Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contoh Soalnya Lengkap

bitar

Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contoh Soalnya Lengkap – Pada saat kamu menimbang sesuatu benda, apa yang kamu ukur, berat bendanya bukan, nah pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang pengertian gaya berat, rumus gaya berat, beserta contoh soal gaya berat. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

gaya-berat

Pengertian Gaya Berat

Dalam ilmu fisika, berat dari suatu benda ialah gaya yang disebabkan oleh gravitasi berkaitan dengan massa benda tersebut. Massa benda ialah tetap di mana-mana, tapi berat sebuah benda akan berubah-ubah sesuai dengan besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.
Massa suatu benda adalah banyaknya partikel yang terdapat dalam suatu benda. Massa benda sifatnya tetap, yang artinya tidak dipengaruhi oleh gravitasi.

Sedangkan pada berat benda menyatakan besarnya gaya gravitasi yang bekerja pada benda tersebut. Karena berat adalah sebuah gaya maka berat benda bisa diukur dengan menggunakan neraca pegas.

Massa benda besarnya sama di mana pun pengukuran massa dilakukan, sedangkan pada berat benda berubah tergantung letaknya. Hal ini disebabkan adanya besar percepatan gravitasi di setiap tempat tidak sama, tergantung jaraknya dari pusat bumi.

Berat benda di daerah kutub akan lebih besar daripada berat benda di khatulistiwa. Hal ini disebabkan jarak kutub lebih dekat ke pusat bumi jika dibandingkan dengan khatulistiwa.

Rumus Gaya Berat

Oleh karena itu, berat suatu benda berubah tergantung letaknya dari pusat bumi. Setiap benda yang ada di bumi mempunyai berat. Berat benda secara matematis bisa dirumuskan sebagai berikut.
w = m.g
Keterangan:
w : berat benda (N)
m : massa benda (kg)
g : gravitasi bumi (m/s2)

Guna untuk lebih memahami penghitungan matematis dari berat, simaklah contoh soal berikut !!!

Contoh Soal Gaya Berat

Sebuah besi bermassa 3 kg tergeletak dipinggir jalan. Berapakah berat besi jika percepatan gravitasi di tempat itu 9,8 m/s2 ???

Penyelesaian:

Diketahui:
m = 3 kg
g = 9,8 m/s2

Ditanyakan: w = . . .?

Jawab:
w = m • g
w = 3 • 9,8
w = 29,4 N
Jadi, berat besi tersebut yaitu 29,4 N.

Itulah ulasan tentang Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contoh Soalnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

 

Most popular articles related to Pengertian, Dan Rumus Gaya Berat Beserta Contoh Soalnya Lengkap
Shares