanian. Dalam arti kiasan kata tersebut juga berarti “pembentukan dan juga pemurnian jiwa”. Seorang antropolog E.B. Tylor pada tahun 1871, dalam bukunya “Primitive Culture” mendefinisikan pengertian kebudayaan ialah hal
kompleks yang mencakup kepada pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum dan lain-lain.

Pengertian Kebudayaan dan Penjelasannya

Unsur-unsur kebudayaan tersebut digolongkan atas unsur besar dan juga atas unsur kecil yang lazimnya disebut istilah culture universal dikarenakan di setiap penjuru dunia manapun juga kebudayaan itu dapat ditemukan, seperti halnya pakaian, tempat tinggal, dan lain lain .

A. Bronislaw Malinowski
Bronislaw Malinowski menggemukankn bahwa terdapat 4(empat) unsur pokok kebudayaan antara lain ialah sebagai berikut :

  1. Sistem norma yang memungkinkan adanya suatu kerja sama antaranggota masyarakat agar dapat menyesuaikan dengan alam sekelilingnya.
  2. Organisasi ekonomi.
  3. Sebagai Alat dan juga lembaga untuk pendidikan (keluarga ialah lembaga pendidikan paling utama).
  4. Organisasi kekuatan (politik)

B. C. Kliucckhohn
Kliucckhohn menyebutkan terdapat 7(tujuh) unsur dalam kebudayaan, yakni ialah

  1. sistem sebagai mata pencaharian hidup
  2. sistem sebagai peralatan dan juga teknologi
  3. sistem sebagai organisasi kemasyarakatan
  4. sistem sebagai pengetahuan
  5. bahasa(leanguage)
  6. kesenian
  7. sistem religi(upacara keagamaan).

C. Herskovits
Herskovits ini memandang bahwa kebudayaan ialah sebagai sesuatu yang turun temurun yang dari 1(satu) generasi ke generasi berikutnya yang kemudian disebut juga dengan superorganik.

D. Andreas Eppink
Kebudayaan tersebut mengandung suatu bentuk dari keseluruhan pengertian dalam nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan dan juga pada keseluruhan suatu struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain.
intelektual dan juga artistik ialah yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

E. Edward Burnett Tylor
Kebudayaan ialah seluruh dari suatu yang kompleks yang didalamnya tersebut terkandung suatu pengetahuan, kepercayaan, kesenian, adat istiadat, dan juga terkandungnya kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang yang menjadi anggota masyarakat.

Baca juga Pengertian Peradaban dan Ciri-Ciri Peradaban Menurut Para Ahli

Sifat-sifat hakikat kebudayaan

Sifat hakikat kebudayaan ialah ciri-ciri khusus dari sebuah kebudayaan yang masing-masing masyarakat yang berbeda.
Sifat-sifat hakikat kebudayaan tersebut antara lain ialah sebagai berikut…

  • Kebudayaan terwujud dan juga dapat tersalurkan dengan perilaku manusia.
  • Kebudayaan telah ada terlebih dahulu yang mendahului lahirnya suatu generasi tertentu dan juga tidak akan dapat mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan tersebut.
  • Kebudayaan tersebut diperlukan oleh manusia dan juga dapat diwujudkan tingkah lakunya.
  • Kebudayaan ini mencakup suatu aturan-aturan yang berisikan tentang kewajiban-kewajiban, tindakan-tindakan yang diterima dan juga yang ditolak,

Semua kebudayaan tersebut senantiasa bergerak dikarenakan “dinamis” karena pada dasarnya gerak kebudayaan ialah gerak pada manusia itu sendiri. Gerak ataupun dinamika manusia sesama antar manusia, atau juga dari satu daerah kebudayaan dengan daerah lain. Dinamika yang membawa kebudayaan dari suatu masyarakat ke masyarakat yang lain itulah menyebabkan terjadinya akulturasi.
Pada dasarnya unsur-unsur kebudayaan asing yang dapat mudah diterima antara lain ialah sebagai berikut :

  • Pada unsur Kebudayaan kebendaan, ialah seperti alat-peralatan yang terutama dan mudah dipakai dan juga dapat dirasakan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.
  • menulis yang banyak tersebut dipergunakan oleh orang Indonesia yang diambil dari suatu unsur-unsur kebudayaan barat.
  • Unsur yang terbukti membawa suatu manfaat besar seperti radio transistor dll
  • Unsur yang dengan mudah juga disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima suatu
  • unsur, seperti mesin penggiling padi dengan yang biaya murah dan juga pengetahuan teknis yang sederhana, yang digunakan untuk dapat melengkapi pabrik-pabrik penggilingan.

Unsur-unsur kebudayaan yang sulit diterima oleh suatu masyarakat antara lain sebagai berikut :

  • Unsur yang menyangkut suatu sistem kepercayaan, seperti ideologi, dll

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Dan Sifat Kebudayaan Terlengkap Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Gurupendidikan.com 🙂